Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:49 WIB | Selasa, 08 Maret 2016

Vietnam Identifikasi Bayi Kembar Beda Ayah

Tes DNA telah mengungkapkan bahwa sepasang bayi kembar Vietnam memiliki dua ayah yang berbeda. Selama ini hanya ada 10 kasus kembar bipaternal dilaporkan di seluruh dunia. (Foto: dantri.com.vn)

HANOI, SATUHARAPAN.COM - Vietnam telah mengidentifikasi kasus yang sangat langka, dimana bayi kembar tapi beda ayah, ungkap seorang profesor di laboratorium pengujian DNA di Hanoi, hari Selasa (8/3).

Sepasang bayi kembar yang lahir dari pasangan Vietnam asal Provinsi Hoa Binh, yang namanya belum diumumkan, baru-baru ini menjalani pengujian DNA karena penampilan masing-masing bayi sangat berbeda, menurut laporan media lokal pekan lalu.

“Pusat laboratorium Analisis Genetik dan Teknologi kami melakukan pengujian dan menemukan sepasang bayi kembar dengan ayah yang berbeda,” ujar Le Dinh Luong, presiden Asosiasi Genetik Vietnam, kepada AFP.

“Ini sangat langka, bukan hanya bagi Vietnam tetapi bagi dunia juga,” katanya, menjelaskan bahwa kedua anak itu memiliki ayah yang berbeda tetapi ibunya sama.

Le Dinh Luong mengatakan ada sekitar 10 pasang kembar dengan ayah yang berbeda di seluruh dunia, termasuk satu di Polandia, satu di Spanyol, dua di Amerika Serikat dan dua di India. Dia mengatakan fenomena tersebut memiliki penjelasan ilmiah.

Hal tersebut dapat terjadi jika dua telur dari ibu yang sama dibuahi oleh sperma dari dua pria yang berbeda selama hubungan seksual terpisah terjadi dalam periode pembuahan yang sama.

Menurut surat kabar pemerintah Tuoi Tre, suami sang ibu meminta pengujian genetik di laboratorium Hanoi untuk menentukan apakah dia adalah ayah biologis dari bayi kembar istrinya tersebut.

Kerabat sang suami -berusia 34 tahun- memaksanya untuk melakukan pengujian karena salah satu bayi memiliki wajah yang sangat berbeda darinya dan anak lain, ungkap laporan itu.

Hasil pengujian mengindikasikan bahwa pria itu memiliki hubungan dengan salah satu dari bayi kembar tersebut. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home