Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 06:40 WIB | Kamis, 30 April 2015

Wapres: Pemerintahan yang Baik Melakukan Inovasi Anggaran

Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) menyalami Presiden Joko Widodo (kanan) saat menghadiri Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2015 di Jakarta, Rabu (29/4). (Foto: Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berpendapat pemerintah yang baik bukan hanya melakukan tugas rutin merumuskan anggaran tapi juga melakukan inovasi.

"Beberapa tahun terakhir anggaran untuk masyarakat menjadi lebih kecil dari pada pemerintah sendiri itu harus jadi koreksi kita semua,” kata Wapres saat menutup Musyawarah Perencanaan dan Pembangungan Nasional (Musrenbangnas) 2015 di Jakarta, Rabu (29/4).

JK mengingatkan pusat dan daerah harus cepat mencairkan anggaran sehingga menumbuhkan dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Pemerintah pusat maupun daerah harus percepat pencairan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) dan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah). Kita berharap dengan anggaran yang besarannya lebih dari Rp800 triliun dapat menggerakkan ekonomi di daerah," kata Wapres.

Lebih lanjut Wapres menjelaskan, ada dua hal yang harus dilakukan untuk menstabilkan ekonomi masyarakat yaitu dengan pertanian dan infrastruktur yang baik. Infrastruktur, menurut JK, bukan hanya jalan tapi juga membangun sesuai kebutuhan misalnya untuk petani dibangun irigasi.

Kalau anggaran rutin pemerintah lebih besar artinya kita melayani diri sendiri tapi jika lebih besar untuk pembangunan masyarakat, baru pemerintah kita menjadi sehat.

Sepanjang anggaran pembangunan masih jauh dari anggaran rutin, maka kita tidak akan, sehat dalam pembangunan," ujar Wapres. (Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home