Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 03:40 WIB | Jumat, 06 Januari 2023

Warga Gereja Koptik Mesir Rayakan Natal 7 Januari, Tanggal 8 Jadi Hari Libur

Pohon Natal besar di distrik Shubra, Kairo, Mesir pada bulan Desember. (Foto: Zeinab El-Gundy/Al Ahram)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM - Menteri Tenaga Kerja Mesir, Hassan Shehata, mengumumkan pada hari Rabu bahwa hari Minggu 8 Januari 2022 akan menjadi hari libur untuk sektor swasta dalam rangka Natal Gereja Ortodoks Koptik yang jatuh pada hari Sabtu, 7 Januari.

Orang Mesir warga Gereja Ortodoks Koptik, yang mencapai 90 persen dari populasi Kristen di negara itu, merayakan Natal pada tanggal 7 Januari menurut Kalender Julian. Denominasi Kristen Mesir yang lebih kecil, seperti Gereja Katolik dan Injili, merayakan Natal pada tanggal 25 Desember, menurut Kalender Gregorian.

Dalam pernyataannya, menteri menyampaikan ucapan selamat Natal kepada umat Kristen Mesir. Sementara itu, Perdana Menteri Mesir, Mostafa Madbouly, telah mengumumkan pada hari Minggu (1/1) bahwa tanggal 8 Januari akan menjadi hari libur bagi pekerja sektor publik.

Natal, sebagaimana dirayakan oleh warga gereja Koptik, telah menjadi hari libur umum di Mesir sejak tahun 2003.

Sementara itu, direktorat keamanan kementerian dalam negeri Mesir juga telah mengerahkan bala bantuan di sekitar jalan yang mengarah ke gereja. Selain itu, gerbang elektronik telah dipasang di pintu masuk gereja untuk memudahkan pemeriksaan.

Direktorat keamanan akan bertugas menempatkan personel keamanan di sekitar alun-alun, institusi vital, dan tujuan wisata di seluruh negeri.

Langkah-langkah keamanan sehari-hari, termasuk patroli, pos pemeriksaan, dan layanan lalu lintas lainnya, akan tersedia selama perayaan untuk mengatasi keadaan darurat.

Menyusul Revolusi 30 Juni 2013, beberapa serangan teroris menargetkan gereja, personel polisi dan tentara, serta warga sipil, terutama selama hari raya keagamaan tahunan. (Al Ahram)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home