Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 23:10 WIB | Senin, 01 Juli 2013

Warga Jakarta Bersepeda Upaya Kurangi Polusi Udara

Warga Jakarta Bersepeda Upaya Kurangi Polusi Udara
Jalur sepeda dan jalur pejalan kaki dibuat di sepanjang jalan menuju Monas sampai dengan Jalan Jenderal Sudirman untuk mengatur lajur arus warga Jakarta yang berolah raga, Minggu (30/6) (Foto-foto : Dedy Istanto).
Warga Jakarta Bersepeda Upaya Kurangi Polusi Udara
Warga Jakarta yang bersepeda di sepanjang jalur sepeda yang telah disiapkan.
Warga Jakarta Bersepeda Upaya Kurangi Polusi Udara
Salah satu penggowes sepeda dari komunitas Bike To Work yang menjaga pos di setiap simpang jalan guna mengatur jalur untul lajur sepeda.
Warga Jakarta Bersepeda Upaya Kurangi Polusi Udara
Orang tua yang mengajak anaknya bersepeda menikmati suasana Jakarta pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor.
Warga Jakarta Bersepeda Upaya Kurangi Polusi Udara
Salah satu warga asing yang menggunakan sepeda tua (onthel) juga ikut serta dalam kegiatan HBKB.
Warga Jakarta Bersepeda Upaya Kurangi Polusi Udara
Suasana bundaran Tugu Selamat Datang yang dimanfaatkan warga untuk beristirahat saat selesai berolah raga.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Berbagai aktivitas dalam suasana Hari Bebas Berkendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) pada Minggu pagi (30/6) seakan menjadi daya tarik berbagai kalangan masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Mulai dari jalur Jalan Jenderal Sudirman sampai dengan Monumen Nasional (Monas) yang ditutup mulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan 11.00 WIB setiap minggunya dipenuhi oleh warga yang ingin berolah raga maupun sekedar menikmati suasana Jakarta. Mulai dari sepeda, bola, bulu tangkis, sepatu roda, lari dan berbagai aktivitas lainnya berkumpul secara bersama.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta sendiri mulai digelar pada 2002 oleh Koalisi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak dibidang lingkungan maupun transportasi sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan Pemeritah. Hal ini juga yang mendorong pada pencanangan peringatan World Car Free Day yang jatuh setiap tanggal 22 September diberbagai negara memperingatinya.  

Kini pencanangan tersebut disambut baik oleh Pemerintah dengan menggelar HBKB pada setiap minggunya (sebelumnya hanya dua kali dalam satu bulan). Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan Pemerintah Indonesia dalam upaya mengurangi polusi udara yang terjadi. Hal ini tidak hanya dilaksanakan di Jakarta, namun diberbagai daerah juga ikut serta untuk mencanangkan dengan kebijakan Pemerintah Daerahnya masing-masing, seperti di Surakarta, Bandung, Surabaya dan daerah lainnya.

Meski Jakarta tingkat polusi udara tahun 2011 mengalami peningkatan secara dratis menurut catatan bisa mencapai 30-40 persen, walaupun pada 2010 menurun pada partikel debu 70 persen, kemudian hydro karbon 90 persen yang semuanya dari kendaraan bermotor tetapi tidak bagi sulfur dioksida yang mayoritas dari industri. Adanya kegiatan Car Free Day ini diharapkan angka tingkat polusi udara di Jakarta berkurang setiap tahunnya, meski hanya beberapa jam CFD digelar setiap minggunya.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home