Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:04 WIB | Rabu, 02 Juni 2021

WHO Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Sinovac

Sebuah foto menunjukkan Dr. Gustavo Romero, dari University Hospital of Brasilia's Nucleus of Tropical Medicine, memberikan kepada pers vaksin eksperimental Sinovac Biotech China untuk virus corona baru sebelum diberikan kepada sukarelawan. (Foto: dok. AP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan daftar penggunaan darurat untuk vaksin COVID-19 yang dibuat oleh Sinovac pada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas, otorisasi kedua yang diberikan kepada perusahaan China.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (1/6), badan kesehatan PBB itu mengatakan data yang diserahkan kepada para ahli menunjukkan bahwa dua dosis vaksin mencegah orang mendapatkan gejala COVID-19 pada sekitar setengah dari mereka yang mendapat vaksin.

WHO mengatakan ada beberapa orang dewasa yang lebih tua yang terdaftar dalam penelitian ini, sehingga tidak dapat memperkirakan seberapa efektif vaksin itu pada orang di atas usia 60 tahun.

“Namun demikian, WHO tidak merekomendasikan batas usia atas untuk vaksin,” kata badan tersebut, menambahkan bahwa data yang dikumpulkan dari penggunaan Sinovac di negara lain “menunjukkan bahwa vaksin tersebut kemungkinan memiliki efek perlindungan pada orang tua.”

Otorisasi WHO berarti vaksin dapat dibeli oleh donor dan badan PBB lainnya untuk digunakan di negara-negara miskin, termasuk dalam inisiatif yang didukung PBB untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 secara global yang dikenal sebagai COVAX.

Bulan lalu, WHO memberikan lampu hijau untuk vaksin COVID-19 yang dibuat oleh Sinopharm. WHO juga memiliki vaksin berlisensi yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech, Johnson & Johnson, Moderna Inc dan AstraZeneca.

Upaya COVAX telah sangat melambat setelah pemasok terbesarnya di India mengatakan tidak akan dapat menyediakan vaksin lagi sampai akhir tahun. Sampai saat ini, belum ada kesepakatan yang dikonfirmasi untuk vaksin Sinovac dengan COVAX. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home