Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 12:37 WIB | Minggu, 21 April 2024

Warga Israel Merayakan Paskah di Tengah Keprihatinan Sandera dan Perang

Kursi disiapkan untuk anggota keluarga Bibas yang hilang dan disandera di Gaza pada meja Seder Paskah pada hari Kamis, 11 April 2024, di ruang makan bersama di Kibbutz Nir Oz di Israel selatan, di mana seperempat dari seluruh penduduknya terbunuh atau ditangkap oleh Hamas pada 7 Oktober 2023. (Foto: AP/Maya Alleruzzo)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Setiap tahun, ibu Alon Gat memimpin perayaan Paskah keluarga, pembebasan bangsa Israel kuno dari Mesir ribuan tahun lalu. Namun tahun ini, Gat kesulitan menemukan cara untuk merayakan hari kemerdekaan setelah ibunya dibunuh dan anggota keluarga lainnya diculik ketika Hamas menyerang Israel.

Adik Gat, Carmel, dan istrinya, Yarden Roman-Gat, disandera dalam serangan 7 Oktober. Istrinya dibebaskan pada bulan November namun saudara perempuannya masih ditawan. “Kami tidak bisa merayakan kebebasan kami karena kami tidak memiliki kebebasan ini. Saudara-saudari kami, ibu dan ayah kami masih ditahan dan kami harus membebaskan mereka,” kata Gat.

Pada hari Senin orang-orang Yahudi di seluruh dunia akan mulai merayakan hari raya Paskah selama sepekan, menceritakan kisah alkitabiah tentang eksodus mereka dari Mesir setelah ratusan tahun perbudakan. Namun bagi banyak orang Israel, sulit membayangkan perayaan kebebasan ketika teman dan keluarga tidak ada waktu merasakan kebebasan.

Serangan Hamas menewaskan sekitar 1.200 orang, sementara sekitar 250 lainnya disandera. Sekitar setengah dari mereka dibebaskan dalam gencatan senjata selama seminggu pada bulan November, sementara sisanya masih berada di Gaza, lebih dari 30 orang diyakini tewas.

Bagi banyak orang Yahudi, Paskah adalah waktu untuk berkumpul kembali dengan keluarga dan menceritakan eksodus dari Mesir dalam jamuan makan yang dikenal sebagai Seder. Orang-orang Yahudi yang taat menghindari biji-bijian, yang dikenal sebagai chametz, sebuah pengingat akan roti tidak beragi yang dimakan orang Israel ketika mereka meninggalkan Mesir dengan cepat tanpa ada waktu untuk adonan mengembang.

Namun tahun ini banyak keluarga yang bingung tentang bagaimana – atau bahkan apakah – akan merayakannya.

Ketika Hamas menyerang Kibbutz Be’eri, Gat, istrinya, putrinya yang berusia tiga tahun, orang tua dan saudara perempuannya bersembunyi selama berjam-jam di ruang aman mereka yang tahan roket. Namun para pejuang memasuki rumah dan membunuh atau menculik semua orang di dalamnya, kecuali ayahnya yang bersembunyi di kamar mandi. Ibunya diseret ke jalan dan ditembak.

Gat, dengan tangan dan kaki terikat, dimasukkan ke dalam mobil bersama istri dan putrinya. Saat berhenti sebentar, mereka berhasil melarikan diri. Mengetahui dia bisa berlari lebih cepat, Roman-Gat menyerahkan putri mereka kepadanya. Gat melarikan diri bersamanya, bersembunyi di selokan selama hampir sembilan jam. Istrinya ditangkap kembali dan ditahan di Gaza selama 54 hari.

Paskah tahun ini akan lebih bermakna karena kebebasan mempunyai arti baru, kata Roman-Gat kepada The Associated Press.

“Merasakan angin menerpa wajahmu dengan mata tertutup. Untuk mandi. Pergi ke toilet tanpa izin, dan dengan privasi total dan hak istimewa selama yang saya mau tanpa ada yang mendesak saya, menunggu saya di sisi lain untuk memastikan saya masih milik mereka,” katanya dalam sebuah pesan teks.

Namun, Paskah akan dibayangi oleh kesedihan dan kekhawatiran yang mendalam terhadap saudara iparnya dan para sandera lainnya, katanya. Keluarga akan menandai liburan dengan makan malam sederhana di restoran, tanpa perayaan.

Betapapun sulitnya di masa-masa sulit, orang-orang Yahudi selalu berusaha merayakan hari libur selama penganiayaan, seperti di kamp konsentrasi selama Holocaust, kata Rabbi Martin Lockshin, profesor emeritus di Universitas York Kanada, yang tinggal di Yerusalem.

