Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 12:04 WIB | Jumat, 20 November 2015

VW Prancis Mulai Tarik Kendaraan Awal 2016

Raksasa Jerman Volkswagen terseret krisis terbesar dalam sejarahnya setelah mengungkapkan bahwa 11 juta mobil diesel mereka dipasangi perangkat lunak yang dirancang untuk memanipulasi uji emisi. (Foto: mashable.com)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Volkswagen (VW) memberi tahu kliennya di Prancis pada hari Kamis (19/11) bahwa awal tahun depan pihaknya akan mulai menarik kendaraan untuk melepaskan perangkat perekayasa emisi yang membuat produsen mobil itu dihantam skandal global.

Pihak perusahaan mengatakan dalam sebuah surat kepada klien di Prancis bahwa VW “memutuskan untuk mengambil tindakan pascapenjualan terhadap mesin diesel EA189 guna melakukan perbaikan perangkat lunak” pada mobil yang dipasangi perangkat tersebut.

Sebelumnya VW memperkirakan bahwa sekitar satu juta mobil di Prancis dipasangi perangkat lunak yang mematikan kontrol polusi ketika kendaraan sedang tidak menjalani uji emisi.

VW menduga sekitar 11 juta mobil bermesin diesel di seluruh dunia dipasangi perangkat lunak itu, yang membuat mobil mereka mengeluarkan emisi jauh di atas batas normal.

Ancaman denda puluhan miliar, penyelesaian secara hukum dan biaya perbaikan mengurangi sekitar 40 persen kapitalisasi pasar VW.

VW Prancis mengatakan mereka menghubungi “secara langsung” klien yang mobilnya dipasangi perangkat tersebut. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home