Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:55 WIB | Senin, 24 April 2023

Pertempuran Terus Terjadi, Diplomat dan Warga Asing Berjuang Meninggalkan Sudan

Pertempuran Terus Terjadi, Diplomat dan Warga Asing Berjuang Meninggalkan Sudan
Warga Yordania yang dievakuasi dari Sudan tiba di bandara militer di Amman, Yordania, Senin, 24 April 2023. (Foto: AP/Raad Adayleh)
Pertempuran Terus Terjadi, Diplomat dan Warga Asing Berjuang Meninggalkan Sudan
Foto dati Kementerian Pertahanan Italia, personel militer bersiap untuk mengevakuasi orang-orang dari bandara di Khartoum, Sudan, pada Minggu, 23 April 2023. (Foto: Kementerian Pertahanan Italia via AP)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah asing mengevakuasi diplomat, staf, dan lainnya dari Sudan pada hari Minggu (23/4) ketika para jenderal yang bersaing bertempur untuk hari kesembilan tanpa tanda gencatan senjata yang telah diumumkan untuk hari raya Idul Fitri.

Sementara kekuatan dunia seperti Amerika Serikat dan Inggris menerbangkan diplomat mereka dari ibu kota Khartoum, orang Sudan mati-matian berusaha melarikan diri dari kekacauan. Banyak yang mempertaruhkan jalan berbahaya untuk menyeberangi perbatasan utara ke Mesir.

"Keluarga saya - ibu saya, saudara saya dan keponakan saya, sedang dalam perjalanan dari Sudan ke Kairo melalui Aswan," tulis pembuat film terkemuka Sudan, Amjad Abual-Ala, di Facebook.

Pertempuran berkecamuk di Omdurman, sebuah kota di seberang Sungai Nil dari Khartoum, kata penduduk, meskipun gencatan senjata diharapkan bertepatan dengan hari raya Idul Fitri selama tiga hari.

"Kami tidak melihat gencatan senjata seperti itu," kata Amin al-Tayed dari rumahnya di dekat kantor pusat TV pemerintah di Omdurman, menambahkan bahwa tembakan senjata berat dan ledakan menggelegar mengguncang kota itu.

Lebih dari 420 orang, termasuk 264 warga sipil, tewas dan lebih dari 3.700 terluka dalam pertempuran antara angkatan bersenjata Sudan dan kelompok paramiliter kuat yang dikenal sebagai Pasukan Dukungan Cepat. RSF mengatakan angkatan bersenjata melepaskan serangan udara di lingkungan kelas atas Kafouri, utara Khartoum. Tidak ada komentar tentara segera.

Kekerasan yang sedang berlangsung telah mempengaruhi operasi di bandara internasional utama, menghancurkan pesawat sipil dan merusak setidaknya satu landasan pacu, dan asap hitam tebal mengepul di atasnya. Bandara lain juga telah dihentikan operasinya.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, men-tweet bahwa dia telah berbicara dengan para komandan saingan, mendesak gencatan senjata segera untuk melindungi warga sipil dan evakuasi warga Uni Eropa.

Serangan ke Penjara

Dalam pertempuran lain, seorang pejabat militer senior mengatakan pihaknya menangkis serangan RSF di Penjara Kober di Khartoum di mana penguasa lama Sudan, Omar al-Bashir, dan mantan pejabat dalam gerakannya telah ditahan sejak penggulingannya tahun 2019.

Pejabat itu, yang berbicara tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang untuk berbicara dengan media, mengatakan sejumlah tahanan melarikan diri tetapi al-Bashir dan narapidana terkenal lainnya berada di daerah "sangat aman", menambahkan bahwa "beberapa tahanan” terbunuh atau terluka.

RSF mengklaim militer memindahkan al-Bashir dan tahanan lainnya dari fasilitas tersebut, meskipun pernyataan tersebut tidak dapat dikonfirmasi secara independen.

