Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:37 WIB | Sabtu, 21 Mei 2016

Aplikasi Edukasi Kebudayaan Indonesia Karya Mahasiswa Brawijaya

Jagoan Indonesia app oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. (Foto: ub.ac.id)

MALANG, SATUHARAPAN.COM - Grup Riset Teknologi Media, Game, dan Perangkat Bergerak (MGM) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB) meluncurkan sebuah aplikasi mobile edukatif bagi anak-anak, bertemakan kebudayaan dan kekayaan Indonesia yang diberi nama Jagoan Indonesia.

Peluncuran aplikasi game edukasi diselenggarakan di ruang MGM, Kamis (19/5), seperti dilansir dari situs prasetya.ub.ac.id.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Laboratorium Pemrograman Aplikasi Perangkat Bergerak (PAPB) Herman Tolle, Dr Eng ST, MT mengatakan, aplikasi Jagoan Indonesia memiliki tiga menu permainan utama "Jelajah", "Puzzle", dan "Kuis".

Pada menu "Jelajah", pengguna akan diberikan informasi tentang pakaian, dan rumah adat serta objek khas tiap-tiap provinsi di Indonesia; seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Monumen Nasional di DKI Jakarta, dan burung cndrawasih di Papua. Caranya, pengguna cukup memilih salah satu provinsi, untuk mengetahui apa saja kekhasan yang dimiliki daerah tersebut. Setelah semua informasi tentang provinsi itu disampaikan pengguna akan diminta untuk mencocokkan posisi objek-objek khas provinsi tersebut dalam peta. Provinsi yang telah berhasil diselesaikan akan ditandai dengan warna kuning.

Pada menu permainan "Puzzle", pengguna diminta untuk menyusun kepingan-kepingan gambar wilayah 34 provinsi ke dalam peta Indonesia. Permainan ini berguna untuk membantu pengguna dalam mengetahui letak berbagai provinsi di Indonesia. Dalam menu permainan puzzle ini, pengguna juga ditantang untuk bisa menyelesaikan puzzle dengan catatan waktu tercepat.

Menu permainan terakhir adalah "Kuis". Permainan ini untuk menguji pemahaman pengguna akan pengetahuan umum tentang Indonesia. Meski demikian, menu permainan Kuis ini masih belum dapat diakses oleh pengguna pada versi aplikasi saat ini, karena masih dalam tahap pengembangan. Hingga saat ini game edukasi Jagoan Indonesia dapat diunduh di Apple Appstore oleh para pengguna iPad melalui tautan https://itunes.apple.com/id/app/id1102715173

"Saat ini aplikasi Jagoan Indonesia dapat berjalan pada perangkat Apple iPad. Kami sedang mengembangkan aplikasi untuk versi iPhone dan platform Android. Tunggu saja," kata Mury Fajar selaku Programmer Mirai dan juga alumni Filkom UB, yang turut hadir pada acara launching Jagoan Indonesia.

Herman Tolle, pada kesempatan itu mengatakan, gawai (gadget) atau perangkat elektronik telah sangat dekat dengan kehidupan anak-anak saat ini.

Keberadaan aplikasi edukasi tidak hanya mengurangi dampak negatif dari penggunaan gadget, namun juga mampu mengembangkan kemampuan kognitif dan afektif anak-anak, termasuk menanamkan pengetahuan tentang kebudayaan dan kekayaan Indonesia.

Selain konten edukasinya, kelebihan aplikasi ini terletak pada ilustrasi gambar dan narasi suara yang menarik.

Aplikasi edukasi ini merupakan pilot project hasil kerja sama Filkom UB dengan Mirai Education, sebuah perusahaan pengembangan aplikasi edukasi di Jepang.

Aplikasi-aplikasi edukasi yang dikembangkan Mirai Education sangat populer di Jepang dan menjadi aplikasi peringkat atas di Apple AppStore pada kategori Educational Apps. 

Dengan bimbingan dari Mirai Education, diharapkan pengembangan aplikasi Jagoan Indonesia yang melibatkan mahasiswa, alumni dan dosen Filkom UB ini mampu meraih sukses dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. 

Video aplikasi game edukasi Jagoan Indonesia dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=jE7O2WuuVrE.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home