Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 16:01 WIB | Minggu, 27 Maret 2022

Ukraina Tuduh Rusia Pindahkan Warga Secara Paksa ke Wilayah Rusia

Ukraina Tuduh Rusia Pindahkan Warga Secara Paksa ke Wilayah Rusia
Seorang pria berjalan di atas puing-puing sebuah rumah yang terbakar, hancur setelah serangan Rusia di Kharkiv, Ukraina, Kamis, 24 Maret 2022. (Foto: AP/Felipe Dana)
Ukraina Tuduh Rusia Pindahkan Warga Secara Paksa ke Wilayah Rusia
Barikade anti tank ditempatkan di jalan sebagai persiapan untuk kemungkinan serangan Rusia, di Odesa, Ukraina, Kamis 24 Maret 2022. (Foto: AP/Petros Giannacouris)
Ukraina Tuduh Rusia Pindahkan Warga Secara Paksa ke Wilayah Rusia
Pengungsi yang melarikan diri dari perang dari negara tetangga Ukraina berjalan setelah melintasi perbatasan dengan feri di perbatasan Isaccea-Orlivka di Rumania, Kamis, 24 Maret 2022. (Foto: AP/Andreea Alexandru)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ukraina menuduh Rusia memindahkan paksa ratusan ribu warga sipil dari kota-kota Ukraina yang hancur ke Rusia untuk menekan Kiev agar menyerah, sementara Presiden Volodymyr Zelenskyy mendesak negaranya untuk mempertahankan militernya dan tidak berhenti “bahkan untuk semenit."

Lyudmyla Denisova, ombudsperson Ukraina, mengatakan 402.000 orang, termasuk 84.000 anak-anak, telah dibawa di luar kehendak mereka ke Rusia, di mana beberapa mungkin digunakan sebagai "sandera" untuk menekan Kiev agar menyerah.

Kremlin memberikan nomor yang hampir sama untuk mereka yang telah dipindahkan, tetapi mengatakan mereka ingin pergi ke Rusia. Wilayah timur Ukraina yang dikuasai pemberontak sebagian besar berbahasa Rusia, dan banyak orang di sana mendukung hubungan dekat dengan Moskow.

Dengan perang memasuki bulan kedua, kedua belah pihak bertukar serangan berat dan yang menghancurkan. Angkatan Laut Ukraina mengatakan telah menenggelamkan sebuah kapal pendarat besar Rusia di dekat kota pelabuhan Berdyansk yang digunakan untuk membawa kendaraan lapis baja. Rusia mengklaim telah merebut kota timur Izyum setelah pertempuran sengit.

Zelenskyy menggunakan pidato video malamnya untuk menggalang warga Ukraina untuk “bergerak menuju perdamaian, bergerak maju.”

“Dengan setiap hari pertahanan kami, kami semakin dekat dengan kedamaian yang sangat kami butuhkan. …Kita tidak bisa berhenti bahkan untuk satu menit, karena setiap menit menentukan nasib kita, masa depan kita, apakah kita akan hidup.”

Dia mengatakan ribuan orang, termasuk 128 anak-anak, tewas di bulan pertama perang. Di seluruh negeri, 230 sekolah dan 155 taman kanak-kanak telah dihancurkan. Kota-kota dan desa-desa “terbaring di abu,” katanya.

Pada pertemuan darurat NATO di Brussels Kamis, Zelenskyy memohon kepada sekutu Barat melalui video untuk mendapatkan pesawat, tank, roket, sistem pertahanan udara dan senjata lainnya, mengatakan negaranya "mempertahankan nilai-nilai bersama kita."

Presiden AS Joe Biden, di Eropa untuk KTT dan pertemuan tingkat tinggi lainnya, memberikan jaminan bahwa lebih banyak bantuan sedang dalam perjalanan, meskipun tampaknya tidak mungkin Barat akan memberikan Zelenskyy semua yang dia inginkan, karena takut memicu perang yang lebih luas.

Di sekitar ibu kota, Kiev, dan daerah lainnya, para pembela Ukraina telah bertempur dengan pasukan darat Moskow hingga hampir menemui jalan buntu, meningkatkan kekhawatiran bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang frustrasi akan menggunakan senjata kimia, biologi atau nuklir.

Dipindah Hingga ke Pulau Sakhalin

Kiev dan Moskow memberikan laporan yang saling bertentangan tentang orang-orang yang dipindahkan ke Rusia dan apakah mereka pergi dengan sukarela, seperti yang diklaim Rusia, atau dipaksa atau dibohongi.

Kolonel Rusia, Mikhail Mizintsev, mengatakan sekitar 400.000 orang yang dievakuasi ke Rusia sejak dimulainya aksi militer berasal dari wilayah Donetsk dan Luhansk di Ukraina timur, di mana separatis pro Moskow telah berjuang untuk menguasai selama hampir delapan tahun.

Pihak berwenang Rusia mengatakan mereka menyediakan akomodasi dan memberikan pembayaran kepada para pengungsi.

Tetapi Gubernur Wilayah Donetsk, Pavlo Kyrylenko, mengatakan bahwa “orang-orang dipindahkan secara paksa ke wilayah negara agresor.” Denisova mengatakan mereka yang dipindahkan oleh pasukan Rusia termasuk seorang perempuan berusia 92 tahun di Mariupol yang dipaksa pergi ke Taganrog di Rusia selatan.

Pejabat Ukraina mengatakan bahwa Rusia mengambil paspor orang dan memindahkannya ke “kamp penyaringan” di timur Ukraina yang dikuasai separatis sebelum mengirim mereka ke berbagai daerah yang jauh dan tertekan secara ekonomi di Rusia.

Di antara mereka yang diambil, Kementerian Luar Negeri Ukraina menuduh, adalah 6.000 penduduk Mariupol, kota pelabuhan yang hancur di timur negara itu. Pasukan Moskow menyita dokumen identitas dari tambahan 15,000 orang di bagian Mariupol di bawah kendali Rusia, kata kementerian itu.

Beberapa dikirim jauh ke pulau Pasifik Sakhalin, kata intelijen Ukraina, dan ditawari pekerjaan dengan syarat mereka tidak pergi selama dua tahun. Kementerian mengatakan Rusia bermaksud untuk "menggunakan mereka sebagai sandera dan memberikan lebih banyak tekanan politik pada Ukraina."

Kyrylenko mengatakan bahwa penduduk Mariupol telah lama kehilangan informasi dan bahwa Rusia memberi mereka klaim palsu tentang kekalahan Ukraina untuk membujuk mereka pindah ke Rusia. “Kebohongan Rusia dapat mempengaruhi mereka yang berada di bawah pengepungan,” katanya.

Adapun serangan angkatan laut di Berdyansk, Ukraina mengklaim dua kapal lagi rusak dan tangki bahan bakar 3.000 ton hancur ketika kapal Rusia Orsk ditenggelamkan, menyebabkan kebakaran yang menyebar ke persediaan amunisi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home