Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:45 WIB | Sabtu, 25 Mei 2024

Warga Iran di Luar Negeri Rayakan Kematian Presiden Akibat Kecelakaan Helokopter

Dari London hingga Los Angeles, banyak warga Iran di luar negeri bersorak setelah kematian presiden, namun ada yang takut akan penindasan yang lebih berat.
Rombongan kendaraan melaju sambil mengibarkan bendera Singa dan Matahari di sepanjang Westwood Boulevard, di lingkungan yang disebut “Tehrangeles” di distrik Westwood Los Angeles, Senin, 20 Mei 2024. Bendera Singa dan Matahari adalah bendera resmi Iran untuk berabad-abad hingga revolusi 1979. Bendera Persia kuno terus digunakan oleh diaspora Iran, kaum monarki, dan kelompok oposisi sebagai simbol warisan pra-Islam Iran dan perlawanan terhadap Republik Islam. (Foto: AP/Damian Dovarganes)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Di antara komunitas Iran mulai dari London hingga Los Angeles, hanya sedikit air mata yang tertumpah atas kematian Presiden Iran, Ebrahim Raisi, yang tewas dalam kecelakaan helikopter akhir pekan lalu.

Namun tidak selalu ada sorak-sorai yang nyaring. Meskipun di dalam Iran sendiri juga terlihat ada yang menyalakan kembang api untuk menunjukkan kegembiraan itu.

Meski ada yang berharap jatuhnya tokoh berpengaruh dalam pemerintahan Islam otoriter Iran bisa membawa perubahan, ada pula yang khawatir hal itu bisa mengakibatkan lebih banyak penindasan.

“Dunia ini lebih baik tanpa dia,” kata Maryam Namazie, aktivis hak-hak perempuan yang berbasis di Inggris. “Dia adalah salah satu pilar rezim Islam Iran. Dia telah berada di sana sejak awal berdirinya.”

Namun, dia menambahkan: “Raisi, betapapun besarnya dia sebagai pilar, tetap bisa disingkirkan. Masih banyak orang lain yang akan menggantikannya.”

Di Iran, pihak berwenang menutup rapat reaksi terhadap kecelakaan yang menewaskan Raisi, Menteri Luar Negeri, Hossein Amirabdollahian, dan enam orang lainnya. Pemerintah mengumumkan lima hari berkabung, mendorong masyarakat turun ke jalan untuk menunjukkan kesedihan dan dukungan publik.

Jaksa juga telah memperingatkan warga Iran agar tidak melakukan perayaan publik apa pun, dan kehadiran pasukan keamanan dalam jumlah besar telah terjadi di jalan-jalan Teheran.

Di luar Iran, beberapa ekspatriat merasa cukup berani untuk menari di jalanan. Nazenin Ansari, editor Kayhan London, sebuah situs berita untuk warga Iran di luar negeri yang kritis terhadap teokrasi negara tersebut, mengatakan bahwa dalam beberapa jam setelah berita kematian Raisi, warga Iran berkumpul di kota-kota di seluruh Eropa dan sekitarnya untuk merayakannya.

Diaspora Iran berjumlah besar, termasuk mereka yang melarikan diri segera setelah Revolusi Islam tahun 1979 dan gelombang-gelombang berikutnya yang meninggalkan Iran karena penindasan yang berkelanjutan atau kesulitan ekonomi. Lebih dari setengah juta warga Iran tinggal di AS – banyak di antara mereka di California – dan terdapat komunitas besar di kota-kota Eropa, termasuk London, Paris, dan Stockholm.

Para pembangkang telah berbagi video di media sosial yang menunjukkan puluhan warga Iran menari dan bersorak di jalan-jalan Toronto dan Cologne, Jerman, kata Ansari.

“Saya memahami kemarahan mereka, saya memahami mengapa mereka merayakannya,” katanya. “Bagi saya, saya berharap orang ini tetap hidup sehingga dia bisa dibawa ke pengadilan internasional, untuk menatap mata para korbannya dan membalasnya. Saya minta maaf dia tidak bisa berdiri di pengadilan dan bertanggung jawab atas tindakannya.”

Raisi, 63 tahun, dicerca oleh para penentangnya dan mendapat sanksi dari Amerika Serikat karena perannya dalam eksekusi massal tahanan politik pada akhir perang panjang Iran dengan Irak pada tahun 1980-an.

Banyak juga yang menganggap Raisi bertanggung jawab atas kematian Mahsa Amini, yang meninggal dalam tahanan polisi pada September 2022 setelah ditahan karena diduga melanggar undang-undang wajib jilbab di Iran.

