Loading...
DUNIA
Penulis: Kris Hidayat 00:00 WIB | Jumat, 10 Januari 2014

Wartawan Swedia Diculik di Suriah Dibebaskan

Nicals Hammarstrom and Magnus Falkehed. (Foto: Reuter, @falkehed)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM - Dua wartawan Swedia yang diculik di Suriah telah dibebaskan setelah satu bulan setengah diculik, pejabat Swedia dan Palang Merah mengatakan Rabu (8/1). Dua orang tersebut adalah Niclas Hammarstrom dan Magnus Falkehed, yang diculik dalam perjalanan keluar dari Suriah pada November tahun lalu.

Salah satu dari mereka mengatakan kepada surat kabar Swedia ia telah ditembak di kaki selama pelarian upaya gagal. "Saya sangat beruntung tak terjadi pendarahan sampai mati," kata fotografer Niclas Hammarström. 

Pejabat Swedia menolak untuk menceritakan bagaimana mereka dibebaskan . Kementerian Luar Negeri Swedia pada Rabu mengkonfirmasi pembebasan mereka dan mengatakan keduanya dibebaskan atas bantuan diplomat Swedia di Beirut.

Hammarström dan Falkehed diculik oleh penjahat pada 23 November. Dia mengatakan mereka mencoba melarikan diri beberapa hari kemudian, namun penculik mereka mengetahui tentang rencana mereka . Hammarström mengatakan ia ditembak di kaki kiri selama usaha melarikan diri, sementara Falkehed tidak terluka.

"Kemudian mereka menyiksa kami, memukuli kami dengan berbagai senjata," kata Hammarström.

Dia mengatakan para penculik membawakan dokter untuk merawat lukanya, dan mengeluarkan peluru dari tubuh mereka. Terlepas dari cedera dia berada dalam kondisi fisik yang baik, kata Hammarström .

Dia mengatakan kepada surat kabar itu dia dibebaskan hari Minggu selama "dramatis" situasi tetapi tidak memberikan perincian. Dia mengatakan Falkehed dibebaskan pada hari Rabu (8/1).

Komite Palang Merah Internasional menegaskan hal itu, dan mereka telah membantu transportasi salah satu wartawan pada hari Rabu dari kota perbatasan Suriah-Lebanon ke Beirut, di mana ia diserahkan kepada pejabat Kedutaan Besar Swedia, kata Samar el Kadi, seorang pejabat ICRC di Beirut.

El Kadi mengatakan ICRC tidak terlibat dalam negosiasi untuk pembebasan mereka.

Di Swedia, polisi mengatakan mereka telah bekerja sama dengan pihak berwenang lainnya untuk membebaskan wartawan, tapi tanpa memberikan informasi lebih lanjut .

"Kami bersyukur bahwa mereka aman," kata juru bicara kepolisian nasional Swedia, Jessica Krasser Fremnell.

Kelompok advokasi pers mengatakan Suriah telah menjadi negara paling berbahaya di dunia bagi wartawan selama dua tahun terakhir, dan penculikan jurnalis menjadi ancaman besar.

"Bantuan besar bahwa dua wartawan Swedia berhasil keluar dari Suriah. Tapi sayangnya masih ada orang lain yang masih berharap agar dapat keluar (dari penculikan)," kata Menteri Luar Negeri Swedia Carl Bildt di Twitter.

Kelompok-kelompok jihad yang diyakini bertanggung jawab atas sebagian besar penculikan sejak musim panas dengan berbagai motif. Kebanyakan penculikan sejak musim panas terjadi di wilayah yang dikuasai pemberontak, terutama di utara dan timur Suriah, di mana militan kelompok yang berafiliasi dengan Al Qaeda memegang pengaruh yang kuat. (ap.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home