Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:00 WIB | Jumat, 30 November 2018

Acara Akhir Pekan 1 – 2 Desember 2018

Ilustrasi. Sebanyak 1.125 bundo kandung maarak jamba dalam Festival Pesona Budaya Minangkabau. (Foto :hariansinggalang.co.id/desrian)

SATUHARAPAN.COM – Akhir pekan di awal bulan Desember diramaikan oleh beberapa acara di  Ibukota, di antaranya pertunjukan musik dan vokal, bazaar dan festival, pameran ikan. Sementara di luar kota, ada Jogja Hobbies Festival 2018, festival budaya di Yogyakarta, dan Balloon Festival 2018 di Bandung.

Selain Jogja Netpac Asia Film Festival 2018, masih ada satu lagi acara bertaraf festival, yakni Festival Pesona Budaya Minangkabau.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu,  1 Desember

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Ber(Stick)

Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town Jakarta Pusat, menampilkan pergelaran Musik Ber(Stick) oleh Suara Stick Percussion bersama Sandy Pas Band.

Perkusi adalah sebuah instrumen yang dimainkan dengan tabuhan. Tabuhan tersebut pun dihasilkan dari dentuman stick-stick yang dipukulkan. Keanekaragaman besar kecil bunyi-bunyian stick-stick ini menghasilkan intuisi serta emosi yang berkaitan erat dengan tema yang akan diusung, yaitu Musik Ber(Stick). Setiap tabuhan yang akan dipamerkan Suara Stick Percussion, diselingi pula dengan stick trick, dan pola-pola rudiment mutahir dari masing-masing pemain.

Suara Stick Percussion adalah grup perkusi asal Jakarta yang dibentuk pada Oktober 2008, terdiri atas Wizra Uchra, Keshia Aita, Mezzo Fonti CF Boer, Reizart Boboy Achmad, dan Wirasaki Angga.

Nama Suara Stick Percussion ini tercetus begitu saja sebab di setiap tabuhan yang dimainkan selalu diselingi oleh keanekaragaman stick trick dari masing-masing pemain. Awal pertemuan pemain Suara Stick Percussion dimulai dari gabungan guru dan murid yang berada di sebuah pendidikan kursus musik.

Sempat vakum beberapa tahun, dilanjutkan kembali setelah Wizra Uchra salah satu pemain Suara Stick Percussion bertekad membawa grup ini keluar dari zona aman dengan inovasi yang baru.

Formasi personel dan konsep awal pun berubah-ubah seiring berkembangnya Suara Stick Percussion itu sendiri. Namun, seiring kemajuan zaman, akhirnya Suara Stick Percussion pun mengusung konsep memainkan musik tradisional dan budaya Indonesia yang dipadukan ke dalam musik elektronik. Hal ini mereka tetapkan, agar para generasi muda penerus, dapat tertarik memahami kebudayaan Indonesia dengan cara yang baru namun tidak membosankan.

ICE BSD Tangerang, Pameran  Ikan Nusatic 2018 – 3rd Indonesia Ornamental Fish & Aquatic Plant Show Nusatic 2018

Acara berlangsung pada Jmat (30/11) – Minggu (2/12).

Program acara: 15th All Indonesia Koi Show 2018, ACI Cup Indonesia ke-5, Indoscapersrace ke-3, Lomba Diskus IDC ke-10, Louhan Final Liga 2018, Semua Kompetisi Goldfish Indonesia 2018, 3rd Indonesia Killifish Asociation Convention, The Ultimate International Betta Show 2018, Internasional ke-3 Guppy Show

Info dan kontak: Facebook: Nusattic

Sepanjang Jl Raya Kranggan, Festival dan Bazaar Kranggan

Acara berlangsung pada Sabtu (1/12) – Minggu (2/12).

Program Acara: Aneka Lomba, Pencak Silat, Lenong Betawi, Aneka Kuliner, Bazaar Multiproduk, Kualifikasi Product: Fashion, mainan, aksesoris, kuliner, dan multiproduk.

Reservation Booth : 0852 8683 2048 wa/tlp

Ruang Pameran Grand Indonesia - West Mall Level 5, Bazaar dan Pameran Timberland and Northface Year end Expo

Acara berlangsung pada Senin (26/11) – Minggu (2/12)

Bersiaplah untuk @idtimberland dan @idthendari, penjualan terbesar tahun Ini dan hemat hingga 88 persen.

Pastikan Anda tidak melewatkannya, ajak teman & keluarga Anda untuk menikmati penawaran khusus ini.

Hak istimewa khusus untuk Anggota Kartu G dan Pemegang Kartu BNI

Info dan kontak: thenorthfaceindo@gmail.com

Jogja Expo Center, Yogyakarta, Pukul 10.00-21.00 WIB, Jogja Hobbies Festival 2018

Acara berlangsung pada Jumat (30/11) – Selasa (4/12).

