Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:48 WIB | Kamis, 24 Maret 2022

Ukraina Terus Serukan Dunia untuk Dukungan Hadapi Invasi Rusia

Pimpinan negara anggota NATO bertemu di Brussels, bahas tekanan baru terhadap Rusia.
Dalam gambar dari video yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara dari Kiev, Ukraina, Kamis pagi, 24 Maret 2022. (Foto: Kantor Pers Kepresidenan Ukraina via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymr Zelenskyy, meminta orang-orang di seluruh dunia untuk berkumpul di depan umum pada Kamis (24/3) untuk menunjukkan dukungan bagi negaranya yang diperangi ketika Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan para pemimpin dunia lainnya bertemu untuk pembicaraan yang berfokus pada menekan Rusia untuk mengakhiri invasi yang memasuki bulan kedua.

“Datanglah ke alun-alun Anda, jalan-jalan Anda. Buat diri Anda terlihat dan didengar,” kata Zelenskyy dalam bahasa Inggris selama pidato video emosional hari Rabu (23/3) malam yang direkam dalam gelap di dekat kantor kepresidenan di Kiev. “Katakan bahwa orang itu penting. Kebebasan itu penting. Perdamaian itu penting. Ukraina penting.”

Brussels adalah pusat kegiatan diplomatik pada hari Kamis. Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, membuka pertemuan darurat yang mempertemukan Biden dan para pemimpin lainnya dengan mengatakan bahwa aliansi tersebut bertekad untuk terus menaikkan beban biaya pada Rusia atas agresinya.

Rusia melancarkan invasinya pada 24 Februari dalam serangan terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II, tetapi alih-alih dengan cepat menggulingkan pemerintah Ukraina, pasukannya terjebak dalam kampanye militer yang keras dan ekonominya bekerja di bawah sanksi internasional yang menghukum.

"Sekarang sudah sebulan," kata Zelenskyy pada hari Kamis (24/3) dalam pidato di parlemen Swedia, yang terbaru dari banyak orang yang telah dimintai bantuan oleh pemimpin Ukraina itu. “Kami belum pernah melihat kehancuran skala ini sejak Perang Dunia II.”

Setelah satu bulan pertempuran, analis Barat mengatakan pasukan Ukraina perlu menimbun kembali senjata yang telah membantu mereka memperlambat dan mengusir kemajuan Rusia. Kedua belah pihak mengklaim telah menimbulkan lebih banyak pukulan.

Angkatan Laut Ukraina mengatakan telah menenggelamkan sebuah kapal yang telah digunakan untuk memasok serangan Rusia dengan kendaraan lapis baja. Rusia mengklaim telah merebut sebuah kota, Izyum, di timur Ukraina setelah pertempuran sengit.

Namun di banyak daerah, pasukan Ukraina tampaknya telah memerangi pasukan Rusia hingga menemui jalan buntu, sebuah hasil yang tampaknya tidak mungkin terjadi ketika Presiden Rusia, Vladimir Putin, melepaskan pasukan invasinya.

Bertekad untuk membuat Putin membayar, dan di bawah tekanan kuat dari Zelenskyy untuk berbuat lebih banyak, negara-negara Barat mengatakan lebih banyak bantuan sedang dalam perjalanan untuk Ukraina.

Negara-negara Uni Eropa menandatangani 500 juta euro lagi (US$ 550 juta) bantuan militer. Dan Biden diperkirakan akan membahas sanksi baru terhadap Rusia, bersama dengan lebih banyak bantuan militer untuk Ukraina, dengan anggota NATO. Dia juga akan berbicara dengan para pemimpin negara-negara industri G7 dan Dewan Eropa dalam serangkaian pertemuan pada hari Kamis.

Mengirim sinyal bahwa sanksi tidak membuatnya bertekuk lutut, Rusia membuka kembali pasar sahamnya Kamis, tetapi hanya mengizinkan perdagangan terbatas. Pembatasan pada pengurangan jumlah saham termasuk raksasa energi Gazprom dan Rosneft dimaksudkan untuk mencegah terulangnya aksi jual besar-besaran yang terjadi pada 24 Februari. Orang asing dilarang menjual dan pedagang dilarang melakukan short selling, atau harga taruhan akan jatuh. Indeks MOEX benchmark naik 8% di menit pertama perdagangan.

Di Ukraina, pasukan Rusia membombardir target dari jauh, mundur dari taktik yang mereka gunakan dalam mengurangi kota-kota menjadi puing-puing di Suriah dan Chechnya.

“Lihat saja apa yang telah dilakukan tentara Rusia terhadap negara kita,” kata Zelenskyy dalam pidatonya kepada anggota parlemen Swedia. “Sebulan pengeboman mirip dengan apa yang telah kita lihat di Suriah.”

Masih belum jelas berapa banyak pasukan Rusia yang hilang dalam mengejar tujuan Putin. Rusia belum memberikan pembaruan sejak 2 Maret, ketika mengakui hampir 500 tentara tewas dan hampir 1.600 terluka. NATO memperkirakan, bagaimanapun, bahwa antara 7.000 dan 15.000 tentara Rusia telah tewas, angka terakhir tentang kerugian Rusia dalam satu dekade pertempuran di Afghanistan.

Ukraina juga mengklaim telah membunuh enam jenderal Rusia. Rusia mengakui hanya satu.

Ukraina telah merilis sedikit informasi tentang kerugian militernya sendiri, dan Barat belum memberikan perkiraan. Zelenskyy mengatakan hampir dua pekan lalu bahwa sekitar 1.300 tentara Ukraina telah tewas.

Setelah gagal mengalahkan pemerintah Ukraina dengan serangan secepat kilat di bulan pertama, ketakutan ke depan adalah bahwa Kremlin mungkin menggunakan senjata lain yang lebih merusak di gudang senjatanya.

Dalam tanda yang tidak menyenangkan bahwa Moskow mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan senjata nuklir, pejabat senior Rusia, Dmitry Rogozin, mengatakan kekuatan nuklir negara itu akan membantu menghalangi Barat untuk campur tangan di Ukraina.

“Federasi Rusia mampu secara fisik menghancurkan agresor atau kelompok agresor apa pun dalam hitungan menit dari jarak berapa pun,” kata Rogozin, yang mengepalai perusahaan kedirgantaraan negara, Roscosmos, dan mengawasi fasilitas pembuatan rudal.

Dia mencatat dalam sambutannya di televisi bahwa cadangan nuklir Moskow termasuk senjata nuklir taktis, yang dirancang untuk digunakan di medan perang, bersama dengan rudal balistik antar benua berhulu nuklir yang jauh lebih kuat.

Para pejabat AS telah lama memperingatkan bahwa doktrin militer Rusia membayangkan opsi menggunakan senjata nuklir medan perang untuk memaksa musuh mundur dalam situasi ketika pasukan Rusia menghadapi kekalahan yang akan segera terjadi. Moskow telah membantah memiliki rencana seperti itu.

Rogozin, yang dikenal dengan gertakannya, tidak menjelaskan tindakan apa yang dianggap campur tangan oleh Barat, tetapi komentarnya hampir pasti mencerminkan pemikiran di dalam Kremlin. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home