Penyeberangan perbatasan Arqin dengan Mesir dipadati sekitar 30 bus penumpang yang masing-masing berisi sedikitnya 55 orang, kata Suliman al-Kouni, seorang mahasiswa Mesir yang melarikan diri ke utara dari Khartoum bersama puluhan mahasiswa lainnya.

“Kami melakukan perjalanan 15 jam di darat dengan risiko kami sendiri,” kata al-Kouni kepada The Associated Press melalui telepon. “Tapi banyak teman kami yang masih terjebak di Sudan.”

Sudan mengalami "kehancuran total" layanan internet dan telepon pada Minggu, menurut layanan pemantauan NetBlocks.

“Ada kemungkinan infrastruktur rusak atau disabotase,” kata direktur Netblocks Alp Toker. “Ini akan berdampak besar pada kemampuan warga untuk tetap aman dan akan berdampak pada program evakuasi yang sedang berlangsung.”

Evakuasi Staf Kedubes dan Warga Asing

Setelah pertempuran selama sepekan yang menghambat penyelamatan, pasukan khusus AS dengan cepat mengevakuasi 70 staf Kedutaan Besar AS dari Khartoum ke Ethiopia pada hari Minggu pagi. Meskipun para pejabat Amerika mengatakan itu terlalu berbahaya untuk evakuasi yang dikoordinasikan pemerintah terhadap ribuan warga negara, dan negara-negara lain bergegas untuk memindahkan warganya dan juga diplomat mereka.

Prancis dan Italia mengatakan mereka akan mengakomodasi semua warganya yang ingin pergi, serta negara-negara lain yang tidak dapat bergabung dalam operasi evakuasi.

Jerman mengatakan pada hari Senin (24/4) pagi bahwa sebuah pesawat militer yang membawa 101 staf diplomatik Jerman, anggota keluarga dan warga negara mitra yang dievakuasi dari Sudan melalui Yordania telah mendarat dengan selamat di Berlin. Militer mengatakan sejauh ini telah membawa 311 orang ke Yordania, dari mana perjalanan selanjutnya sedang diatur.

C-130 Hercules angkatan udara Belanda terbang dari Sudan ke Yordania Senin pagi membawa pengungsi dari berbagai negara, termasuk Belanda. Kementerian Luar Negeri Prancis, hari Senin, mengatakan sejauh ini telah membawa empat penerbangan dari Sudan ke Djibouti, dengan total 388 orang, warga negara dari 28 negara Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Afrika, termasuk Sudan.

Sebuah C-130 angkatan udara Italia yang meninggalkan Khartoum dengan para pengungsi mendarat hari Minggu malam di sebuah pangkalan udara di Djibouti, kata Kementerian Pertahanan. Pesawat lain, yang membawa duta besar Italia dan personel militer yang terlibat dalam evakuasi, diharapkan tiba di Djibouti pada malam hari.

Sekitar 100 orang diterbangkan dari Khartoum dengan pesawat militer Spanyol, lebih dari 30 orang Spanyol dan sisanya dari Portugal, Italia, Polandia, Irlandia, Meksiko, Venezuela, Kolombia dan Argentina, kata kementerian luar negeri.

Pejabat di Yordania mengatakan empat pesawat mendarat di bandara militer Amman membawa 343 pengungsi Yordania dari Port Sudan. Penerbangan lain dari Sudan diselenggarakan oleh Yunani dan Belanda.

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, men-tweet bahwa angkatan bersenjata Inggris mengevakuasi staf diplomatik Inggris dan tanggungan "di tengah peningkatan signifikan dalam kekerasan dan ancaman."

Perjalanan darat melalui daerah yang diperebutkan dimungkinkan tetapi berbahaya. Khartoum berjarak sekitar 840 kilometer (520 mil) dari Port Sudan di Laut Merah.

