Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:10 WIB | Selasa, 01 Maret 2016

Zat Radioaktif Dicuri, Meksiko Berlakukan Status Siaga

Ilustrasi. peringatan setelah bahan radioaktif dicuri di meksiko pada Minggu (28/2). (Foto: breitbart.com)

MEKSIKO,SATUHARAPAN.COM - Lima negara bagian di Meksiko, Minggu (28/2), dalam status siaga, setelah sebuah truk pengangkut zat radioaktif dicuri, menurut pernyataan Kementerian Dalam Negeri Meksiko.

Badan Koordinasi Perlindungan Sipil Nasional Meksiko, mengeluarkan peringatan setelah sebuah perusahaan di negara bagian Queretaro melaporkan, sebuah truk pengangkut zat radioaktif iridium-192 dicuri.

Kementerian mengatakan, zat tersebut bisa berbahaya bagi warga, jika tidak ditangani secara tepat, dan dapat menyebabkan cedera permanen dan serius terhadap orang yang terkena zat tersebut dalam waktu singkat.

Pihak berwenang mengatakan, zat tersebut berisiko besar mengganggu kesehatan jika dikeluarkan dari dalam wadah penyimpanan.

Zat radioaktif tersebut, merupakan milik perusahaan Industrial Maintenance Center, yang bermarkas di Kota San Juan del Rio.

Selain Queretaro, negara bagian Hidalgo, Guanajuato, San Luis Potosi dan Michoacan juga memberlakukan status siaga.

Iridium-192, dapat menyebabkan luka bakar, sakit akibat radiasi dan cedera permanen jika seseorang terpapar zat tersebut, dan juga dapat menyebabkan kematian jika terpapar selama beberapa jam atau hari. (AFP/Ant)

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home