Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 16:06 WIB | Rabu, 18 Januari 2023

Warga AS Peringati Perjuangan Hak-hak Sipil Pdt. Martin Luther King Jr

Sekelompok besar orang berkumpul untuk menyaksikan upacara peletakan karangan bunga di Martin Luther King Jr. Memorial pada Hari Martin Luther King Jr. di Washington, hari Senin, 16 Januari 2023. (Foto: AP/Andrew Harnik)

ATLANTA, SATUHARAPAN.COM – Warga Amerika menghormati pendeta Martin Luther King Jr. (MLK) dengan hari libur federal selama hampir empat decade, namun masih belum sepenuhnya merangkul dan mengambil pelajaran dari pemimpin hak-hak sipil yang terbunuh, kata putri bungsunya, hari Senin (16/1).

Pendeta Bernice King, yang memimpin The King Center di Atlanta, mengatakan para pemimpin, terutama politisi, terlalu sering meremehkan warisan ayahnya menjadi "Raja yang nyaman dan nyaman" dengan menawarkan kata-kata hampa.

“Kami senang mengutip King di dalam dan sekitar liburan. ... Tetapi kemudian kami menolak untuk hidup sebagai King selama 365 hari dalam setahun, ”katanya pada kebaktian peringatan di Gereja Baptis Ebenezer, tempat ayahnya pernah berkhotbah.

Ibadah tersebut, yang diselenggarakan oleh pusat dan diadakan di Ebenezer setiap tahun, menjadi tajuk utama perayaan hari raya King federal ke-38. King, ditembak mati di Memphis pada tahun 1968 ketika dia menganjurkan gaji yang lebih baik dan kondisi kerja bagi pekerja sanitasi kota, dan dia merayakan ulang tahunnya yang ke-94 pada hari Minggu (15/1).

Suaranya naik dan turun dalam irama yang mirip dengan ayahnya, Bernice King mengeluhkan rasisme institusional dan individu, ketidaksetaraan ekonomi dan perawatan kesehatan, kekerasan polisi, tatanan militer internasional, struktur imigrasi garis keras, dan krisis iklim.

Dia berkata bahwa dia "lelah, jengkel, dan, sejujurnya, kecewa" mendengar kata-kata ayahnya tentang keadilan dikutip begitu banyak di samping "sangat sedikit kemajuan" dalam mengatasi masalah masyarakat yang paling parah.

“Dia adalah “nabi” Tuhan yang diutus ke bangsa ini dan bahkan dunia untuk membimbing kita dan memperingatkan kita sebelumnya. … Kata kenabian membutuhkan ketidaknyamanan karena menantang kita untuk mengubah hati, pikiran, dan perilaku kita,” kata Bernice King. “Dr. King, raja yang tidak menyenangkan, menuntut kami untuk mengubah cara kami.”

Pernyataan Joe Biden tentang MLK

Presiden Joe Biden membahas MLK yang diselenggarakan di Washington oleh Jaringan Aksi Nasional Pendeta Al Sharpton. Sharpton memulai kariernya sebagai penyelenggara hak-hak sipil di masa remajanya sebagai direktur pemuda dari proyek anti kemiskinan di King's Southern Christian Leadership Conference.

"Ini adalah waktu untuk memilih," kata Biden, mengulangi tema dari pidato yang dia sampaikan hari Minggu (15/1) di Ebenezer atas undangan Senator Raphael Warnock, pendeta senior di Ebenezer yang baru-baru ini memenangkan pemilihan ulang untuk masa jabatan penuh sebagai orang kulit hitam pertama di Georgia sebagtai senator Amerika Serikat.

“Apakah kita akan memilih demokrasi daripada otokrasi, atau komunitas daripada kekacauan? Cinta melebihi kebencian?” tanya Biden pada hari Senin (16/1). “Ini adalah pertanyaan-pertanyaan di zaman kita yang saya mencalonkan diri sebagai presiden untuk mencoba membantu menjawabnya. ... Kehidupan dan warisan Dr. King - dalam pandangan saya - menunjukkan jalan ke depan.

Di tempat lain di Washington, Martin Luther King III menghadiri upacara peletakan karangan bunga di peringatan nasional ayahnya. Dan Wakil Presiden, Kamala Harris, perempuan dan orang kulit berwarna pertama yang menjabat, berbicara kepada para sukarelawan di proyek layanan sehari di Universitas George Washington.

Ribuan menghadiri pawai peringatan di San Antonio. Di Los Angeles, Parade Hari King kembali digelar setelah jeda pandemi selama dua tahun.

Peringatan lainnya menggemakan pengingat Bernice King dan sindiran Biden bahwa "Komunitas Tercinta"—penjelasan Martin Luther King untuk dunia di mana semua orang bebas dari rasa takut, diskriminasi, kelaparan, dan kekerasan—tetap sulit dipahami.

Iman Yang Memandu Tindakan King

Di Boston, Walikota Michelle Wu berbicara tentang memajukan kebenaran di era hiper-keberpihakan dan informasi yang salah.

