Loading...
INDONESIA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 19:23 WIB | Jumat, 03 Juni 2016

Wakil Gubernur DI Yogyakarta Gelar Open House

Bersama istrinya KGBRAy. Paku Alam X, Wakil Gubernur DI Yogyakarta yang baru dilantik KGPAA Paku Alam X menerima ucapan selamat dari masyarakat luas dalam acara open house di Bangsal Wiyatapraja Komplek Kepatihan Yogyakarta, Jumat (3/6). (Foto-foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Daerah DI Yogyakarta, hari Jumat (3/6) menyelenggarakan acara open house Wakil Gubernur DI Yogyakarta di Bangsal Wiyatapraja Komplek Kepatihan Yogyakarta.

Open house digelar setelah sebelumnya pada hari Rabu (25/5) KGPAA Sri Paduka Paku Alam X dilantik sebagai Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara Jakarta

Acara yang berlangsung mulai pukul 09.00 - 11.00 dihadiri berbagai elemen masyarakat maupun pihak Keraton Yogyakarta. Tidak kurang GBPH. Yudaningrat dan GBPH. Prabukusumo bersama elemen masyarakat dan pejabat pemda DIY menghadiri acara open house serta memberikan ucapan selamat.

KGPAA Paku Alam X diangkat menjadi Adipati Pura Pakualaman pada Jumenengan 7 Januari 2016 lalu, melayani tamu yang hadir dalam perbincangan santai. Pria pengoleksi lebih dari 3.000 mur-baut berbagai jenis dan ukuran dari hobi perbengkelan yang digeluti sejak duduk di bangku SMAN 1 Yogyakarta, saat ditemui satuharapan.com di sela-sela acara open house, mengatakan akan tetap meneruskan hobi tersebut.

"Iya. (Kegemaran) itu tetap akan saya lanjutkan di sela-sela kesibukan baru saya. Itu gampang saja kok, tinggal ditata dan dirapikan," kata Paku Alam X. Kegemaran yang unik tersebut berdampak pada masih terjaganya engsel dan kunci-kunci di Pura Pakualaman seperti sedia kala yang hingga saat ini masih berfungsi seperti aslinya.

Saat PA VIII masih hidup melihat keahlian cucunya yang unik tersebut, PA VIII sering mengutus cucunya untuk men-service sendiri kerusakan engsel pintu/jendela ataupun kunci-kunci kuno di Pura Pakualaman. Kegemaran tersebut berlanjut hingga ayandanya menjadi diangkat menjadi Paku Alam IX.

Aruh kadang temu kadang

Selain ucapan selamat mangayubagya, banyak harapan dari masyarakat yang hadir agar kedepannya KGPAA Paku Alam X dapat mengemban amanat sebagai Wakil Gubernur DIY dengan lancar mendampingi Gubernur DIY untuk mewujudkan kesejahteraan di wilayah Yogyakarta.

Sunarto dari Panti Wredha Mulya yang ikut hadir dalam open house yang jauh-jauh datang dari Senowo Sinduadi, Mlati-Sleman mengatakan bahwa kehadirannya untuk menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya suwargi Paku Aalam IX yang belum sempat disampaikan langsung kepada keluarga Pura Pakualaman,.

Selain itu Sunarto juga menyampaikan ucapan mangayubagya dari keluarga Wredha Mulya atas Jumenengan KGPAA Paku Alam X beberapa saat lalu, serta pelantikan KGPAA Paku Alam X sebagai Wakil Gubernur DI Yogyakarta, semoga kedepannya mampu menjaga dan menjalankan amanah tersebut.

Istri Wakil Gubernur DI Yogyakarta KGBRAy Paku Alam X berbincang dengan Sunarto (memakai peci) dari Wredha Mulya saat open house Wakil Gubernur DI Yogyakarta.

"Ini sebagai upaya dari kami (Wredha Mulya) untuk aruh kadang, temu kadang (menyapa dan bertemu saudara). Sebagai ungkapan terima kasih dari warga Wredha Mulya dimana Ibu Kanjeng Gusti (KGBRAy Paku Alam X) duduk sebagai salah satu pembinanya yang telah turut mengayomi kami selama ini," kata Sunarto.

Setelah menyampaikan ucapan selamat, Sunarto diterima dan berbincang dengan KGBRAy Paku Alam X yang  berencana mengundang Panti Wredha Mulya dan paguyuban-paguyuban sejenis di Yogyakarta untuk syawalan bersama di Pura Pakualaman sebagai upaya ngumpulke balung pisah (mengumpulkan saudara yang terpisah).

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home