Loading...
MEDIA
Penulis: Melki Pangaribuan 07:04 WIB | Kamis, 31 Desember 2015

Wartawan Yordania: Jangan Sebar Kebencian pada Umat Lain

Ilustrasi. (Foto: AP)

SATUHARAPAN.COM – Seorang wartawan Yordania mengutuk fatwa yang beredar di seluruh dunia Muslim yang melarang umat Islam mengucapkan selamat Natal kepada orang-orang Kristen. Ia mengatakan bahwa itu merupakan tindakan ekstremisme yang pada akhirnya mengarah ke terorisme.

Hal itu dikatakan wartawan dan sekaligus pendidik, Zuleikha Abu Risha dalam sebuah artikel untuk harian Yordania Al-Ghad yang diterjemahkan oleh Memri, sebagaimana dikutip breitbart.com, hari Minggu (27/12).

Zuleikha Abu Risha mengutuk ulama Muslim yang menyebarkan kebencian kepada umat lainnya. Dia mengatakan bahwa kedekatan ulang tahun nabi Islam, Muhammad (pada tanggal 24 Desember tahun 2015 ini) dan Yesus pada tanggal 25 Desember merupakan panggilan untuk perayaan bersama dalam semangat kedua agama “dalam rantai sejarah ... saling kasih sayang, keharmonisan, dan keramahtamahan."

Abu Risha mencatat bahwa ketika Islam masuk daerah Levant, meliputi sepanjang sisi aliran Sungai Yordan dan pegunungan Lebanon, semua penduduknya beragama Kristen dan bahkan Alquran mendukung saling kasih sayang antara Kristen dan Muslim. Menurut dia, itu sangat kontras dengan orang-orang Yahudi, yang adalah musuh cinta tersebut, sebagai negara ayat Quran:

"Anda akan menemukan bahwa musuh-musuh terburuk kaum Muslim  adalah orang-orang Yahudi dan penyembah berhala. Dan Anda akan menemukan bahwa orang-orang terdekat dalam persahabatan dengan orang-orang percaya orang yang mengatakan, 'Kami adalah Kristen.’ Hal ini karena mereka memiliki imam dan biarawan di antara mereka, dan mereka tidak sombong."

Abu Risha menyesalkan fakta bahwa saat ini ulama Muslim fanatik, "seperti wabah dari kedalaman ketidaktahuan, keterbelakangan, dan 'Islam' dibuat di pabrik-pabrik kebencian dan keburukan," menuduh Muslim lainnya murtad karena menyapa orang-orang Kristen pada saat Natal. Mereka "mengajarkan diskriminasi dan rasisme" dan "sentimen keagamaan langsung terhadap kebencian dan penolakan dari yang lain, pemberantasan keberadaannya, dan penghapusan hak asasi manusianya."

Dia menulis bahwa para khatib atau pengkhotbah mempromosikan agenda yang bahkan setan sendiri tidak bisa menyihir, dan akhirnya "ekstremisme, penyimpangan, dan radikalisme berubah menjadi terorisme" seperti terjadi di Suriah dan bagian lain dari dunia Arab.

Abu Risha mengakhiri artikelnya dengan memberikan nasihat untuk pembaca Al-Ghad, berikut ini:

"Pembaca yang budiman, kebencian kepada orang Kristen dan (menampilkan) kebencian terhadap mereka di salah satu tanah air adalah langkah pertama menuju terorisme yang kebanyakan dari kita mengaku menentang. Mari kita merayakan dengan saudara-saudara kita di tanah air, dan dengan (semua) kemanusiaan, liburan kita bersama - liburan cinta dan perdamaian - (jika hanya akan ada) kedamaian dan cinta untuk kita semua. Ini adalah untuk ini bahwa kita berharap."

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home