Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:09 WIB | Rabu, 26 April 2023

UNHCR Ingatkan Makin Banyak Warga Sudan Mengungsi ke Negara Tetangga

Foto dari Menteri Pertahanan Spanyol, warga negara dari berbagai negara yang melarikan diri dari Sudan duduk di dalam pesawat Angkatan Udara Spanyol dalam perjalanan ke Madrid pada Senin 24 April 2023. (Foto: Kementerian Pertahanan Spanyol via AP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Badan pengungsi PBB (UNHCR)  pada hari Selasa (25/4) memperingatkan tentang "pengungsian lebih lanjut" orang-orang dari Sudan setelah ribuan orang mengalir ke negara tetangga Chad dan Sudan Selatan meskipun ada gencatan senjata yang lemah antara dua jenderal Sudan yang bertikai yang berjuang untuk menguasai negara itu.

Pertempuran itu telah menjerumuskan Sudan ke dalam kekacauan, mendorong negara Afrika yang sudah sangat bergantung pada bantuan itu jatuh ke jurang kehancuran. Sebelum bentrokan, PBB memperkirakan sepertiga penduduk Sudan, atau sekitar 16 juta orang, membutuhkan bantuan, angka yang kemungkinan akan meningkat.

Sejak pecahnya pertempuran pada 15 April, setidaknya 20.000 orang Sudan telah melarikan diri ke Chad dan sekitar 4.000 pengungsi Sudan Selatan, yang telah tinggal di Sudan, telah kembali ke negara asal mereka, kata juru bicara UNHCR, Olga Sarrado, hari Selasa.

Angka-angka itu bisa naik, dia memperingatkan. Sarrado tidak memiliki angka untuk lima negara lain yang bertetangga dengan Sudan, tetapi UNHCR mengutip jumlah yang tidak ditentukan dari mereka yang melarikan diri dari Sudan yang tiba di Mesir.

“Pertempuran tampaknya akan memicu pengungsian lebih lanjut baik di dalam maupun di luar negeri,” katanya, berbicara pada pengarahan PBB di Jenewa.

UNHCR meningkatkan operasinya, katanya, bahkan ketika pemerintah asing berlomba untuk mengevakuasi staf kedutaan dan warga mereka dari Sudan. Banyak orang Sudan mati-matian mencari cara untuk melarikan diri dari kekacauan, takut akan pertempuran habis-habisan mereka untuk mendapatkan kekuasaan setelah evakuasi selesai.

Beberapa gencatan senjata sebelumnya telah gagal, meskipun jeda sebentar-sebentar selama liburan besar Muslim akhir pekan memungkinkan evakuasi dramatis ratusan diplomat, pekerja bantuan dan orang asing lainnya melalui udara dan darat.

Lebih dari 800.000 pengungsi Sudan Selatan tinggal di Sudan, seperempat dari mereka di ibu kota Khartoum, tempat mereka terkena dampak langsung pertempuran.

Secara keseluruhan, Sudan menampung 1,1 juta pengungsi, menurut UNHCR. Ada juga lebih dari tiga juta pengungsi internal, sebagian besar di Darfur, wilayah yang terperosok dalam konflik puluhan tahun, katanya.

Selain para pengungsi, badan migrasi PBB mengatakan ada 300.000 migran terdaftar, serta puluhan ribu migran tidak terdaftar di negara tersebut.

Marie-Helene Verney, kepala UNHCR di Sudan Selatan, mengatakan dari ibu kotanya, Juba, bahwa "angka perencanaan yang kami miliki untuk skenario yang paling mungkin adalah 125.000 pengembalian pengungsi Sudan Selatan, dan 45.000 pengungsi Sudan yang melarikan diri dari pertempuran.

Juru bicara Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, Jens Laerke, mengatakan pihaknya terpaksa "mengurangi operasi" karena pertempuran, dan dia menunjuk pada “kekurangan makanan, air, obat-obatan dan bahan bakar yang akut serta komunikasi dan listrik yang terbatas” dan laporan baru tentang penjarahan gudang kemanusiaan dan persediaan bantuan.

“Kebutuhan kemanusiaan di Sudan sudah mencapai rekor sebelum letusan pertempuran baru-baru ini… sekitar 15,8 juta orang, sekitar sepertiga dari populasi, membutuhkan bantuan kemanusiaan,” katanya.

“(Pertarungan) yang datang di atasnya, menurut saya, lebih dari sekadar tamparan di wajah. Ini lebih dari sekadar kepalan tangan di hadapan orang-orang yang sudah membutuhkan,” tambah Laerke, menggemakan seruan untuk “pertempuran dihentikan.”

Badan bantuan lainnya, termasuk Program Pangan Dunia, terpaksa menangguhkan atau menurunkan skala operasinya di Sudan menyusul serangan terhadap pekerja bantuan dan kompleks serta gudang kemanusiaan.

Sedikitnya lima pekerja bantuan, tiga dari WFP, tewas sejak 15 April.

WFP mengatakan kantor dan gudangnya di Nyala, ibu kota provinsi Darfur Selatan, diserang dan dijarah pekan lalu. Sebuah kantor ICRC di Nyala juga dijarah, dan gudang Bulan Sabit Merah Sudan di Khartoum diserang pekan lalu oleh orang-orang bersenjata yang mengambil beberapa kendaraan dan truk mereka, kata badan amal itu.

Arshad Malik dengan Save the Children Sudan mendesak pihak yang bertikai untuk memastikan perlindungan bagi pekerja kemanusiaan untuk memungkinkan dimulainya kembali aliran bantuan di Sudan, yang "sudah melewati keadaan darurat kemanusiaan terburuk" sebelum pertempuran meletus.

“Sekarang kami melihat lebih banyak anak-anak yang kelaparan. Sekitar 12 persen dari 22 juta anak di negara itu hidup tanpa makanan yang cukup,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home