Akhir tahun ini Suluh Media Kreasi kembali menggelar Jogja Hobbies Festival 2018, yang dijamin akan memanjakan para gamers dan kolektor mainan/action figure.

Selain menampilkan pameran koleksi dengan diskon menarik, acara ini akan diramaikan dengan lomba dan kegiatan seru lain yang dijamin bakal bikin pengunjung betah.

Aneka kegiatan: All Heisei Rider Belt, Brickuit gratis, One Piece Burning Blood tournament, Photography contest, Gundam PS3 tournament & challenge, Lets play ‘Vanguard’, Yu GI Oh duelist Yogyakarta, Mobile Legend tournament, Tekken 7 tournament, NKRI Robotic competition

Hanya dengan HTM Rp.10.000, pengunjung bisa menikmati 2 event yang gak kalah seru lainnya, yaitu Jogja Digital Expo dan Jogja Creative Food Festival!

Jangan lupa ajak keluarga, teman, pacar atau sahabat supaya lebih seru. Siapa tahu beruntung menemukan harta karun senilai Rp 23 juta.

Info dan kontak: Telp: 081318776111, Facebook: Jogja Hobbies Festival, Instagram: @Jogjahobbiesfestival

Indoor Balloon Festival Citylink Jl Peta No 241 Bandung, Bandung, Balloon Festival 2018

Acara berlangsung pada Selasa (20/11) – Minggu (2/12).

Ada banyak banget acara di bulan November sampai Desember ini. Jangan sampai tertinggal berbagai eventnya ya guys, pantau terus instagram kita di @festivalcitylink!

Jangan lupa pada tanggal 1-2 Desember 2018 kita Meet & Greet sama Festie Ival & Friends, dan jangan lupa untuk segera daftarkan diri untuk membuat FestiveCard di Customer Service. Dan belanja sebanyak-banyaknya dan ikuti Wheel Of Fortunenya! Dapatkan hadiah langsung dari kami.

Info dan kontak: Facebook: Festival Citylink, Website: festivalcitylink.com, Instagram: @festivalcitylink

Minggu, 2 Desember

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Vokal dan Musik Pesan Cinta untuk Seorang Macan Festival oleh Dio Hitipeuw, Be3, Mikha Tambayong, Karel Adiwardoyo, Mario Ginanjar dan Elfas Singers

Harvey Malaihollo bukanlah seorang pencipta lagu, tetapi selalu membawakan pesan cinta lewat lagu,  untuk para pendengar setia musik Indonesia. Kali ini, pesan cinta dari Harvey Malaihollo akan dibawakan oleh para musisi, menunjukkan bahwa Pesan Cinta sang Macan Festival, selalu dapat tersampaikan walau melalui melodi para musisi lainnya.

Tak hanya itu, dedikasi Harvey sebagai seorang musisi dan penyanyi yang telah berkarya selama 40 tahun, kembali dibuktikan dengan mengeluarkan single baru yang berjudul I am Still Here. Single ini akan dipublikasikan pertama kali di acara ini.

Liberty Entertainment adalah sebuah usaha yang bergerak di dunia entertainment. Salah satu divisi dari Liberty Entertainment adalah Liberty Music Entertainment yang bergerak dibidang musik.

Jakarta Convention Center (JCC), Hall A-B dan Cendrawasih, Pukul 10.00 – 20.00 WIB, Pameran  Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo 2018

Acara berlangsung pada Jumat (30/11) – Minggu (2/12).

Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo 2018 (Imbex) kembali hadir lagi untuk Ayah Bunda semua, seperti tahun tahun sebelumnya, pastinya Imbex bakal bawain brand brand yang keren keren, dan semakin ramai setiap tahunnya. Ayo, bunda mana yang sudah enggak sabar untuk datang borong di Imbex? Pastinya tetap dengan promo-promo yang menarik dan bakal bikin Ayah Bunda beserta si kecil happy dong bun!

Ayo datang dan nikmati berbagai aktivitas menarik yang akan berlangsung selama 3 hari pameran. Untuk tiketnya bunda sekarang sudah bisa beli secara online di Blibli, JD.ID, dan juga Day Trans seharga Rp25.000!

Info dan kontak: Facebook: Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo, Instagram: @imbex.rpe, Website: maternitybaby-expo.co.id

Telkom University Convention Hall, Jl Terusan Buah Batu no 1 Bandung, Pukul 9.00-18.00 WIB, Bandung Habibie Festival 2018

Acara berlangsung pada Jumat (30/11) – Minggu (2/12).

Sebentar lagi di Bandung akan ada Habibie Festival 2018, roadshow pameran terbesar ini akan menampilkan berbagai macam teknologi dan inovasi karya anak bangsa, antara lain A to B the future of transportation (Otomotif), MakerLand, Bazaar Inovasi, Food Festival, M2 property, Fintech, Berkarya Academy, serta banyak lagi yang lainnya.

