Loading...
MEDIA
Penulis: Melki Pangaribuan 20:29 WIB | Kamis, 12 November 2015

Vatikan Selidiki 2 Jurnalis Terkait Skandal Dokumen Rahasia

Emiliano Fittipaldi (kiri) dan Gianluigi Nuzzi. (Foto: ansa.it)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM - Vatikan pada hari Rabu (11/11) mengatakan bahwa otoritas pengadilannya telah meluncurkan penyelidikan terhadap dua jurnalis Italia atas dokumen rahasia yang bocor ke media, mengungkapkan kesalahan manajemen keuangan cukup besar di pusat negara kota tertutup itu.

Jurnalis Gianluigi Nuzzi dan Emiliano Fittipaldi diselidiki atas kemungkinan keterlibatan “dalam pelanggaran membocorkan berita dan dokumen rahasia,” kata juru bicara Vatikan Federico Lombardi.

Kedua jurnalis tersebut pada pekan lalu memublikasikan dua buku yang mengungkap informasi tidak menyenangkan terkait korupsi, pencurian dan pengeluaran yang tak terkendali di Vatikan, berdasarkan dokumen rahasia yang bocor.

Sebagai bagian dari penyelidikan terhadap pengungkapan tersebut, Vatikan pekan lalu menangkap seorang ahli Humas Italia Francesca Immacolata Chaouqui, pastor Spanyol Angel Vallejo Balda atas dugaan mencuri dan membocorkan dokumen rahasia ke media.

Keduanya bertugas di komisi khusus yang dibentuk oleh Paus Fransiskus untuk memberinya saran tentang reformasi ekonomi di dalam Vatikan guna menekan pengeluaran yang tak terkendali.

Chaouqui kemudian dibebaskan setelah bekerja sama dengan pihak berwenang.

Lombardi mengatakan bahwa penyidik Vatikan juga mencari orang lain “yang mungkin telah bekerja sama dalam mendapatkan dokumen rahasia tersebut.” (AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home