Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:21 WIB | Senin, 13 Mei 2024

Warga Rafah Melarikan Diri dalam Kepanikan Setelah Israel Kuasai Wilayah Perbatasan

Warga Rafah Melarikan Diri dalam Kepanikan Setelah Israel Kuasai Wilayah Perbatasan
Pengungsi Palestina tiba di Gaza tengah setelah melarikan diri dari kota Rafah di Gaza selatan di Deir al Balah, Jalur Gaza, pada hari Rabu, 8 Mei 2024. (Foto: AP/Abdel Kareem Hana)
Warga Rafah Melarikan Diri dalam Kepanikan Setelah Israel Kuasai Wilayah Perbatasan
Asap mengepul menyusul serangan udara Israel terhadap gedung-gedung di dekat tembok pemisah antara Mesir dan Rafah, Jalur Gaza selatan, hari Senin, 6 Mei 2024. (Foto: AP/Ramez Habboub)

RAFAH-JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Puluhan ribu warga Palestina yang terlantar dan kelelahan telah mengemas tenda mereka dan barang-barang lainnya dari Rafah, menyeret banyak keluarga untuk melakukan eksodus baru.

Rumah sakit utama telah ditutup, sehingga hanya menyisakan sedikit perawatan bagi orang-orang yang menderita kekurangan gizi, penyakit, dan luka.

Dan dengan terputusnya bahan bakar dan pasokan lainnya, para pekerja bantuan berjuang untuk membantu masyarakat yang putus asa setelah tujuh bulan perang.

Kota paling selatan Gaza yang padat penduduk ini dilanda kepanikan dan kekacauan akibat perebutan perbatasan Israel dengan Mesir dan kemungkinan invasi besar-besaran ke Rafah.

Keluarga-keluarga yang berkali-kali terpaksa mengungsi akibat perang tidak yakin ke mana harus pergi: ke kota Khan Younis yang setengah hancur, ke kota yang lebih jauh ke utara, atau ke “zona kemanusiaan” yang diumumkan Israel di Gaza yang sudah penuh dengan orang-orang yang kekurangan air atau persediaan?

Selama tiga hari terakhir, arus orang yang berjalan kaki atau menggunakan kendaraan telah memacetkan jalan keluar dari Rafah karena proses evakuasi yang membingungkan, barang-barang mereka menumpuk tinggi di dalam mobil, truk, dan gerobak keledai. Sementara itu, pemboman Israel terus meningkat dan menimbulkan asap.

“Perang telah menimpa kita bahkan di sekolah-sekolah. Tidak ada tempat yang aman sama sekali,” kata Nuzhat Jarjer. Keluarganya berkumpul pada hari Rabu (8/5) untuk meninggalkan sekolah PBB yang berubah menjadi tempat penampungan di Rafah yang dengan cepat mengosongkan ratusan orang yang telah tinggal di sana selama berbulan-bulan.

Rafah memiliki 250.000 penduduk sebelum perang. Populasinya membengkak menjadi sekitar 1,4 juta orang karena orang-orang dari seluruh Gaza melarikan diri ke sana. Hampir setiap ruang kosong ditutupi dengan tenda kemah, dan keluarga-keluarga berdesakan di sekolah atau rumah bersama kerabat. Seperti penduduk Gaza lainnya, mereka sangat bergantung pada kelompok bantuan untuk mendapatkan makanan dan kebutuhan pokok lainnya.

Israel pada hari Senin (6/5) mengeluarkan perintah evakuasi untuk bagian timur kota, yang menampung sekitar 100.000 orang. Mereka kemudian mengirim tank untuk merebut persimpangan Rafah dengan Mesir, dan menutupnya.

Masih belum pasti apakah Israel akan melancarkan invasi besar-besaran ke Rafah seiring dengan berlanjutnya upaya internasional untuk melakukan gencatan senjata. Israel mengatakan serangan terhadap Rafah sangat penting untuk tujuannya menghancurkan Hamas setelah serangan kelompok militan tersebut pada 7 Oktober di Israel selatan yang menyebabkan 1.200 orang tewas dan 250 orang disandera di Gaza.

Amerika Serikat, yang menentang invasi Rafah, mengatakan Israel tidak memberikan rencana yang kredibel untuk mengevakuasi dan melindungi warga sipil. Perang tersebut telah menewaskan lebih dari 34.800 warga Palestina, menurut pejabat kesehatan Gaza, dan telah memaksa sekitar 80% populasi Gaza yang berjumlah 2,3 juta warga Palestina meninggalkan rumah mereka.

Untuk saat ini, kebingungan telah merajalela. Khawatir akan serangan yang lebih besar, warga Palestina meninggalkan distrik-distrik selain wilayah timur yang diperintahkan untuk mereka tinggalkan. Puluhan ribu orang diperkirakan telah meninggalkan negara itu, menurut seorang pejabat PBB yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya karena lembaga-lembaga tersebut masih berusaha menentukan jumlah pastinya.

Tenda-tenda di beberapa bagian Rafah telah lenyap dan bermunculan lagi di bagian utara sepanjang jalan-jalan utama. Kamp-kamp baru telah memenuhi jalan-jalan, kuburan dan pantai di kota Deir al-Balah di Gaza tengah, 15 kilometer (10 mil) utara, kata Ghada Alhaddad, yang bekerja di sana bersama kelompok bantuan Oxfam.

Yang lain pergi ke Khan Younis, yang sebagian besar hancur akibat serangan darat Israel selama berbulan-bulan.

Suze van Meegen, kepala operasi Dewan Pengungsi Norwegia di Palestina, mengatakan distrik Rafah tempat dia tinggal “terasa seperti kota hantu.”