Kematian Amini memicu protes massal terhadap pemerintahan teokrasi yang berkuasa di negara tersebut, dan tindakan keras keamanan yang mengakibatkan lebih dari 500 orang terbunuh dan lebih dari 22.000 orang ditahan. Sebuah misi pencarian fakta PBB menemukan bahwa pihak berwenang Iran bertanggung jawab atas “kekerasan fisik” yang menyebabkan kematian Amini.

“Setiap anggota rezim ini yang mundur adalah kemenangan bagi kami,” kata Guilda Torabi, juru bicara asosiasi Homa, sebuah kelompok pendukung Iran di Prancis. “Ini adalah sebuah langkah maju, sebuah kemenangan kecil bagi rakyat Iran. Ini adalah salah satu langkah untuk menaklukkan rezim tersebut. Kami semakin dekat dengan tujuan tersebut, yang memberi kami harapan.”

Raisi yang juga disebut sebagai “jagal dari Teheran” telah lama dianggap sebagai calon penerus pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei yang berusia 85 tahun, yang kekuasaannya berada di tangannya, dan kematiannya dapat mempersulit proses tersebut.

Namun, ketidakstabilan jangka pendek tampaknya tidak mungkin terjadi. Wakil Presiden Pertama, Mohammad Mokhber, telah ditunjuk sebagai presiden sementara, dan pemilihan presiden akan diadakan pada tanggal 28 Juni.

Bahkan ribuan mil dari Iran, beberapa ekspatriat tidak mau mengendurkan sikap diam mereka. Kritikus Iran terhadap pemerintah telah diserang di luar negeri – termasuk Pouria Zeraati, seorang penyiar berita di saluran TV berbahasa Farsi Iran International, yang ditikam di dekat rumahnya di London pada bulan Maret.

Saluran tersebut telah dibenci selama bertahun-tahun oleh pemerintah Iran, juga dialami oleh lembaga penyiaran berbahasa asing Farsi lainnya dan jurnalisnya. Televisi di Iran sepenuhnya dikendalikan oleh negara dan dijalankan oleh kelompok garis keras, sering kali menayangkan pengakuan paksa dari para tahanan.

Di wilayah Los Angeles yang dijuluki “Tehrangeles” – yang merupakan rumah bagi kafe-kafe Persia, kedai es krim, toko kelontong, dan toko permadani – sepasang suami istri yang makan di toko roti Pink Orchid mengatakan bahwa meskipun mereka bersorak atas kematian presiden, mereka tidak optimis hal itu akan membawa perubahan besar.

“Semua orang tahu akan ada kejadian buruk yang akan terjadi,” kata sang istri, yang besar di Iran dan kemudian meninggalkan negaranya saat berusia 21 tahun.

Pasangan itu menolak menyebutkan nama mereka karena takut akan pembalasan terhadap keluarga dan teman-teman mereka yang masih berada di Iran, serta kekhawatiran akan keselamatan mereka sendiri.

Poone, yang hanya memberikan nama depannya karena takut akan pembalasan terhadap keluarganya di Iran, mengatakan kematian Raisi memberikan keadilan. Dia mengatakan mendiang presiden “memiliki banyak darah di tangannya.” Sementara yang lain melihat alasan untuk berharap.

Ketika berita tentang kecelakaan itu beredar di Iran pada hari Minggu (19/5) malam, nyanyian anti pemerintah terdengar di beberapa daerah di Teheran. Namazie mengatakan banyak orang Iran berbagi lelucon kelam dan meme di media sosial.

Aliasghar Ramezanpoor, direktur berita eksekutif di Iran International, mengatakan banyak warga Iran yang menghubungi stasiun tersebut untuk mengungkapkan kebahagiaan atas kematian Raisi.

Ramezanpoor mengatakan pihak berwenang Republik Islam kemungkinan akan terguncang oleh kesadaran bahwa banyak warga Iran yang melihat kematian presiden sebagai alasan untuk merayakannya.

“Orang-orang membicarakan kecelakaan itu sebagai semacam harapan,” katanya. “Semua orang melihat betapa kekalahan seorang presiden (menyebabkan) perayaan nasional – hal ini mengirimkan pesan yang kuat kepada semua orang di pemerintahan.”

Namazie mengatakan ketidakstabilan politik mungkin akan menyebabkan lebih banyak kebrutalan ketika pemerintah berusaha menekan perbedaan pendapat. Meski begitu, “pertikaian apa pun akan membuka ruang bagi masyarakat untuk mampu memukul mundur rezim dan melemahkannya.”

“Ini membuka ruang untuk protes,” katanya. “Itulah yang kita perlukan – dari bawah, bukan pergantian rezim apa pun dari atas, bukan intervensi asing. Masyarakat sendiri akan mampu menantang rezim ini dan mengakhirinya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home