“Kita melawan bukan hanya dua sisi atau kiri atau kanan dan gradien di antara yang entah bagaimana harus berkompromi, tetapi gerakan kebencian, pelecehan, ekstremisme, dan supremasi kulit putih yang berkembang yang dipicu oleh informasi yang salah, didorong oleh teori konspirasi yang mengambil alih akar di setiap tingkatan,” katanya.

Wu, perempuan dan orang kulit berwarna pertama yang terpilih sebagai wali kota Boston, mengatakan pendidikan memulihkan kepercayaan. Mengutip King, dia menyerukan untuk mengatasi "kelelahan karena putus asa" untuk melakukan perubahan. “Kadang-kadang di saat-saat ketika kita merasa paling lelah, paling putus asa, kita baru saja akan menerobos,” kata Wu kepada hadirin pada peringatan itu.

Relawan di Philadelphia mengadakan proyek layanan yang berfokus pada pencegahan kekerasan senjata. Kota ini mengalami lonjakan pembunuhan yang menyebabkan 516 orang terbunuh tahun lalu dan 562 tahun sebelumnya, jumlah tertinggi dalam setidaknya enam dekade.

Beberapa peserta dalam proyek tanda tangan, yang dipimpin oleh Children's Hospital of Philadelphia, bekerja untuk merakit perlengkapan keamanan senjata untuk distribusi publik. Kit tersebut termasuk "kunci kabel senjata dan perangkat keamanan tambahan untuk pengaman anak," menurut penyelenggara. Mereka juga memasukkan informasi tentang penyimpanan senjata api, informasi layanan kesehatan dan sosial, dan penanggulangan setelah kekerasan senjata.

Di Selma, Alabama, sebuah situs penting dalam gerakan hak-hak sipil, penduduk memperingati King saat mereka pulih dari sistem badai mematikan yang bergerak melintasi Selatan minggu lalu.

King tidak hadir di Jembatan Edmund Pettus Selma untuk pawai awal yang dikenal sebagai "Minggu Berdarah", ketika pasukan negara bagian Alabama menyerang dan memukuli para pengunjuk rasa pada Maret 1965. Tetapi dia bergabung dengan prosesi berikutnya yang berhasil melintasi jembatan menuju Capitol di Montgomery, menandai upaya yang mendorong Kongres untuk meloloskan dan Presiden Lyndon Johnson untuk menandatangani Undang-undang Hak Suara tahun 1965. Jembatan Pettus tidak rusak oleh badai pada hari Kamis.

Pembicara di Maine mendesak warga pada hari Senin untuk menghormati memori King  dengan bergabung dalam tindakan pelayanan. “Imannya yang tak tergoyahkan, aktivisme tanpa kekerasan yang kuat, dan visinya untuk perdamaian dan keadilan di dunia kita mengubah arah sejarah,” kata Rachel Talbot Ross dalam sebuah pernyataan.

Talbot Ross juga putri anggota parlemen kulit hitam pertama di Maine, dan mantan presiden Portland NAACP. “Kita harus mengikuti teladannya dalam memimpin dengan cahaya dan cinta dan berkomitmen kembali untuk membangun komunitas yang lebih welas asih, adil dan setara,” tambahnya.

Di Ebenezer, Warnock, yang telah memimpin kongregasi selama 17 tahun, memuji peran pendahulunya dalam mengamankan akses pemungutan suara untuk orang kulit hitam Amerika. Tapi, seperti Bernice King, sang senator memperingatkan terhadap pemahaman yang reduktif tentang King.

“Jangan hanya menyebut dia sebagai pemimpin hak-hak sipil. Dia adalah seorang pemimpin agama,” kata Warnock. “Iman adalah fondasi di mana dia melakukan semua yang dia lakukan. Anda tidak menghadapi anjing dan selang air karena Anda membaca Nietzsche atau Niebuhr. Anda harus memanfaatkan hal itu, Tuhan yang dia katakan dia temui lagi di Montgomery ketika seseorang mengancam akan mengebom rumahnya dan membunuh istri dan anak barunya.”

King, kata Warnock, “meninggalkan kenyamanan yang menjadikan seluruh dunia parokinya,” mengubah iman menjadi “senjata cinta dan anti kekerasan yang kreatif.”

Sambil menggemakan seruan Bernice King untuk kebijakan publik yang lebih berani, Warnock mencatat beberapa kemajuan dalam hidupnya. Seperti yang dia lakukan melalui dua kampanye Senat, Warnock mencatat dia lahir setahun setelah pembunuhan King, ketika kedua senator Georgia adalah segregasionis yang gigih, termasuk satu Warnock yang digambarkan mencintai "orang Negro" selama dia "di tempatnya di belakang pintu."

Tapi, Warnock berkata, "Karena apa yang dilakukan Dr. King dan karena apa yang Anda lakukan ... saya sekarang duduk di kursinya." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home