Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:16 WIB | Senin, 02 Oktober 2023

Uni Eropa Lanjutkan Bantuan Militer Jangka Panjang untuk Ukraina

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, berbicara dengan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, saat mereka mengunjungi Tembok Memori Pembela Ukraina yang Jatuh, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, saat memperingati Hari Pembela Ukraina di Kiev, Ukraina, 1 Oktober 2023. (Foto: Layanan Pers Kepresidenan Ukraina via Reuters)

Dua tentara Rusia berpatroli di teater drama Mariupol, yang dibom 16 Maret lalu, di Mariupol pada 12 April 2022. (Foto: dok. AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mengatakan dalam kunjungannya ke Kiev pada hari Minggu (1/10) bahwa Ukraina membutuhkan lebih banyak bantuan militer dan dia menjanjikan dukungan berkelanjutan dari Uni Eropa.

“Ukraina membutuhkan lebih banyak kemampuan dan membutuhkannya lebih cepat,” katanya dalam sebuah pernyataan yang diposting di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Dia mengatakan dia telah membahas “bantuan militer Uni Eropa yang berkelanjutan” selama pertemuan tatap muka pertamanya dengan Menteri Pertahanan. Rustem Umerov.

“Kami sedang mempersiapkan komitmen keamanan jangka panjang untuk Ukraina,” tambah Borrell.

Umerov, yang penunjukannya oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy disetujui oleh parlemen pada 6 September, mengucapkan terima kasih kepada Borrell dalam sebuah pernyataan di X atas “dukungannya yang berkelanjutan” dan mengatakan pertemuan itu adalah “titik awal untuk kerja sama yang besar.”

Dia mengatakan diskusi mereka mengenai bantuan militer UE ke Ukraina mencakup “artileri dan amunisi, pertahanan udara, senjata elektronik dan program bantuan jangka panjang, pelatihan, dan lokalisasi industri pertahanan” di Ukraina.

Minggu ini Badan Pertahanan Eropa menjawab pertanyaan Reuters bahwa tujuh negara Uni Eropa telah memesan amunisi melalui skema pengadaan untuk mengirimkan peluru artileri yang sangat dibutuhkan ke Ukraina dan mengisi kembali persediaan Barat yang sudah habis.

Rusia Tambah Pasukan di Kreminna

Sementara itu dilaporkan bahwa tentara Gabungan Senjata ke-25 Rusia yang baru telah memiliki staf penuh sebanyak 17.000 personel dan mengambil posisi di dekat Kreminna di wilayah Luhansk, militer Ukraina melaporkan pada hari Minggu (1/10).

“Tentara ke-25 sudah memiliki staf penuh, jumlahnya bertambah. Jika tadi kita bicara 12.000, kini jumlahnya menjadi 17.000. Mereka mengambil posisi di dekat Kreminna,” kata Ilia Yevlash, juru bicara kelompok pasukan timur Ukraina, seperti dikutip oleh kantor berita negara Ukrinform.

Dia menambahkan bahwa “bagian utama personel Angkatan Darat ke-25 terdiri dari (orang Rusia) yang direkrut berdasarkan kontrak atau mereka yang dipindahkan dari unit Rusia lainnya.”

Yevlash menyatakan bahwa Angkatan Bersenjata Gabungan ke-25 yang baru telah menggantikan Angkatan Darat ke-41 dan divisi ke-76 Rusia di bidang ini, yang “sudah terkena dampak yang cukup buruk” berkat kerja keras pasukan pertahanan Ukraina di bidang tersebut.

Dia mencatat bahwa “tugas utama Angkatan Darat ke-25 Rusia adalah mempertahankan arah, mereka belum melakukan serangan, tetapi musuh secara aktif menggunakan penerbangan, dan artileri telah ditarik ke jarak maksimum untuk melindunginya dari serangan musuh.”

Kementerian Pertahanan Inggris telah melaporkan dalam pembaruan intelijen perang pada hari Rabu bahwa Rusia kemungkinan besar telah mengirim unsur-unsur Angkatan Bersenjata Gabungan ke-25 ke garis depan di Ukraina untuk pertama kalinya.

Dikatakan: “Dengan Tentara Gabungan ke-25 (25 CAA) yang tampaknya dikerahkan sedikit demi sedikit untuk memperkuat garis pertahanan yang terlalu luas, serangan baru Rusia yang terpadu kemungkinannya kecil dalam beberapa pekan mendatang.” (Reuters/Ukrimform/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home