Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 11:13 WIB | Selasa, 10 November 2015

Fitch Turunkan Peringkat Kredit VW Akibat Skandal Emisi

Logo pada produk otomotif Volkswagen. (Foto: coldf.deviantart.com)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Badan pemeringkat Fitch pada Senin (09/11) menurunkan peringkat kredit Volkswagen hingga dua poin akibat skandal manipulasi polusi yang menunjukkan lemahnya tata kelola perusahaan raksasa Jerman tersebut.

“Penurunan peringkat menjadi ‘BBB+’ mencerminkan tata kelola perusahaan, manajemen dan masalah organisasi disorot oleh krisis uji emisi yang tengah berlangsung,” kata Fitch dalam sebuah pernyataan.

“Kami yakin bahwa munculnya penipuan besar ini yang tidak diketahui atau dikoreksi oleh manajemen atas untuk waktu yang lama tidak konsisten dengan kategori peringkat ‘A’,” tambahnya.

Badan tersebut juga menempatkan prospek negatif terhadap VW karena perubahan yang dilakukan terhadap manajemennya sejak skandal terungkap “bersifat terbatas dan tidak mencerminkan kebulatan tekad perusahaan untuk merombak tata kelola serta budaya perusahaannya.”

Fitch menilai pengungkapan yang terjadi pekan lalu bahwa manipulasi perusahaan tidak hanya terbatas pada emisi nitrogen oksida tapi juga emisi karbon dioksida menimbulkan “kemungkinan masih adanya masalah-masalah lain yang belum terungkap.” (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home