Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:57 WIB | Senin, 01 Mei 2023

Serangan Besar-besaran Rusia ke Ukraina Sasar Gedung Apartemen dan Warga Sipil

Tim penyelamat dan warga mencari korban selamat di reruntuhan di sebelah bangunan tempat tinggal yang rusak di Uman, sekitar 215 kilometer selatan Kiev, pada 28 April 2023, setelah serangan rudal Rusia menargetkan beberapa kota Ukraina dalam semalam. (Foto: AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Rusia menembakkan peluru kendali (Rudal) ke sasaran di seluruh Ukraina dalam serangan udara besar kedua dalam tiga hari, menyebabkan kebakaran besar di distrik tenggara di mana para pejabat mengatakan pada Senin (1/5) 34 orang terluka dan puluhan rumah rusak semalam.

Ukraina mengatakan 15 dari 18 rudal jelajah berhasil ditembak jatuh, melindungi ibu kota Kiev dan kota-kota besar lainnya di mana sirene serangan udara berbunyi. Satu-satunya laporan kerusakan yang meluas terjadi di Pavlohrad, pusat kereta api di belakang front selatan dan timur.

Seorang pejabat yang dipasang Rusia di wilayah Zaporizhzhia yang diduduki, memposting gambar dari Pavlohrad tentang kobaran api besar, mengatakan pasukan Rusia telah menyerang sasaran militer di sana.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada hari Senin bahwa pasukannya telah melakukan serangan rudal terhadap sasaran militer Ukraina dalam semalam, lapor kantor berita negara Rusia.

Kementerian pertahanan mengatakan semua target yang ditentukan, termasuk depot senjata dan pabrik amunisi, telah terkena.

Ia juga mengatakan pasukan Rusia melanjutkan kemajuan mereka di kota Bakhmut.

Pejabat Ukraina juga merilis gambar gurun yang hangus, dan mengatakan sebuah perusahaan industri terkena dampak, yang tidak mereka identifikasi. Mykola Lukashuk, kepala dewan wilayah Dnipropetrovsk, mengatakan serangan itu telah merusak 19 blok apartemen, 25 rumah, tiga sekolah, tiga taman kanak-kanak dan beberapa toko, 34 orang yang terluka termasuk tiga anak, katanya.

Serangan itu terjadi hanya tiga hari setelah Rusia membunuh 23 warga sipil dengan rudal yang menghantam sebuah gedung apartemen bertingkat tinggi di kota Uman, bagian dari serangan udara besar pertama di seluruh negeri dalam hampir dua bulan.

Rusia tampaknya telah kembali ke taktik musim dinginnya berupa serangan udara besar-besaran di seluruh negeri saat Ukraina bersiap melancarkan serangan balasan untuk merebut kembali tanah yang diduduki di selatan dan timur.

Pada hari Sabtu, sebuah pesawat tak berawak Ukraina menghantam depot penyimpanan bahan bakar di Sevastopol, pangkalan angkatan laut Rusia di Krimea, yang direbut Moskow pada tahun 2014. Kiev mengatakan kebakaran itu adalah bagian dari persiapan serangannya.

Setelah lima bulan serangan Rusia yang mengamankan sedikit wilayah baru meskipun pertempuran darat paling berdarah dalam perang tersebut, Kiev bersiap untuk melepaskan serangan baliknya menggunakan ratusan kendaraan lapis baja dan tank yang dipasok oleh Barat.

“Sekitar pukul 2:30 pagi, penjajah Rusia menyerang Ukraina dari pesawat penerbangan strategis,” kata Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina, Valeriy Zaluzhnyi. Pemerintah kota Kiev mengatakan tidak ada korban sipil atau kerusakan yang dilaporkan dari serangan udara semalam di ibu kota. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home