Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 22:16 WIB | Sabtu, 04 Januari 2014

5 Film Alkitab Akan Dirilis Tahun 2014

Adegan dalam film Son of God. (Foto: dari hollywoodreporter.com)

SATUHARAPAN.COM -  Tahun 2014 akan muncul lima film yang mengambil cerita dari Alkitab. Hal itu akan menambah panjang daftar film-film yang berdasarkan narasi di Alkitab.

Narasi Alkitab selalu menjadi salah satu sumber cerita bagi banyak pekerja film. Isi lkitab seperti campuran berbagai aksi, drama, semacam novel roman, dan juga bagian yang lebih apokaliptik. Bagian-bagian narasi  dalam teks Alkitab adalah bagian dari alasan mengapa Alkitab adalah buku terlaris sepanjang masa.

Industri film Kristen berjuang secara tunas selama beberapa tahun terakhir, membuktikan bahwa orang-orang beriman lapar akan isi Alkitabuntuk yang berbicara kepada jiwa. Namun banyak film agama menghadapi tantangan dalam hal konten spiritual, bahkan mereka sering mengalami kekurangan dalam untuk bintang (aktor dan aktris) dan anggaran.

Namun demikian, tahun 2014 ini, studio besar seperti Sony dan Lionsgate akan mnawarkan beberapa film yang didasarkan pada narasi di Alkitab. Film itu adalah:

Son of God

Film Son of God (Sang Anak Allah) adalah produksi 20th Century Fox yang akan tayang pada Februari 2014.

Pelopor reality TV, Mark Burnett dan istrinya, aktris Roma Downey, mengejutkan dunia tahun lalu ketika mereka  menampilkan seri  Alkitab (Bible) pada History Channel  dan mencetak rekor TV kabel.

Sekarang, kekuatan pasangan Kristen ini telah mengambil cuplikan dari serial itu dan bermitra dengan 20th Century Fox untuk menghasilkan karya "Anak Allah," sebuah film tentang kehidupan Yesus yang tidak diragukan lagi akan menarik bagi warga gereja.

Film Noah

"Noah" atau (Nabi) Nuh adalah produksi Regency  Enterprises)yang akan tayang pada bulan November

Sebuah banjir publisitas telah dibuat sekitar pembuatan film Noah (Nuh) dan memberi kesankan bahwa fil dengan anggaran US$ 130 juta itu akan menarik penonton.

Film ini melibatkan Russell Crowe, Anthony Hopkins, Jennifer Connelly, dan Emma Watson. Darren Aronofsky  yang terlbat dalam film Black Swan membantu ketenaran bagi film ini.

Dari trailer yang disajikan, ada indikasi bahwa film ini ingin menyajikan visual yang menakjubkan, namun dengan kebebasan artistik yang besar dalam menciptakan detail yang tidak harus ditemukan dalam narasi Alkitab.

Noah adalah cerita tentang Nabi Nuh (Kitab Kejadian dalam Alkitab Perjanjian Lama, ketika manusia banyak berbuat dosa dan melawan Allah. Lalu terjadi banjir besar dan hanya Nuh dengan keluarga yang selamat di dalam kapal mereka bersama binatang-binatang yang dibawa.

Namun bagaimana para pekerja film akan menggambarkan film dari narasi yang dahsyat itu, hanya akan terasakan ketika menyaksikannya.

Film Heaven is For Real

Heaven is For Real (Surga adalah untuk Hal Nyata) diproduksi oleh Sony Pictures yang akan ditayangkan pada  April 2014.

Meskipun tidak secara teknis film ini mengambil narasi Alkitab, film Heaven is For Real dari Sony Pictures  ini disebutkan dalam kategori film dari Alkitab, karena karena kemungkinan akan sampai pada tema-tema yang populer di Alkitab, seperti tentang surga, Yesus, dan keselamatan.

Film ini didasarkan pada buku New York Times bestseller dengan judul yang sama. Film ini dibintangi oleh Greg Kinnear, Kelly Reilley, dan Thomas Haden Church.

Film ini tentang kisah pengalaman kehidupan seorang anak kecil tentang hidup setelah kematian. Film dijadwalkan untuk dirilis sebelum Paskah tahun ini.

Film Exodus

Film Exodus (Keluaran) diproduksi oleh 20th Century Fox dan akan ditayangkan Desember 2014.

Twentieth Century Fox telah menyimpan  kerja dengan tutup ketat untuk karya Ridley Scott, Exodus, ini. Yang diketahui adalah bahwa film ini merupakan adaptasi dari cerita Alkitab pembebasan orang-orang Israel kuno dari Mesir, pada zaman Musa.

Christian Bale akan berperan sebagai Musa, dan bintang lainnya adalah Sigourney Weaver. Barangkali akan sedikit membantu untuk melihat  film produksi tahun 1956, "The Ten Commandments" yang dibintangi Charlton Heston.

Apakah film ini bisa mengulang sukses  box office film klasik itu? Atau akan tampil dengan genre yang baru?.

Film Mary, Mother of Christ

Film Mary, Mother of Christ (Maria, Bunda Kristus) adalah produksi Lionsgate Films yang akan tayang pada Desember 2014.

Ini merupakan bagian yang lama ditunggu dari film sebelumnya, "The Passion of The Christ"  yang dijadwalkan dapat ditonton sebelum Natal  yang akan datang, setelah serangkaian panjang penundaan film ini.

Film ini melibatkan  kerja dari almarhum Peter O'Toole, Sir Ben Kinglsey, Julia Ormond, dan pendatang baru dari Israel seorang gadis 16 tahun, Odeya Rush, sebagai ibu Yesus.

Film ini hasil kerja bareng untuk anggaran yang besar  dari Lionsgate dan dukungan dari beberapa tokoh Kristen, termasuk pendeta  Joel Osteen yang mendapat kredit sebagai produser eksekutif. Film ini disebut-sebut berpeluang memasuki  box office.

Produksi film dengan mengambil narasi Alkitab adalah bukti kekuatan yang berkelanjutan dari narasi-narasi kuno ini untuk menangkap hati dan pikiran masyarakat. Dan meskipun hal itu juga mengingatkan kita bahwa Hollywood lebih didorong oleh uang lebih daripada agenda lain.

Keseimbangan

Cerita Alkitab adalah keseimbangan yang  abadi dalam industri film, sehingga Hollywood berusaha melakukan yang terbaik  dengan imbalan memperoleh uang dengan memberikan penonton apa yang mereka butuhkan.

Dengan cara ini, industri film adalah cermin yang memantulkan apa yang masyarakat harapkan. Apakah seks, kekerasan, atau  kisah-kisah besar dengan sentuhan Allah? Film-film ini memberitahu kita akan hal terakhir yang dibutuhkan manusia. (religionnews.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home