Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:07 WIB | Jumat, 24 Mei 2024

Estonia: Rusia Mengobarkan Perang Bayangan terhadap Barat, Perlu Tanggapan Kolektif

Perdana Menteri Estonia, Kaja Kallas, menyaksikan saat dia berbicara pada KTT NATO, di Vilnius pada 11 Juli 2023. (Foto: dok. Ist)

ESTONIA, SATUHARAPAN.COM-Berdiri di jalan terbuka di bagian belakang helikopter Chinook Inggris, Perdana Menteri Estonia, Kaja Kallas, terbang pulang dari latihan militer tahunan Spring Storm, dan senang melihat sekutu NATO bekerja sama. Namun dia kemudian mengatakan bahwa jenis peperangan lain ada dalam pikirannya.

Negaranya, yang berbatasan dengan Rusia, mengalami peningkatan sabotase, peperangan elektronik, dan mata-mata – semuanya menyalahkan Moskow.

Ketika perang di Ukraina menguntungkan Rusia, pertahanan diperkuat di negara-negara garis depan seperti Estonia, Latvia, dan Lituania, serta di Finlandia dan Polandia.

Kallas mengatakan Rusia sedang melakukan “perang bayangan” melawan Barat.

Presiden Lithuania, Gitanas Nauseda, mendesak kewaspadaan, dan mengatakan pada hari Selasa (21/5) bahwa ia mendapat informasi bahwa “tindakan sabotase dapat terjadi lagi.”

Perdana Menteri Polandia, Donald Tusk, mengatakan setidaknya sembilan orang baru-baru ini ditangkap karena dicurigai melakukan pemukulan dan pembakaran, yang diduga dilakukan oleh dinas rahasia Rusia, dan menggambarkan mereka sebagai warga negara Ukraina, Belarusia, dan Polandia, beberapa “dari dunia kriminal.”

Tidak semua orang melihat serangan-serangan itu saling berhubungan, kata Kallas, meskipun ada pernyataan NATO bulan ini bahwa Moskow sedang mengintensifkan kampanyenya melawan aliansi dari negara-negara Baltik hingga Inggris. Rusia menampik tuduhan itu.

Karena banyak agen intelijen Rusia yang sudah terkena sanksi, para pejabat dan pakar Barat mengatakan Kremlin mengubah taktik, mempekerjakan orang lain untuk operasi campuran – strategi non militer termasuk serangan siber, campur tangan pemilu dan disinformasi, serta serangan terhadap musuh Presiden Vladimir Putin.

Dengan adanya pemilu yang penting di negara-negara Barat, para pejabat mengatakan mereka yakin tempo kegiatan semacam itu akan semakin meningkat, dan beberapa pihak menginginkan tindakan balasan yang lebih keras.

Kallas mencontohkan peringatan badan intelijen kepada sebuah negara Eropa bahwa salah satu gudangnya menjadi sasaran intelijen militer Rusia.

Ketika kebakaran terjadi di gudang dua pekan kemudian, para pejabat di negara tersebut menyatakan bahwa “kami tidak tahu bahwa itu adalah pihak Rusia,” katanya. Kallas tidak menyebutkan negaranya.

Barat harus melakukan “diskusi serius mengenai pendekatan terkoordinasi,” katanya. “Seberapa jauh kita membiarkan mereka masuk ke wilayah kita?”

Estonia telah menanggapi tantangan untuk menemukan agen pengaruh Rusia dengan “sangat serius” sejak memperoleh kembali kemerdekaan dari Uni Soviet pada tahun 1991, membangun kembali layanan keamanannya dari awal, Duta Besar AS, George Kent, mengatakan kepada AP.

Tahun ini di Estonia, seorang profesor universitas ditangkap atas tuduhan menjadi mata-mata Moskow, 13 orang ditangkap atas serangan yang diduga diorganisir oleh intelijen militer Rusia yang beroperasi di bawah perlindungan diplomatik, dan penerbangan antara Finlandia dan kota Tartu terganggu oleh gangguan sinya GPS Rusia.

Pada bulan Oktober, pipa gas Laut Baltik dan kabel telekomunikasi rusak setelah sebuah kapal China menyeret jangkarnya sejauh lebih dari 115 mil (185 kilometer) dalam sebuah insiden yang masih dalam penyelidikan. Kapal itu kemudian terlihat di pelabuhan Rusia.

Inggris mengusir atase pertahanan Rusia pada bulan Mei setelah dua pria Inggris dituduh bekerja sama dengan badan intelijen Rusia untuk membakar sebuah gudang di London. Pada bulan April, dua warga negara Jerman-Rusia ditangkap dan dituduh mencoba menyerang situs militer di Jerman selatan.

“Apa yang ingin saya lihat adalah pengakuan bahwa ini bukan peristiwa yang terjadi sendirian,” kata Kallas. “Kedua, kami saling berbagi informasi mengenai hal ini. Ketiga, publikasikan semampu kami.”

Estonia memiliki reputasi melakukan aktivitas spionase secara agresif dan mempublikasikannya, serta secara konsisten menangkap lebih banyak agen Rusia per kapita di negara berpenduduk 1,3 juta jiwa tersebut dibandingkan negara-negara Eropa lainnya.

“Sangat tidak masuk akal” bahwa terdapat begitu banyak agen di Estonia yang membuat mereka lebih mudah ditangkap, kata Kusti Salm, sekretaris tetap Kementerian Pertahanan Estonia, dalam sebuah wawancara dengan AP, yang menyiratkan bahwa negara-negara lain dapat bekerja lebih keras untuk menangkapnya.