Pada hari Sabtu, Arab Saudi mengatakan telah mengevakuasi 157 orang, termasuk 91 warga negara Arab Saudi dan warga negara lain. TV negara Saudi menayangkan konvoi besar mobil dan bus dari Khartoum ke Port Sudan, di mana sebuah kapal angkatan laut membawa mereka ke pelabuhan Jeddah di Saudi.

Konvoi Kedubes AS Diserang

Pejuang menyerang konvoi Kedutaan Besar AS pekan lalu, dan menyerbu rumah duta besar Uni Eropa. Kekerasan melukai seorang pegawai Kedutaan Besar Mesir di Sudan, menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir, Ahmed Abu Zaid.

Mesir, yang mengatakan memiliki lebih dari 10.000 warga di Sudan, mendesak mereka yang berada di kota-kota selain Khartoum untuk pergi ke kantor konsuler di Port Sudan dan Wadi Halfa di utara untuk evakuasi, lapor kantor berita MENA yang dikelola pemerintah.

Perebutan kekuasaan antara militer Sudan, yang dipimpin oleh Jenderal Abdel-Fattah Burhan, dan RSF, yang dipimpin oleh Jenderal Mohammed Hamdan Dagalo, telah memberikan pukulan telak bagi harapan Sudan akan transisi demokrasi. Para jenderal bersaingan untuk kekuasaan setelah pemberontakan pro demokrasi menyebabkan penggulingan mantan orang kuat, al-Bashir. Pada tahun 2021, para jenderal bergabung untuk merebut kekuasaan dalam kudeta.

Kekerasan saat ini terjadi setelah Burhan dan Dagalo berselisih karena kesepakatan baru-baru ini yang ditengahi secara internasional dengan para aktivis demokrasi yang dimaksudkan untuk memasukkan RSF ke dalam militer dan akhirnya mengarah pada pemerintahan sipil.

Kedua jenderal, masing-masing mendambakan legitimasi internasional, menuduh yang lain menghalangi evakuasi. Militer Sudan menuduh RSF menembaki konvoi Prancis, melukai seorang warga negara Prancis. RSF membalasnya diserang oleh pesawat tempur ketika warga dan diplomat Prancis meninggalkan kedutaan ke Omdurman, dengan mengatakan serangan militer "membahayakan nyawa warga negara Prancis."

Rumah sakit telah berjuang saat kekerasan berkecamuk. Banyak yang terluka terdampar akibat pertempuran, menurut Sindikat Dokter Sudan yang memantau korban, menunjukkan jumlah korban tewas mungkin lebih tinggi dari yang diketahui.

Kelompok medis Italia Darurat mengatakan 46 stafnya menolak untuk pergi, bekerja di rumah sakit di Khartoum, Nyala dan Port Sudan.

Ribuan orang Sudan telah melarikan diri dari pertempuran di Khartoum dan di tempat lain, kata badan-badan PBB, tetapi jutaan orang berlindung di rumah mereka di tengah ledakan, tembakan, dan penjarahan tanpa listrik, makanan, atau air yang memadai.

Di wilayah barat Darfur, hingga 20.000 orang berangkat ke negara tetangga Chad. Perang bukanlah hal baru di Darfur, di mana kekerasan bermotif etnis telah menewaskan hingga 300.000 orang sejak 2003. Tapi Sudan tidak terbiasa dengan pertempuran sengit di ibu kotanya, yang "telah menjadi kota hantu," kata Atiya Abdalla Atiya, dari Sindikat Dokter Sudan.

Khalid Omar, juru bicara blok pro demokrasi yang berupaya memulihkan pemerintahan sipil, mendesak kedua jenderal itu untuk menyelesaikan perbedaan mereka. “Ada kesempatan untuk menghentikan perang ini dan menempatkan kabupaten di jalur yang benar,” tulisnya di Facebook. “Ini adalah perang yang dipicu oleh kelompok-kelompok dari rezim yang digulingkan yang menginginkannya berlanjut.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home