“Mereka tidak bisa merayakan kebebasan tetapi mereka bisa merayakan harapan akan kebebasan,” katanya.

Krisis ini berdampak lebih dari sekadar keluarga sandera. Perang tersebut, yang menewaskan 260 tentara, membayangi liburan yang biasanya menyenangkan. Pemerintah juga mengurangi perayaan Hari Kemerdekaan di bulan Mei karena suasana hati dan ketakutan akan protes masyarakat.

Demikian pula, bulan suci Ramadhan, yang diakhiri dengan hari raya Idul Fitri selama tiga hari, merupakan peristiwa yang menyedihkan dan tidak penting bagi warga Palestina. Lebih dari 80% dari 2,3 juta penduduk Gaza telah mengungsi akibat pertempuran tersebut, dan pejabat kesehatan Hamas mengatakan hampir 34.000 orang telah tewas dalam serangan Israel.

Pemandangan penderitaan, kehancuran dan kelaparan di Gaza hanya mendapat sedikit perhatian di Israel, dimana sebagian besar masyarakat dan media nasional masih fokus pada dampak serangan 7 Oktober dan perang yang sedang berlangsung.

Setelah beberapa bulan mengalami perselisihan, negosiasi mengenai kesepakatan untuk membebaskan sandera yang tersisa tampaknya terhenti – sehingga kecil kemungkinan mereka akan pulang pada hari Paskah.

Kepedihan yang dialami para sandera telah bergema di seluruh dunia, dengan beberapa orang di diaspora Yahudi meminta para rabi untuk mendoakan secara khusus bagi para sandera dan Israel pada Seder tahun ini. Yang lain telah menciptakan Haggadah baru, buku yang dibaca pada masa Seder, untuk mencerminkan kenyataan saat ini.

Noam Zion, penulis Haggadah baru, telah menyumbangkan 6.000 eksemplar kepada keluarga yang terkena dampak perang.

“Seder seharusnya membantu kita menghidupkan kembali perbudakan dan pembebasan Mesir di masa lalu dan mengambil pelajaran darinya, namun pada tahun 2024 ia juga harus mengajukan pertanyaan-pertanyaan kontemporer tentang masa kini yang membingungkan dan traumatis dan yang paling penting, menghasilkan harapan untuk masa depan,” kata Zion, anggota emeritus fakultas studi Yahudi di Institut Hartman di Yerusalem.

Haggadah yang direvisi mencakup kutipan dari keluarga sandera untuk tidak membenci meskipun mereka kesakitan. Buku ini menawarkan panduan untuk mengatasi perasaan campur aduk selama liburan, sambil mengajukan pertanyaan eksistensial tentang Yahudi dan negara Israel. Beberapa keluarga mengatakan merayakannya terlalu menyakitkan.

Pacar putra Nirit Lavie Alon diculik dari festival musik Nova. Dua bulan kemudian keluarga tersebut diberitahu oleh militer Israel bahwa Inbar Haiman, seorang seniman grafiti berusia 27 tahun, telah meninggal, tubuhnya masih di Gaza.

“Tidak mungkin merayakan hari raya kebebasan,” kata Alon. Alih-alih bersama keluarga tahun ini, dia akan menghabiskan beberapa hari di padang pasir. Tidak akan ada penutupan sampai semua sandera kembali, termasuk jenazah mereka yang terbunuh, katanya.

Menjelang Paskah, beberapa keluarga masih berharap kerabat mereka akan dibebaskan tepat waktu.

Putri Shlomi Berger yang berusia 19 tahun, Agam, diculik dua hari setelah dimulainya dinas militer di sepanjang perbatasan dengan Gaza.

Video wajahnya yang berlumuran darah muncul tak lama setelah serangan Hamas, salah satunya menunjukkan seorang pria bersenjata mendorongnya ke dalam truk, dan video lainnya menunjukkan dia berada di dalam kendaraan bersama sandera lainnya. Satu-satunya bukti kehidupan yang dia miliki sejak itu adalah telepon dari seorang sandera yang dibebaskan, yang mengucapkan selamat ulang tahun dari Agam, yang bersamanya di terowongan, katanya.

Meski begitu, dia menolak putus asa.

“Cerita Paskah mengatakan kita berasal dari budak menuju orang bebas, jadi ini adalah cerita paralel,” kata Berger. “Ini adalah satu-satunya hal yang saya yakini akan terjadi. Bahwa Agam akan keluar dari kegelapan menuju terang. Dia dan semua sandera lainnya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home