Mantan Presiden Estonia, Toomas Hendrik Ilves, yang menjabat pada tahun 2006-2016, mengatakan kepada AP bahwa beberapa negara tidak mengambil tindakan karena mereka berharap dapat berbisnis lagi dengan Rusia.

“Masyarakat takut akan tindakan tegas, dan tidak adanya tindakan tegas pada dasarnya menggoda pihak-pihak jahat untuk terus memaksakan diri,” tambah Ilves, yang pernah menangani serangan siber besar yang dituduh dilakukan oleh Rusia pada tahun 2007.

Para pejabat Rusia, katanya, “akan memaksakan keberuntungan mereka sampai sesuatu yang buruk terjadi, namun mereka tidak mau menanggung konsekuensinya. Kami akan melakukan."

Hal ini dapat menyebabkan kematian dan cedera yang tidak diinginkan, kata para pejabat dan pakar keamanan Estonia, mengutip tren Rusia yang mengalihkan serangan ke penduduk setempat, yang terkadang direkrut dengan biaya yang relatif murah di platform video game dan media sosial. Hal ini membuat lebih sulit untuk mengidentifikasi hubungan antara serangan-serangan tersebut atau melacaknya hingga ke Rusia.

Jurnalis investigasi Bulgaria, Christo Grozev, yang mengungkap informasi intelijen Rusia dalam upaya meracuni mantan mata-mata Sergei Skripal pada tahun 2018 di Inggris dan mendiang pemimpin oposisi Alexei Navalny pada tahun 2020, adalah korban dari outsourcing tersebut.

Seorang mantan perwira intelijen Austria ditangkap pada bulan Maret karena memberikan alamat Grozev kepada intelijen Rusia, yang diduga menyewa pencuri untuk masuk ke apartemen jurnalis tersebut pada tahun 2022 untuk mencuri laptop yang terkait dengan penyelidikan Navalny.

Grozev harus pindah dari Wina tahun lalu setelah pihak berwenang mengatakan mereka tidak dapat menjamin keamanannya.

Grozev mengatakan putranya berada di kamarnya bermain game komputer ketika pembobolan terjadi pada tahun 2022, dan menambahkan: “Bayangkan jika dia keluar.”

Dia dan jurnalis lainnya menemukan hubungan antara serangan terhadap tokoh oposisi Rusia di Argentina tahun lalu dan sel kejahatan terorganisir Polandia.

Ketika informasi tersebut disampaikan kepada pihak berwenang Polandia, mereka menemukan hubungan antara serangan di Argentina dan serangan terhadap tokoh oposisi Rusia, Leonid Volkov, di Lituania pada bulan Maret. Dinas keamanan Lituania mengatakan serangan itu mungkin diorganisir oleh Rusia.

Grozev mengatakan negara-negara perlu menegakkan pembagian intelijen antara dinas keamanan mereka sendiri, polisi, dan jaksa serta menciptakan “satuan tugas kerja internasional yang proaktif” untuk memerangi operasi pengaruh asing.

Meskipun Rusia telah disalahkan atas serangan-serangan di Eropa selama beberapa dekade, para pejabat dan pakar keamanan Estonia mengindikasikan tidak ada mekanisme kolektif untuk menangani serangan-serangan tersebut, dan menyarankan agar Uni Eropa berbuat lebih banyak.

Kallas mengatakan Rusia “selalu menggunakan mata-mata dengan menyamar sebagai diplomat”, dan para pejabat senior Estonia mendukung inisiatif Ceko yang membatasi visa bagi utusan Rusia ke negara tempat mereka ditempatkan.

Hal ini akan mempersulit mereka untuk melakukan perjalanan di UE, karena tanda pengenal tidak diperlukan di perbatasan. Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan suatu negara mengusir mata-matanya, dan kemudian melihat mereka kembali ke negara lain dan terus bekerja di bawah perlindungan diplomatik.

Estonia juga mendorong sanksi terpisah di dalam UE untuk melawan ancaman hibrida. Meskipun banyak agen intelijen Rusia sudah terkena sanksi, hal ini dapat menghalangi beberapa “perantara” – tokoh kejahatan terorganisir lokal, pemuda yang kecewa dan calon mata-mata serta kolaborator – untuk bekerja untuk Moskow, kata Jonatan Vseviov, sekretaris jenderal Kementerian Luar Negeri Estonia.

Meskipun beberapa negara merasa paparan tersebut dapat menyebabkan ketidakstabilan dan mengikis kepercayaan, Grozev menyebutnya sebagai tindakan pencegahan yang penting.

Agen intelijen Rusia yang menjalankan operasi di luar negeri “sangat menolak” insiden yang membuat mereka disebutkan namanya dan dipermalukan, kata Grozev. Orang-orang seperti itu dapat ditolak promosinya, dan perwakilan mereka akan menyadari bahwa mereka tidak dapat dijamin mendapatkan kekebalan, katanya.

Ancaman sanksi dan berkurangnya kesempatan untuk bepergian dan belajar ke luar negeri juga dapat membantu mencegah generasi muda Rusia untuk bergabung dengan dinas keamanan.

Rusia berupaya “menabur ketakutan” dan mematahkan dukungan Barat terhadap Kiev, kata Kallas.

Vseviov mengatakan Putin ingin menggunakan segala cara yang ada, termasuk serangan rahasia, untuk “merusak persatuan kita, meruntuhkan kebijakan kita dan menghancurkan kolektif Barat, seperti yang kita ketahui, sebagai sebuah badan yang berfungsi.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home