Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 20:31 WIB | Minggu, 21 Februari 2016

Warga Lembongan dan Ceningan Tolak Reklamasi Teluk Benoa

Warga Lembongan dan Ceningan Tolak Reklamasi Teluk Benoa
Warga dan ratusan pemuda peselancar menggelar aksi damai menolak reklamasi Teluk Benoa pada hari Minggu (21/2) dengan melakukan longmarch sambil membawa spanduk dan poster sebagai bagian dari bentuk protes. Aksi yang digelar dari Desa Nusa Lembongan dan Desa Nusa Ceningan merupakan bentuk solidaritas dari desa lainnya yang sama menolak reklamasi di kawasan tersebut karena akan memberikan dampak buruk bagi lingkunga. (Foto-foto: Dok. Desa Lembongan dan Desa Nusa Ceningan).
Warga Lembongan dan Ceningan Tolak Reklamasi Teluk Benoa
Warga dan pemuda saat melakukan aksi damai dengan melakukan longmarch sepanjang dua kilometer sambil membawa atribut spanduk dan poster penolakan reklamasi Teluk Benoa, Bali.
Warga Lembongan dan Ceningan Tolak Reklamasi Teluk Benoa
Ratusan pemuda peselancar saat menggelar aksi di pinggir pantai sambil membawa atribut spanduk bertuliskan penolakan terhadap rencana reklamasi Teluk Benoa di Bali.
Warga Lembongan dan Ceningan Tolak Reklamasi Teluk Benoa
Aksi solidaritas dari Desa Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan menolak rencana reklamasi Teluk Benoa yang digelar pada hari ini dengan membawa atribut spanduk bertuliskan penolakan.

BALI, SATUHARAPAN.COM – Gerakan menolak reklamasi Teluk Benoa Bali terus digulirkan. Satu persatu wilayah Bali mulai berani menunjukkan sikap dan kepeduliannya terhadap Teluk Benoa, salah satunya elemen warga Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, Klungkung, Bali yang pada hari Minggu (21/2) menggelar aksi penolakan.

“Meski kami masih jauh dari Teluk Benoa, tetapi kami menyakini bahwa reklamasi akan berdampak pada pulau kami,” kata Komang Muliawan wakil warga Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan melalui rilis yang diterima satuharapan.com.

Menurut Komang sepanjang pesisir barat pulau Ceningan serta sisi selatan dan utara pulau Lembongan sudah mengalami pengikisan atau abrasi yang cukup parah akibat reklamasi di Serangan.

“Kami ini hidup di pulau kecil, pulau kami berhadapan dengan samudera Hindia, jika reklamasi dilakukan berdasarkan riset para ahli akan berdampak juga kepada pulau kami,” kata dia.

Nusa Penida yang terdiri dari tiga pulau di antaranya Nusa Gede, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan menurut Komang bisa dikatakan seratus persen kehidupannya berasal dari laut, baik dari kekayaannya maupun wisata baharinya.

“Laut mestinya kita jaga, jangan dirusak dengan melakukan reklamasi seperti yang dilakukan di Teluk Benoa,” ujar dia.

Aksi damai penolakan reklamasi Teluk Benoa diikuti oleh warga dan ratusan pemuda peselancar dari dua desa dengan melakukan longmarch sejauh dua kilometer dari Catus Pata, Desa Lembongan sampai jembatan Kuningan sambil spanduk dan poster bertuliskan penolakan.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home