Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:11 WIB | Kamis, 14 Maret 2024

Utusan PBB: Temukan Sandera Korban Kekerasan Seksual Tidak Membenarkan Serangan Israel

Pramila Patten, kanan, Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Kekerasan Seksual dalam Konflik, berpidato pada pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai perang di Gaza, hari Senin, 11 Maret 2024, di markas besar PBB. (Foto: AP/Bebeto Matthews)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Utusan PBB yang berfokus pada kekerasan seksual dalam konflik memperingatkan Israel pada hari Senin (11/3) bahwa temuan “informasi yang jelas dan meyakinkan” bahwa beberapa sandera yang disandera oleh Hamas selama serangan 7 Oktober di Israel selatan menjadi sasaran kekerasan seksual “sama sekali tidak melegitimasi permusuhan lebih lanjut.”

“Faktanya, hal ini menciptakan keharusan moral bagi gencatan senjata kemanusiaan untuk mengakhiri penderitaan tak terkatakan yang dialami warga sipil Palestina di Gaza dan menghasilkan pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera,” kata Pramila Patten kepada Dewan Keamanan PBB di mana menteri luar negeri Israel berada, juga duduk dan mendengarkan.

“Berlanjutnya permusuhan sama sekali tidak dapat melindungi mereka,” katanya. “Hal ini hanya akan membuat mereka terkena risiko kekerasan lebih lanjut, termasuk kekerasan seksual.”

Patten berbicara pada pertemuan dewan yang diminta oleh Israel dan diminta oleh Amerika Serikat, Inggris dan Prancis untuk fokus pada laporan terbarunya, yang juga menemukan “alasan yang masuk akal” untuk percaya bahwa Hamas melakukan pemerkosaan, penyiksaan seksual, dan tindakan kejam dan tidak manusiawi lainnya terhadap perempuan dalam serangan 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyebabkan 250 lainnya disandera.

Dia mengatakan kepada dewan bahwa 134 sandera yang masih disandera dan lebih dari dua juta warga sipil di Gaza “memiliki nasib yang sama. Demi kepentingan bersama, harus ada gencatan senjata kemanusiaan sekarang.” Serangan berkelanjutan Israel terhadap Hamas telah menewaskan lebih dari 30.000 orang, dua pertiganya adalah perempuan dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Tuntutan Israel

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, mengatakan dia datang ke dewan “untuk memprotes sekeras mungkin terhadap kejahatan terhadap kemanusiaan” yang dilakukan oleh Hamas untuk menghalangi dan menakut-nakuti masyarakat Israel.

Dia mengkritik keras kegagalan Dewan Keamanan dalam lebih dari 40 pertemuan sejak 7 Oktober untuk mengutuk tindakan Hamas, dan mengatakan bahwa badan paling berkuasa di PBB tersebut harus menyatakan kelompok ekstremis tersebut sebagai organisasi teroris dan menekannya untuk segera membebaskan para sandera.

Dalam sebuah pernyataan yang mengejutkan beberapa diplomat, Katz mencatat bahwa hari Senin adalah awal bulan suci Ramadhan dan berkata: “Izinkan saya menggunakan kesempatan ini untuk memberkati saudara-saudara Muslim kita: Ramadhan Kareem.” Artinya, selamat menyambut Ramadhan yang penuh keberkahan atau kemurahan hati.

“Hamas tidak berbicara atas nama dunia Muslim,” kata Katz, “dan kami meminta Anda untuk mengutuk kejahatan kekerasan seksual yang dilakukan oleh orang-orang barbar ini atas nama agama Muslim.”

Riyad Mansour, duta besar Palestina untuk PBB, mengatakan kepada dewan bahwa umat Islam di seluruh dunia sedang merayakan Ramadhan tetapi “di Gaza, kematian dan penderitaan dapat ditemukan di mana-mana. Makanan dan harapan tidak dapat ditemukan di mana pun.”

Dia mengatakan kepada dewan bahwa Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, tidak menginginkan gencatan senjata karena “kelangsungan politiknya mengharuskan serangan terus berlanjut.”

Tujuan Israel, kata Mansour, adalah “tetap melakukan perpindahan paksa terhadap rakyat kami dengan membuat Gaza tidak dapat ditinggali.”

Dia menyatakan harapannya bahwa Dewan Keamanan, yang menunjukkan reaksi “belum pernah terjadi sebelumnya” terhadap laporan Patten dengan mengadakan pertemuan dalam waktu sepekan, akan memberikan tanggapan yang sama terhadap laporan kekerasan seksual terhadap perempuan, anak perempuan, laki-laki dan anak laki-laki Palestina.

Penyelidikan Internasional Independen

Rekomendasi utama Patten adalah mendorong Israel untuk memberikan akses kepada ketua hak asasi manusia PBB dan Komisi Penyelidikan Internasional Independen mengenai wilayah Palestina dan Israel “untuk melakukan penyelidikan penuh atas dugaan pelanggaran” yang dilakukan Hamas.

Mansour mengatakan Palestina akan menyambut baik penyelidikan ini dan menantang Israel “untuk membuat pernyataan sambutan serupa.” Ia juga mengajak Patten mengunjungi Gaza dan melihat sendiri penderitaan warga Palestina.

Patten mengatakan kepada dewan bahwa ketika dia mengunjungi Tepi Barat, dia tidak menerima laporan pemerkosaan apa pun, namun kasus kekerasan seksual selama penahanan terhadap pria dan perempuan Palestina terus meningkat.

Ini termasuk penggeledahan tubuh yang invasif, sentuhan yang tidak diinginkan pada area intim, pemukulan di area genital, ancaman pemerkosaan terhadap laki-laki terhadap anggota keluarga perempuan mereka, “dan penggeledahan telanjang yang tidak pantas serta pemaksaan ketelanjangan yang berkepanjangan terhadap para tahanan,” katanya.

Patten mengatakan dia menyampaikan laporan ini kepada pihak berwenang Israel, yang memberinya informasi tentang protokol mereka untuk mencegah tindakan tersebut dan “menunjukkan kesediaan untuk menyelidiki dugaan pelanggaran.”

Dia menyatakan kekecewaannya “bahwa reaksi langsung sejumlah aktor politik terhadap laporan saya bukanlah dengan membuka penyelidikan atas dugaan insiden tersebut, melainkan menolaknya secara langsung melalui media sosial.” Dia tidak menyebutkan satu pun nama “aktor politik” tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home