Loading...
EKONOMI
Penulis: Wiwin Wirwidya Hendra 16:43 WIB | Senin, 08 April 2013

Yen Mencapai Level Terendah

Kurs Yen Jepang melemah terhadap Dolar AS. (dok. strategydesk)

TOKYO, SATU HARAPAN.COM - Mata uang Jepang tengah mencapai level terendahnya. Hari ini, Yen menyentuh 98,85 terhadap dollar AS. Angka ini merupakan level terlemahnya sejak Juni 2009, ketika Indeks Nikkei 225 justru mencapai level tertinggi dalam 4,5 tahun.

"Dengan pelemahan mata uang ke angka 98 yen per dolar, ini artinya 10 yen lebih lemah daripada estimasi perusahaan manufaktur. Jadi, kinerja eksportir akan berada di atas ekspektasi pada musim laporan keuangan ini," ujar senior investment strategist Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co., Norihiro Fujito, di Tokyo, seperti dilansir Kontan.co.id.

“Kecepatan pelemahan mata uang Jepang menjadi sulit dikontrol oleh pemerintah. Ini yang akan menjadi kekhawatiran dalan jangka menengah," lanjutnya.

Penurunan nilai mata uang Yen terhadap Dolar AS ini Senin dikarenakan pelonggaran moneter Bank of Japan (BoJ) sejak pekan lalu, yang terus mempengaruhi pasar.

Dolar sempat berada di 98,35 Yen dalam perdagangan siang hari di Tokyo, Jepang, kemudian naik dari 97,54 Yen di New York pada Jumat sore.

Sementara itu, Yen terhadap Euro juga naik menjadi 127,79 Yen dari 126,70 Yen di perdagangan AS, sementara dibeli pada posisi 1,2994 Dolar. Euro terhadap Yen kemungkinan akan diperdagangkan di kisaran 127,00 hingga 129,00.

Pada Senin (8/4), seperti disebutkan dalam situs Bloomberg, investor kemungkinan akan mengambil isyarat dari pergerakan dolar-yen.

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home