Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 19:50 WIB | Kamis, 30 Maret 2017

Wamenkeu Berharap Pemda DKI Ubah Pola Penyerapan APBD

Wamenkeu Mardiasmo (Foto: Kemenkeu)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wamenkeu Mardiasmo berharap pemerintah  provinsi DKI Jakarta dapat mengelola Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) secara maksimal demi kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat DKI Jakarta.

Mardiasmo menyampaikan hal itu saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017 yang diselenggarakan di Balai Agung, Balaikota Provinsi DKI Jakarta (27/03).

“Harapan kita, dalam Musrenbang ini mohon kalau bisa betul-betul bagaimana seluruh lapisan rakyat DKI menikmati kue 70 T,” ungkapnya.

Menurut Wamenkeu, pola penyerapan APBD masih relatif sama setiap tahun. Simpanan dana APBD di perbankan terus meningkat sampai pertengahan tahun dan turun signifikan menjelang akhir tahun.

Besarnya dana idle pemerintah daerah menghambat akselerasi pembangunan ekonomi, peningkatan kualitas layanan dan pengentasan kemiskinan serta kesenjangan.

“Pemda ini bukan profit motif, bukan suatu korporasi. Pemda itu adalah suatu pemerintahan yang harus diberikan kepada pelayanan publik. Jangan dimasukkan ke bank. Jangan diternakkan di bank. Justru diberikan kepada rakyat untuk dieksekusi. Oleh karena itu, beberapa daerah DAU-nya terpaksa kita berikan non-tunai,”  jelasnya. (kemenkeu.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home