Buat kalian yang punya mobil modif keren dan ingin eksis, segera daftarkan !! Tempat terbatas ya…

Info dan kontak: Deni – 082110682556

Istano Basa Pagaruyung  Batusangkar Sumatera Barat, Festival Pesona Budaya Minangkabau

 Acara berlangsung pada  Kamis (29/11) – Senin (3/12).

November dan Desember, menjadi bulan yang sibuk untuk Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten Tanah Datar kembali menjadi tuan rumah acara lain yakni pada acara Festival Pesona Budaya Minangkabau dari tanggal 29 November sampai 3 Desember 2017.

Lokasi festival akan di selenggarakan di Istano Basa Pagaruyung dan akan menampilkan 10 macam jenis kegiatan.

Acara ini akan dihadiri oleh perwakilan dari 19 kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Barat, Riau dan Jambi serta perwakilan dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Akan tampil pula di acara tersebut Negeri Sembilan dan Johor Bahru, Selain itu, 40 turis Malaysia juga akan hadir.  

Beberapa kegiatan yang akan dipresentasikan dalam festival tersebut adalah Arakan Jamba, Makan Bajamba, Pertunjukan Seni Tanah Datar, Malaysia dan Budaya Melayu Riau, Pagaruyuang, Pameran Foto Budaya Minangkabau dan Pacu Jawi.

Salah satu yang menjadi sorotan utama dari perayaan tersebut adalah penyerahan rekor MURI untuk 1111 Dulang Jamba.

Pengunjung juga akan belajar tentang sistem matrilineal di Matrilineal Exhibition. Ini adalah sistem yang mengatur kehidupan dan ketertiban masyarakat yang bersatu melalui garis keluarga ibu.

Pameran ini akan menampilkan peninggalan layar dari Balai Arkeologi Medan, Museum Presiden Bogor, Balai Pelestarian Budaya Gorontalo, Balai Pelestarian Budaya Bali, Balai Manusia Purba Sangiran, Balai Konservasi Candi Borobudur, Jawa Timur dan Samarinda

Jogja Netpac Asia Film Festival 2018 

Acara berlangsung pada Selasa (27/11) – Minggu (4/12).

Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) adalah  festival film Asia utama di Indonesia, yang berfokus pada pengembangan sinema Asia. Festival ini tidak hanya berkontribusi untuk memperkenalkan sinema Asia ke publik yang lebih luas di Indonesia, tetapi juga menyediakan ruang untuk persimpangan banyak sektor seperti seni, budaya, dan pariwisata.

Sejak awal berdirinya, JAFF telah bekerja erat dengan NETPAC (Jaringan untuk Promosi Sinema Asia), sebuah organisasi di seluruh dunia dari 30 negara anggota. Berkantor pusat di Colombo Srilanka, NETPAC adalah sebuah film pan-Asia dan organisasi budaya yang melibatkan kritik, pembuat film, penyelenggara festival dan kurator, distributor dan peserta pameran, serta pendidik. Ini dianggap sebagai otoritas terkemuka di bioskop Asia.

Setiap tahun, JAFF mempersembahkan beberapa penghargaan untuk film-film terbaik di Asia seperti Golden Hanoman Award, Silver Hanoman Award, NETPAC Award, Blencong Award dan Geber Award untuk mengekspresikan apresiasi terdalam untuk sinema Asia.

Festival ini akan bertepatan dengan Proyek Masa Depan Jogja, sebuah kolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Ini memilih 10 proyek film panjang - baik dalam tahap perencanaan, produksi, atau pascaproduksi - di mana pembuat dapat mengadakan pertemuan satu-satu dengan para profesional industri dari Indonesia dan luar negeri.

Website : https://jaff-filmfest.org

Glamour Level, Paris Van Java Mall, Bandung, Pukul 09.00 – 21.00 WIB, Karnival 4.0 Creavonture 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (1/12) – Minggu (2/12).

Hadir kembali karnival yang ke-4, mengusung tema creavonture menghadirkan pameran budaya asli milik Indonesia, yang bertujuan memperkenalkan budaya lokal kepada masyarakat Bandung.  Menjadi tempat pelaku usaha sebagai peluang untuk berwirausaha dan memperluas pasar,  serta meningkatkan awareness masyarakat, terhadap produk industri kreatif dengan teknologi digital.

Peserta pameran terdiri dari ukm, fashion, food n beverage dll.

Ikuti lomba fashion show (SD, SMP dan SMA) dan tari kreasi (SD, SMP)

Info Stand : A. Rakhmat 0895343367388 wa

 

 

 

 

 

 

Editor : Sotyati

Back to Home