Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 11:37 WIB | Rabu, 29 Januari 2014

Abbas: Tiga Tahun Layak bagi Israel untuk Tarik Diri

Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (Foto: Haaretz)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM - Presiden Palestina Mahmud Abbas mengatakan Israel harus menarik diri dari wilayah yang diduduki dalam waktu tiga tahun berdasarkan satu kesepakatan damai, menolak tuntutan Israel untuk kehadiran keamanan jangka panjang di daerah perbatasan.

Pernyataan itu disampaikan saat tenggat waktu April menjulang untuk menggoyahkan perundingan perdamaian dukungan AS, yang telah mengalami kebuntuan atas masalah pengaturan keamanan di masa depan dan perselisihan inti lainnya.

Sementara itu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan kembali tuntutannya, Palestina mengakui Israel sebagai negara Yahudi, dan perdana menteri hawkish itu berbicara menentang konsesi, menyoroti jurang lama antara kedua belah pihak.

"Mereka mengusulkan 10 sampai 15 tahun (sebelum penarikan) tidak ingin untuk menarik sama sekali," kata Abbas dalam satu wawancara yang ditayangkan pada Selasa di konferensi tahunan Institut Studi Keamanan Nasional (INSS) yang diselenggarakan di Tel Aviv.

"Kami mengatakan bahwa dalam kerangka waktu yang wajar, tidak lebih dari tiga tahun, Israel dapat menarik diri secara bertahap," katanya.

Israel ingin mempertahankan kehadiran militernya jangka panjang di Lembah Sungai Yordan, di mana Tepi Barat berbatasan dengan Jordania, namun Palestina bersikeras serdadu Israel harus benar-benar ditarik, membuat jalan bagi pasukan internasional.

"Kami tidak punya masalah dengan adanya hadiah dari pihak ketiga setelah atau selama penarikan, untuk meyakinkan Israel dan untuk meyakinkan kita bahwa proses akan dituntaskan," kata Abbas.

"Kami pikir NATO adalah pihak yang tepat untuk melakukan misi ini."

Abbas menegaskan tuntutan Palestina bahwa solusi dua negara didasarkan pada garis yang ada sebelum pendudukan Israel di Tepi Barat, timur Yerusalem dan Jalur Gaza pada tahun 1967, dan mengatakan bahwa Yerusalem timur harus menjadi Ibu kota negara Palestina.

Tetapi para menteri hawkish kabinet Israel mengatakan di konferensi menyuarakan perlawanan sengit mereka terhadap tuntutan Palestina, khususnya untuk wilayah.

"Nenek moyang kita tidak akan pernah memaafkan pemimpin Israel yang membagi tanah kami dan ibu kota kita," kata Menteri Ekonomi Naftali Bennett, dalam peringatan terselubung terhadap Netanyahu.

Bennett juga mengkritik upaya AS untuk membawa kesepakatan damai.

"Siapapun yang datang dengan ide yang aneh di dunia Barat, mereka mengatakan, mari kita mencobanya pada orang-orang Yahudi," katanya, mengacu pada laporan bahwa para pemukim Yahudi bisa tetap berada di Tepi Barat dan menyewa tanah mereka dari Negara masa depan Palestina.

"Negara Israel bukanlah laboratorium Anda," katanya, yang tampaknya ditujukan kepada Menlu AS John Kerry, yang memulai pembicaraan pada Juli dan telah melakukan 11 kunjungan ke wilayah tersebut.

Lautan Perdamaian

Para perunding Palestina mengeluh bahwa Israel sedang mencoba untuk mengesampingkan tuntutan mereka dalam pembicaraan - seperti perbatasan di masa depan - dengan memaksakan agenda sendiri keamanan di Lembah Sungai Jordan dan pengakuan Palestina atas Israel sebagai negara Yahudi.

Orang-orang Palestina mengakui Israel lebih dari dua dekade lalu, tetapi telah menolak untuk mengakui karakter agama, takut bahwa hal tersebut akan merusak "hak kembali" pengungsi Palestina dari Perang Arab-Israel 1948.

Netanyahu menyebut pengakuan itu "sebagai fondasi pertama bagi perdamaian antara kami dan Palestina "karena akan" mengakhiri konflik dengan cara membatalkan hak kembali" dan klaim teritorial.

Kedua pihak mulai berunding sembilan bulan dan perundingan perdamaian dukungan AS pada Juli, namun sejauh ini hanya ada sedikit kemajuan terlihat.

Rakyat Palestina telah memperingatkan bahwa setelah batas waktu itu, mereka bisa mengambil tindakan hukum di pengadilan internasional terhadap Israel atas perluasan pemukiman di wilayah-wilayah pendudukan.

"Saya berharap kita berhasil sehingga kita tidak perlu resor untuk hukum atau diplomatik atau konfrontasi politik di panggung dunia," kata Abbas. 

"Sebuah solusi akan membawa pengakuan Israel dari 57 negara Muslim, pengakuan yang jelas, lugas dan diplomatik antara negara-negara ini dan Israel," tambah Abbas.

"Saya berharap orang-orang Israel dapat mengerti apakah pihaknya berada di lautan perdamaian, dari Mauritania ke Indonesia, bukan di sebuah pulau perdamaian seperti pada saat ini."

Netanyahu mengatakan ia hanya bisa menerima kesepakatan yang mengarah pada pembentukan "sebuah negara Palestina tanpa militer yang mengakui negara Yahudi."

"Saya tahu bahwa Amerika ingin mencapai pengaturan tersebut, saya tidak tahu apakah pemimpin Palestina siap untuk membuat konsesi seperti yang diperlukan itu," katanya.(AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home