Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 13:32 WIB | Senin, 27 Mei 2024

Warga Kota di Thailand Dibuat Marah Oleh Perampokan Monyet

Otoritas setempat berencana meluncurkan upaya untuk mengurung dan mengusir mereka.
Monyet-monyet memanjat gedung di Provinsi Lopburi, Thailand, hari Jumat (24/5). Populasi monyet di sana meningkat cepat dan menjadi masalah bagi warga. (Foto: AP/Sakchai Lalit)

LOPBURI-THAILAND, SATUHARAPAN.COM-Sebuah kota di Thailand, yang dipenuhi populasi monyet liar yang terus bertambah, melancarkan serangan terhadap para perampok kera pada hari Jumat (24/5), dengan menggunakan tipu daya dan buah tropis yang matang.

Beberapa kasus konflik monyet dan manusia yang terkenal baru-baru ini meyakinkan pihak berwenang di Lopburi di Thailand tengah bahwa mereka harus mengurangi jumlah hewan tersebut.

Jika semuanya berjalan baik, sebagian besar akan berakhir di balik jeruji besi, sebelum memulai hidup baru di tempat lain.

Tahap pertama dari rencana tersebut, yang dilembagakan pada hari Jumat, adalah memberi umpan pada kandang dengan makanan favorit hewan tersebut, kemudian menunggu rasa lapar untuk mengatasi kewaspadaan alami mereka.

Para penangkap di salah satu jalan berhasil meraih kesuksesan, di mana tiga ekor kera tertipu dan akhirnya terjebak karena mereka menyukai rasa buah rambutan. Kandang-kandang tersebut telah ditempatkan di jalan pada awal pekan ini sehingga monyet-monyet tersebut terbiasa dan menganggapnya tidak terlalu mengancam.

Diperkirakan ada sekitar 2.500 monyet berkeliaran di kota. Penangkapan trio malang tersebut dan sekitar 30 yang lainnya -- yang terjebak di bagian lain kota -- sedikit mengurangi jumlah tersebut.

Upaya tersebut akan berlangsung selama lima hari pada bulan ini, dan kemungkinan besar akan terulang kembali. Beberapa monyet akan dibiarkan bebas untuk menjaga citra Lopburi sebagai kota monyet Thailand.

Tapi tidak ada yang memperkirakan bahwa hal itu akan mudah.

“Dengan kecerdasan monyet, jika ada yang masuk ke dalam kandang dan tertangkap, monyet lain di luar tidak akan masuk kandang untuk mengambil makanan karena mereka sudah mengetahui apa yang terjadi pada temannya,” kata Patarapol Maneeorn dari Departemen Thailand. Taman Nasional, Satwa Liar dan Konservasi Tumbuhan.

Monyet-monyet yang berkeliaran telah lama menjadi simbol kota, 140 kilometer (90 mil) utara Bangkok, dan merupakan daya tarik wisata utama. Namun, mereka menjadi semakin agresif, dengan beberapa video yang memperlihatkan mereka mengambil makanan dari warga dan menyebabkan cedera yang dibagikan secara luas secara online.

Salah satu toko suku cadang mobil sekarang berdagang dari balik jarring kawat. Pemiliknya mendirikannya pada saat pandemi virus corona, namun menjauhkan primata berjari ringan juga menjadi perhatian utama. Mereka bilang mereka sudah beradaptasi dengan masalah monyet, tapi tidak semua orang bisa beradaptasi.

“Saat banyak monyet di sekitar, pelanggan takut membeli barang di toko. Hanya pelanggan tetap kami yang tidak takut,” kata Supaporn Tantiwong.

Walikota kota tersebut, Chamroen Salacheep, sependapat bahwa monyet-monyet tersebut, selain mendatangkan pengunjung, juga berdampak buruk bagi perdagangan, dengan toko-toko dan mal mengalami penurunan pendapatan dan bahkan rumah-rumah penduduk rusak. Lopburi, katanya, hampir menjadi “kota terbengkalai.”

“Setelah operasi kami selesai,” kata Chamroen, “Saya akan melakukan pembersihan besar-besaran di seluruh kota dan mengecat semua bangunan untuk mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat.”

Ini mungkin tampak seperti masa yang suram bagi monyet di Lopburi, namun ada rencana untuk memberi mereka awal yang baru.

Pada hari Jumat pihak berwenang mulai membius mereka untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum membersihkan dan mensterilkan mereka dan menato mereka dengan tato sehingga mereka dapat diidentifikasi untuk menyimpan catatan yang akurat.

Setelah itu, mereka akan memindahkan hewan-hewan tersebut ke sejumlah kandang besar, tepat di luar pusat kota, sambil mencari rumah permanen. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home