Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 13:40 WIB | Senin, 27 Mei 2024

Vatikan Akan Kanonisasi Remaja Ahli Komputer sebagai Santo Pelindung Internet

Gambar Carlo Acutis yang berusia 15 tahun, seorang anak laki-laki Italia yang meninggal pada tahun 2006 karena leukemia, terlihat dalam upacara beatifikasi yang dirayakan oleh Kardinal Agostino Vallini, tengah, di Basilika Santo Fransiskus, di Assisi, Italia, pada Oktober 2019. Paus Fransiskus telah membuka jalan bagi kanonisasi santo pertama generasi milenial pada hari Kamis (23/5/2024), dengan menghubungkan mukjizat kedua dengan ahli komputer Italia berusia 15 tahun yang meninggal karena leukemia pada tahun 2006. Carlo Acutis, lahir pada 3 Mei 1991, di London dan kemudian pindah bersama orang tuanya yang berkebangsaan Italia ke Milan saat masih kecil, adalah orang termuda sezaman yang dibeatifikasi oleh Fransiskus di Assisi pada tahun 2020. (Foto: dok. AP/Gregorio Borgia)

ROMA, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus membuka jalan bagi kanonisasi santo pertama dari generasi milenial pada hari Kamis (23/5), dengan menghubungkan mukjizat kedua dengan ahli komputer Italia berusia 15 tahun yang meninggal karena leukemia pada tahun 2006.

Carlo Acutis, lahir pada tanggal 3 Mei 1991, di London dan kemudian pindah bersama orang tuanya yang berkebangsaan Italia ke Milan saat masih kecil, adalah orang kontemporer termuda yang dibeatifikasi oleh Fransiskus di Assisi pada tahun 2020.

Persetujuan mukjizat kedua untuk Acutis diberitahukan oleh Paus pada hari Kamis dalam pertemuan dengan kepala departemen untuk orang suci di Vatikan, Kardinal Marcello Semeraro, kata sebuah pernyataan Vatikan.

Paus Fransiskus mengumumkan bahwa dia akan mengadakan Konsistori Para Kardinal untuk membahas kanonisasi Acutis, serta tiga Beato lainnya.

Disebut-sebut sebagai “santo pelindung internet,” Acutis menggunakan bakat teknologi alaminya untuk membuat situs web untuk membuat katalog keajaiban dan mengelola situs web untuk beberapa organisasi Katolik lokal.

Dia adalah seorang yang memulai sendiri. Saat masih di sekolah dasar, Acutis belajar coding secara otodidak menggunakan buku teks ilmu komputer universitas, lalu belajar cara mengedit video dan membuat animasi.

Acutis, yang meninggal karena leukemia akut pada 12 Oktober 2006, diangkat menjadi orang suci setelah Paus Fransiskus menyetujui mukjizat pertama yang diberikan kepadanya: Penyembuhan seorang anak laki-laki Brasil berusia tujuh tahun dari kelainan pankreas langka setelah ia datang, bersentuhan dengan peninggalan Acutis, bagian dari salah satu kasusnya.

Menurut Vatican News, mukjizat kedua yang diketahui pada hari Kamis terkait dengan seorang perempuan dari Kosta Rika, yang pada bulan Juli 2022 berziarah ke makam Acutis di Assisi untuk berdoa bagi kesembuhan putrinya, yang menderita trauma kepala parah setelah terjatuh dari sepedanya.

Perempuan muda itu mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan segera setelah permohonan ibunya.

Sejak kecil, Acutis telah menunjukkan ketaatan beragama yang kuat sehingga mengejutkan orang tuanya yang tidak taat.

Ibunya, Antonia Salzano, mengenang dalam sebuah wawancara bahwa sejak usia tiga tahun dia akan meminta untuk mengunjungi gereja-gereja yang mereka lewati di Milan, dan pada usia tujuh tahun telah meminta untuk menerima sakramen Komuni Kudus, sehingga mendapatkan pengecualian terhadap persyaratan usia adat.

Rasa penasarannya mendorong Salzano untuk belajar teologi guna menjawab pertanyaan-pertanyaannya, memperbaharui imannya.

Acutis dimakamkan di Assisi atas permintaannya sendiri, setelah menjadi pengagum Santo Fransiskus dari Assisi atas dedikasinya kepada orang miskin.

Kota Umbria adalah salah satu tujuan wisata favoritnya. Jenazahnya, yang dibalut pakaian olah raga dan sepatu kets, telah dipajang untuk dihormati di sebuah tempat suci di kota itu, dan hatinya telah dipajang di sebuah relik di Basilika Santo Fransiskus. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home