Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 13:50 WIB | Selasa, 06 Februari 2024

Victoria Monét, Artis Pendatang Baru Terbaik Grammy Award 2024

Victoria Monet menerima penghargaan untuk artis pendatang baru terbaik pada Grammy Awards tahunan ke-66 pada Minggu, 4 Februari 2024, di Los Angeles. (Foto: AP/Chris Pizzallo)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM-Penyanyi dan penulis lagu, Victoria Monét, memenangkan penghargaan sebagai artis pendatang baru terbaik di Grammy Awards tahunan ke-66.

Monét, 34 tahun, memenangkan kategori tersebut melawan Gracie Abrams, Fred Again, Noah Kahan, Ice Spice, Jelly Roll, Coco Jones dan The War and Treaty.

Dia muncul sebagai yang terdepan lebih awal, dan mendominasi prediksi Grammy The Associated Press,  sebagai satu-satunya nominasi artis pendatang baru terbaik yang juga dinominasikan dalam salah satu dari tiga kategori bidang umum teratas: rekor tahun ini.

Monét berterima kasih kepada server Champagne terlebih dahulu sebelum menambahkan timnya, sesama nominasi, dan ibunya, seorang ibu tunggal yang “membesarkan gadis yang sangat nakal ini.”

“Saya hanya ingin mengatakan kepada semua orang yang mempunyai mimpi. Saya ingin Anda melihat ini sebagai contoh.”

Dia mengatakan penghargaan tersebut mewakili perjuangannya selama 15 tahun dan dia menyamakan dirinya dengan sebuah tanaman. “Akar saya telah tumbuh di bawah tanah, begitu lama tidak terlihat. Dan saya merasa seperti hari ini, saya bertunas.”

Penghargaan artis pendatang baru terbaik, yang diberikan kepada artis jazz, Samara Joy, tahun lalu, adalah salah satu penghargaan Grammy yang paling dinantikan karena sering dianggap sebagai penentu kesuksesan di masa depan.

Pemenang terbaru termasuk Olivia Rodrigo, Megan Thee Stallion, Billie Eilish dan Dua Lipa. Pemenang lainnya termasuk Mariah Carey, Alicia Keys, John Legend, Amy Winehouse, Adele dan Chance the Rapper.

Penghargaan diberikan kepada artis yang merilis, selama periode kelayakan tahun itu, rekaman pertama yang menetapkan “identitas publik” mereka, menurut Grammy. Bagi Monét, penulis lagu lama untuk artis lain termasuk Ariana Grande dan Chloe x Halle, itu adalah album solo debutnya: “Jaguar II.” Hit terobosan album, “On My Mama” memuncak di nomor 35 di Billboard Hot 100 dan dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik tahun 2023 oleh The Associated Press.

Dengan tujuh nominasi, Monét berada di urutan kedua terbanyak tahun ini, bersama Phoebe Bridgers dan di belakang SZA. Nominasi Monét juga membuat sejarah: Putrinya yang berusia dua tahun, Hazel, menjadi nominasi termuda untuk penampilannya di “Hollywood,” yang dinominasikan untuk penampilan R&B tradisional terbaik.

“Kami mengadakan ekstravaganza balita di mana semua teman sekolahnya mengenakan pakaian serupa, tuksedo, dan sebagainya, dan kami mengadakan karpet merah tiruan” kata Monét kepada AP di karpet pada jamuan makan malam Black Music Action Coalition menjelang Grammy.

"Dia membencinya," dia tertawa. “Mudah-mudahan kita bisa mendapatkan satu kesempatan bagus karena saya tahu ketika kita, Anda tahu, ketika dia lebih besar, dia akan sangat menghargainya.”

Faktanya, mereka memang mengambil fotonya, meskipun Hazel memalingkan wajahnya dari kerumunan fotografer yang mengambil foto pada hari Minggu.

Meskipun ini adalah perjalanan pertama Hazel ke Grammy, itu bukanlah rodeo pertama Monét — hanya yang pertama sebagai solois. Pada tahun 2020, ia dinominasikan dalam kategori album dan rekor tahun ini sebagai produser di lagu "terima kasih, selanjutnya" Ariana Grande.

Dalam wawancara tahun 2020 dengan AP setelah nominasi tersebut, Monét berkata: “Tentu saja ketika saya menulis daftar tujuan saya, saya ingin sesukses Kanye di kategori Grammy, atau seperti Bey, atau sebagai yang terhebat. Saya seperti, 'Saya ingin 16 Grammy.' Itu adalah angka yang besar.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home