Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:14 WIB | Kamis, 04 Mei 2023

Uni Eropa Didorong Tingkatkan Produksi Amunisi, Bantu Ukraina

Tentara Ukraina menyiapkan amunisi mereka di posisi garis depan dekat Vuhledar, wilayah Donetsk, Ukraina, Senin, 1 Mei 2023. (Foto: AP/Libkos)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Uni Eropa mengumumkan rencana baru untuk meningkatkan produksi amunisi dalam skala besar, berusaha untuk menguntungkan Ukraina yang sedang berperang dengan Rusia dan untuk meningkatkan kredensial geopolitik blok tersebut.

Ukraina siap meluncurkan serangan balasan musim semi yang direncanakan untuk mengambil alih wilayah yang diduduki Rusia, tetapi negara itu telah membakar amunisi dengan sangat cepat, menurut analis. Sekutu Barat telah menyediakan amunisi, dan pemerintah di Kiev telah meminta mereka untuk memasok lebih banyak lagi.

“Ayo berikan dulu, ayo kirim dulu, apa yang dibutuhkan Ukraina segera. Karena sekali lagi, kami tahu persis apa yang terjadi di lapangan,” kata Thierry Breton, komisaris pasar internal Uni Eropa.

Dia ingin menggunakan setidaknya satu miliar euro (setara Rp 16,5 triliun) untuk mendanai Undang-undang untuk Mendukung Produksi Amunisi, atau ASAP, dengan tujuan menyediakan amunisi kepada Ukraina dan mengisi kembali stok di negara-negara anggota. Dana UE akan menyediakan setengah dari uang, dengan sisanya dibiayai bersama oleh negara-negara anggota.

Negara-negara Uni Eropa, yang terlena oleh puluhan tahun perdamaian dan perlindungan militer dari Amerika Serikat melalui NATO, sangat kekurangan investasi dalam produksi amunisi. Blok 27 negara sekarang ingin membuat amunisi dengan kecepatan rekor saat perang dilancarkan di depan pintunya.

Breton mengatakan UE masih memiliki basis produksi potensial yang besar, terutama di blok timur, yang dapat digunakan dengan fokus bersama.

“Saya yakin bahwa kami dapat meningkatkan basis industri kami untuk dapat memproduksi setidaknya satu juta (putaran) amunisi di Eropa untuk Ukraina” selama tahun depan, katanya.

Di luar komitmen hari Rabu (3/5) untuk meningkatkan produksi, UE telah mendanai pengiriman amunisi ke Kiev dari stok negara anggota hingga satu miliar euro dan berkomitmen untuk meningkatkan pengadaan bersama.

Uni Eropa telah lama dikritik karena gagal mendukung kekuatan ekonominya dengan perangkat keras militer yang cukup. Kurangnya persediaan militer dan kapasitas produksi yang terbatas dan lamban menggerogoti kedudukan internasionalnya.

Dengan ASAP, UE berupaya mengubahnya. “Ini adalah bagian penting dari kapasitas strategis Eropa untuk mempertahankan kepentingan dan nilai-nilainya, serta membantu menjaga perdamaian di benua kita,” kata Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen.

Selain amunisi, sekutu NATO dan negara mitra telah mengirimkan lebih dari 98% kendaraan tempur yang dijanjikan ke Ukraina selama invasi dan perang Rusia.

Bersama dengan lebih dari 1.550 kendaraan lapis baja, 230 tank, dan peralatan lainnya, sekutu Ukraina telah mengirim "amunisi dalam jumlah besar" dan juga melatih dan memperlengkapi lebih dari sembilan brigade Ukraina baru, kata Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, pekan lalu.

Stoltenberg mengatakan 31 sekutu NATO, yang mencakup sebagian besar negara Uni Eropa, berkomitmen untuk menopang militer Ukraina, menambahkan bahwa mengambil kembali tanah yang diduduki pasukan Kremlin akan memberi Kiev posisi negosiasi yang lebih kuat jika pembicaraan damai terjadi.

Amerika Serikat mengirimkan Ukraina sekitar US$300 juta bantuan militer tambahan, termasuk sejumlah besar peluru artileri, howitzer, roket udara-ke-darat, dan amunisi sebagai peluncuran pendekatan serangan balik musim semi yang direncanakan Ukraina, kata para pejabat AS, hari Selasa. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home