Militer Israel memerintahkan mereka yang mengungsi untuk pergi ke “zona kemanusiaan” yang dinyatakan di Muwasi, daerah pedesaan terdekat di pantai Mediterania. Menurut PBB, zona tersebut sudah dipenuhi oleh sekitar 450.000 orang. Hanya sedikit fasilitas baru yang tampaknya telah disiapkan, meskipun militer telah mengumumkan bahwa tenda, pusat kesehatan, dan makanan akan tersedia.

Di banyak tempat, tanah ditutupi dengan limbah dan limbah padat, karena hanya ada sedikit fasilitas sanitasi, kata pekerja bantuan. Air bersih kurang dan dehidrasi merupakan masalah utama, dengan suhu beberapa hari sudah mencapai 100 derajat Fahrenheit (38 Celsius).

Kualitas airnya “sangat buruk. Kami menguji sebagian air dan kandungan tinja…sangat tinggi,” kata James Smith, seorang dokter darurat Inggris yang menjadi sukarelawan di Rumah Sakit Umum Eropa di dekat Khan Younis. Penyakit kuning akut merajalela – dan mungkin disebabkan oleh hepatitis, namun tidak ada kemampuan untuk melakukan tes, katanya.

Para pengungsi yang baru tiba kesulitan mendapatkan tenda karena kurangnya jumlah kelompok pemberi bantuan.

Sebelum keluarganya meninggalkan Rafah ke Muwasi, Iyad al-Masry mengatakan dia harus menjual makanan yang diterima dari kelompok bantuan untuk membeli tenda seharga hampir US$400.

Saat mendirikan tenda, keluarga tersebut meratakan tanah sebelum meletakkan buaian untuk menggendong bayi. Al-Masri mengatakan dia telah mencari air dan tidak mampu membeli tiga syikal – kurang dari US$1 – yang dijual para penjual untuk satu galon air minum.

“Kami mau makan… Kami tinggal menunggu ampunan Tuhan,” katanya.

Nick Maynard, seorang ahli bedah dari Bantuan Medis untuk Palestina yang meninggalkan Gaza pada hari Senin (6/5), mengatakan dua gadis remaja yang menderita luka yang dapat diselamatkan meninggal pekan lalu karena komplikasi dari kekurangan gizi.

“Mereka mengalami lingkaran setan malnutrisi, infeksi, luka rusak, lebih banyak infeksi, lebih banyak malnutrisi,” kata Maynard.

Jumlah anak-anak di Rafah yang kehilangan satu atau lebih anggota badan “sangat mengejutkan,” kata Alexandra Saieh dari Save The Children. “Orang-orang ini tidak bisa begitu saja mengambil dan merelokasi.”

Rumah Sakit Youssef al-Najjar utama di Rafah dievakuasi pada hari Selasa (7/6). Smith mengatakan staf dan pasien bergegas keluar meskipun mereka tidak berada di bawah perintah evakuasi karena mereka takut pasukan Israel akan menyerang, seperti yang mereka lakukan terhadap rumah sakit di Gaza utara dan Khan Younis, yang hancur lebur.

Israel mengklaim Hamas menggunakan rumah sakit tersebut untuk tujuan militer, sebuah tuduhan yang dibantah oleh pejabat kesehatan Hamas dan Gaza.

Tembakan tank Israel pada hari Rabu menghantam sekitar 300 meter dari Rumah Sakit Kuwait, salah satu dari sedikit fasilitas yang masih beroperasi, dan melukai beberapa anak, menurut pejabat rumah sakit. Penutupan penyeberangan Rafah dan penyeberangan Kerem Shalom dari Israel telah memutus masuknya makanan, perbekalan, dan bahan bakar untuk truk bantuan dan generator.

Kelompok-kelompok bantuan memperingatkan bahwa mereka hanya mempunyai persediaan bahan bakar beberapa hari sebelum operasi kemanusiaan dan rumah sakit di sekitar Gaza mulai ditutup.

Israel pada Rabu mengatakan pihaknya membuka kembali Kerem Shalom, yang ditutup setelah mortir Hamas menewaskan empat tentara Israel di dekatnya, namun kelompok bantuan mengatakan tidak ada truk yang memasuki sisi Gaza. Truk-truk yang diizinkan masuk dari Israel harus dibongkar dan muatannya dimuat kembali ke truk-truk di Gaza, namun tidak ada pekerja di Gaza yang bisa masuk ke fasilitas tersebut karena terlalu berbahaya, kata PBB.

Pekerja Palestina yang berusaha mencapai perbatasan pada hari Rabu ditembak, dan beberapa lainnya terluka, kata militer Israel. Pihaknya tidak merinci siapa yang melepaskan tembakan namun mengatakan pihaknya sedang menyelidikinya. Hamas juga melakukan serangan di daerah Kerem Shalom pada hari Rabu, dengan mengatakan bahwa mereka menargetkan pasukan di dekatnya.

Program Pangan Dunia (WFP) PBB telah terputus dari gudang makanannya di Gaza dekat penyeberangan Rafah, kata wakil direktur eksekutif Carl Skau. Mereka membeli gudang lain di Deir al-Balah, tapi gudang itu kosong sampai penyeberangan dibuka kembali, katanya.

Van Meegen, dari Dewan Pengungsi Norwegia, mengatakan tanpa pasokan lebih banyak, “bagaimana kita bisa memprioritaskan bantuan kemanusiaan yang kita miliki di sini ketika hampir setiap orang terpaksa bergantung pada bantuan tersebut?” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home