Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 10:16 WIB | Sabtu, 03 Mei 2014

Untuk Pertama, Patriark Maronite akan Kunjungi Yerusalem

Patriark Bechara Rai. (Foto: wikipedia.org)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM– Patriark dari gereja Maronite akan berangkat ke Yerusalem bulan depan untuk menyambut Paus Fransiskus, pemimpin keagamaan pertama dari Lebanon yang berkunjung sejak pendirian Israel pada 1948, ucapnya pada Jumat (2/5).

“Paus itu akan mengunjungi Tanah Suci dan Yerusalem. Dia akan mengunjungi keuskupan patriark, jadi itu normal bahwa patriark harus menyambutnya,” ujar Bechara Rai via telepon dari Prancis.

Kunjungan Rai secara diplomatis penting karena Lebanon secara teknis masih berperang dengan Israel dan melarang warganya untuk memasuki negara Yahudi itu.

Pendeta Maronite bisa mengunjungi Tanah Suci untuk melayani umat di sana, namun semua warga Lebanon lainnya dilarang.

Rai menegaskan bahwa kunjungan itu hanya akan bersifat keagamaan dan tidak memiliki dampak politik.

“Itu sebuah kunjungan keagamaan dan bukan bersifat politik.”

Deputi Rai, Boulos Sayyah—yang akan menemaninya—mengatakan patriark tidak akan berpartisipasi dalam semua pertemuan politik apa pun di Israel namun akan bertemu dengan presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Patriark Bechara Rai dan “Musim Dingin Arab”

Patriark Kardinal Mar Bechara Boutros al-Rahi, lahir 25 Februari 1940 adalah Patriark ke-77 Maronite Antiokhia,  posisi yang dijabatnya sejak 15 Maret 2011, menggantikan Patriark Nasrallah Boutros Sfeir. Rai juga memegang posisi sebagai Kardinal Gereja Katolik.

Pada April 2011, Rahi mengatakan bahwa, demi persatuan dan kasih, ia akan bekerja “untuk membangun dialog yang tulus dan lengkap” dengan umat Muslim “dan membangun bersama-sama masa depan dalam keseharian.” Dia mengatakan bahwa pendahulunya telah “berjuang mendesakkan kebebasan atas pengambilan keputusan nasional dan tanah Lebanon dari segala bentuk penjajahan. Bahwa gereja harus  bekerja untuk rekonsiliasi di Gunung Lebanon dan melakukan reformasi. Semua ini merupakan perpanjangan dari musim semi gereja yang dimulai oleh Konsili Vatikan II.” Patriark Rai tidak menggunakan istilah “musim semi Arab”, tetapi “musim dingin Arab” untuk mengekspresikan reaksi nya terhadap konflik di Arab.

Pada September 2011, beberapa komunitas Kristen dari Lebanon, sebagian mendukung Aliansi 14 Maret, marah atas komentarnya yang  kontroversial di Paris, Prancis bahwa ia mendukung hak Hizbullah untuk memegang senjata di pertahanan terhadap Israel. Komunitas Kristen Lebanon juga marah atas komentarnya bahwa  protes rakyat Suriah pada 2011 bisa membangkitkan Ikhwanul Muslimin jika Presiden Bashar al-Assad dikudeta. Oposisi Aliansi 14 Maret mengkritiknya karena komentar dan meminta penjelasan darinya, terutama melihat bahwa pendahulunya, Patriark Sfeir memiliki pandangan yang sangat berbeda dan hampir fanatik mendukung Pasukan Lebanon, sayap Kristen Aliansi 14 Maret. Namun orang-orang Kristen dari Aliansi 8 Maret menyambut komentarnya. Perdana Menteri Najib Mikati juga mendukung sikapnya mengatakan “The Patriark Maronite berbicara tentang bagian [dari masalah]. Tidak ada yang bisa menolak seorang yang mengangkat senjata dan melakukan perlawanan selama pendudukan Israel masih berlanjut. Ada kebulatan suara rakyat Lebanon terhadap pendudukan Israel, yaitu harus melakukan perlawanan.”

Mikati mengatakan bahwa setelah pertemuannya dengan al-Rahi, ia puas dengan penjelasan sang patriark dan bahwa ia “sangat lega dan diyakinkan oleh kebijaksanaan Pemimpin Gereja.” Presiden Michel Suleiman mengatakan bahwa komentar al-Rahi itu tidak berkaitan dengan “politik” tetapi menunjukkan  visinya pada  Prancis. Ia juga menambahkan bahwa “Patriark tidak membutuhkan siapa pun untuk membela dirinya. Dan, posisinya berasal dari peran sentral sebagai penanggung jawab atas rakyat Lebanon dan orang-orang Kristen di Timur Tengah. Sikapnya juga menegaskan kemerdekaan dan kedaulatan Lebanon,” dan bahwa “patriark tidak perlu dibela, dan sikap itu merupakan caranya mengambil tanggung jawab bagi orang Kristen Lebanon.”

Ketua Parlemen Nabih Berri mengatakan bahwa Rai “komentar di Paris melindungi Lebanon dari bahaya dan saya setuju dengan apa yang ia menyatakan dan menegaskan visinya yang berakar pada kedua latar belakang agama dan nasional” dan bahwa “Jika situasi makin memburuk di Suriah dan kami mencapai aturan yang lebih radikal daripada aturan saat ini, seperti aturan Ikhwanul Muslimin, Kristen di sana akan membayar harga, baik dalam bentuk pembunuhan atau pemindahan. Berikut adalah gambar dari Irak di depan kami.”

Pemimpin Gerakan Pembebasan Patriotik, Michel Aoun menyatakan dukungan untuk al-Rahi dan menambahkan bahwa tidak ada yang mau rezim al-Assad jatuh. “Pernyataan Rai mengungkapkan keprihatinan minoritas karena ia dipercayakan dengan Sinode untuk Timur Tengah. Perubahan bertahap tidak membahayakan stabilitas dan tidak akan membuat Suriah jatuh ke dalam kesulitan yang sama seperti Palestina, Irak, Libya, dan Yaman. [Saat demonstran Suriah bersenjata dan menghancurkan negara] pemerintah Suriah tidak bisa mengatur negara.” Mantan Pemimpin Partai Sosialis Progresif 14 Maret, Walid Jumblatt, yang duduk sebagai incumbent Aliansi 8 Maret dalam pemerintahan, juga mengkritik penilaian Rai tentang sikap keras Hizbullah dengan nasib konflik Timur Tengah dengan alasan bahwa “Lebanon tidak bisa terus menjadi sandera konflik regional.” Dia juga mengkritik penilaian Rai perubahan rezim di Suriah sebagai ancaman bagi orang Kristen di negara ini.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada 4 Maret 2012, al-Rahi mengatakan: “Semua rezim di dunia Arab memiliki Islam sebagai agama negara, kecuali Suriah. Itu menonjol karena tidak mengatakan itu adalah negara Islam. Hal yang paling dekat dengan demokrasi [di dunia Arab] adalah Suriah.” (AFP/wikipedia.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home