Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 13:27 WIB | Kamis, 04 Agustus 2016

Universitas Brawijaya Optimistis Jadi Juara Umum Pimnas

Ilustrasi: Dalam Pimnas ke-28 yang berlangsung di Universitas Halu Oleo, Kendari, Tim Universitas Brawijaya Kategori Poster, (kiri-kanan) Muslichin, M Aulia Rahman, Amirul Mukminin, Adabrina Husna Yuriz, meraih gelar juara ke-3. (Foto: maulana.lecture.ub.ac.id)

MALANG, SATUHARAPAN.COM - Universitas Brawijaya (UB) Malang optimistis mampu mempertahankan gelar juara umum yang diraih tahun lalu di Kendari, pada perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang digelar 8-12 Agustus 2016 di Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Tiap perguruan tinggi pasti mempersiapkan timnya dengan maksimal. Kompetitor berat UB pada Pimnas adalah UGM, Undip, dan IPB, yang pernah menjadi juara umum. Sekarang ada Universitas Negeri Malang (UM) sebagai `kuda hitam`," kata Ketua Kontingen Pimnas UB, Darjito di Malang, Jawa Timur, Kamis (4/8).

Meski persiapan hanya 15 hari, UB akan berjuang maksimal untuk meraih yang terbaik dan mampu mempertahankan gelar juara umum seperti tahun lalu di Kendari. Tahun lalu, UB mempersiapkan diri di ajang tersebut selama dua bulan.

Menghadapi Pimnas 2016 di Bogor, sebanyak 27 tim UB sudah mengikuti karantina di Hotel Pujon View selama tiga hari. Selama karantina tersebut, mereka berlatih melakukan presentasi.

Dalam Pimnas tahun lalu, dari presentasi mahasiswa, UB mendapat empat medali emas, enam perak, dan 10 perunggu. Sedangkan poster, UB mendapat tujuh medali emas. Karena itu, tahun lalu UB dinobatkan sebagai juara umum.

Darjito mengatakan UB juga masih menunggu pengumuman PKM GT (Gagasan Tertulis) yang belum diumumkan. Jika ada yang lolos, otomatis menambah jumlah tim di Pimnas 2016. Dari 27 tim PKM, terbanyak diwakili Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) sebanyak 10 tim.

Tim dari FTP yang berjumlah 10 tim tersebut, sebelumnya juga memamerkan karya pada acara konferensi yang membahas pangan di Gedung Widya Loka kampus UB Malang, yang bertajuk "2nd International Conference on Food, Agriculture and Natural Resources (Fanres)".

Konferensi tersebut dihadiri perwakilan dari 40 perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN-PTS) di Tanah Air serta perwakilan dari beberapa negara, seperti Thailand, Jepang, dan Brunei Darussalam. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home