Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:40 WIB | Rabu, 07 Juni 2023

Veteran Perang Dunia II Terkenal sebagai Bintang Media Sosial

Veteran Perang Dunia II Terkenal sebagai Bintang Media Sosial
Veteran AS, Sersan Jake M. Larson berbicara dengan seorang gadis yang mengenakan bendera Amerika di lehernya saat berkumpul dalam rangka persiapan peringatan D-Day ke-79 di La Fiere, Normandia, Prancis, Minggu, 4 Juni 2023. Pendaratan di pantai Normandia 79 tahun lalu oleh pasukan AS dan Inggris terjadi pada 6 Juni 1944. (Foto-foto: AP Photo/Thomas Padilla)
Veteran Perang Dunia II Terkenal sebagai Bintang Media Sosial
Veteran Perang Dunia II, Bill Gladden dari Inggris, kiri, berbicara dengan veteran Perang Dunia II AS, Jack M. Larson di tugu peringatan Jembatan Pegasus di Benouville, Normandia, Senin, 5 Juni 2023. Lusinan veteran Perang Dunia II telah melakukan perjalanan ke Normandia pekan ini untuk menandai Peringatan 79 tahun D-Day, serangan yang menentukan namun mematikan yang menyebabkan pembebasan Prancis dan Eropa Barat dari kendali Nazi.

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Veteran Perang Dunia II, Jake Larson, seorang warga Amerika berusia 100 tahun yang paling dikenal di media sosial dengan nama "Papa Jake," senang memberikan pelukan kepada banyak penggemar yang ditemuinya selama perjalanannya ke Normandia untuk peringatan D-Day, hari serangan Sekutu ke Nazi Jerman di Pantai Prancis.

Larson, yang memiliki lebih dari 600.000 pengikut di akun TikTok, menghadiri upacara pada hari Selasa (6/6) di Pemakaman Amerika yang memperingati 79 tahun penyerangan yang membuahkan pembebasan Prancis dan Eropa Barat dari kendali Nazi.

“Saya terlibat dalam perencanaan D-Day… Saya hanya seorang anak desa. Sekarang saya menjadi bintang di TikTok,” katanya kepada The Associated Press dengan antusias. “Kamu bisa melihatku di mana-mana: 'Papa Jake.' Aku seorang legenda! Saya tidak merencanakan ini, itu terjadi.

Larson mendarat di Pantai Omaha, di mana dia berlari di bawah tembakan senapan mesin dan berhasil mencapai tebing tanpa terluka.

“Saya 100(tahun usianya) tanpa sakit atau nyeri. Anda tidak bisa memalsukannya,” katanya.

Pada hari Senin, Larson pergi ke Pegasus Memorial, sebuah situs untuk memperingati operasi penting D-Day, ketika pasukannya harus menguasai sebuah jembatan strategis.

Di situlah dia bertemu Bill Gladden, seorang veteran Inggris berusia 99 tahun : “Saya ingin memelukmu, terima kasih. Aku meneteskan air mata. Kami ditakdirkan untuk bertemu,” kata Larson kepada Gladden, tangan mereka tergenggam.

Dia juga pergi pada hari Minggu ke parade bersama veteran AS lainnya, menggunakan kursi roda, di Sainte-Mere-Eglise, di mana ribuan pasukan terjun payung melompat tidak lama setelah tengah malam pada tanggal 6 Juni 1944.

Di setiap perhentian dalam perjalanan Normandianya, "Papa Jake" disambut oleh orang-orang yang meminta selfie, sebagai imbalannya, dia menawarkan pelukan, untuk kegembiraan terbesar mereka.

Beberapa pengikut Prancis memposting komentar di akun TikToknya untuk menceritakan emosi mereka saat melihatnya.

Jake Larson lahir di Owatonna, Minnesota. Dia mendaftar di Garda Nasional pada tahun 1938, berbohong tentang usianya karena dia baru berusia 15 tahun saat itu.

Pada Januari 1942, dia dikirim ke luar negeri dan ditempatkan di Irlandia Utara. Dia menjadi sersan operasi dan menyusun buku perencanaan untuk invasi ke Normandia. Setelah D-Day, dia melanjutkan tugas ini melalui “Battle of the Bulge,” pertempuran yang dikenang sangat mengerikan.

Larson berada di Normandia bersama sekelompok lebih dari 40 veteran AS yang melakukan perjalanan dengan Best Defense Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang membantu mereka mengunjungi bekas medan perang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home