Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:34 WIB | Jumat, 26 April 2024

China Keluarkan Peringatan Hujan Badai Tingkat tertinggi untuk Guangdong

Foto yang diambil pada 22 April 2024 ini menunjukkan sebuah bangunan yang terendam di taman yang terendam banjir setelah hujan lebat di Qingyuan, di Provinsi Guangdong, China selatan. (Foto: AFP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China pada hari Selasa (23/4) mengeluarkan peringatan badai merah tingkat tertinggi untuk sebagian wilayah Guangdong, kata badan cuaca setempat, ketika provinsi selatan tersebut dilanda hujan lebat.

Kota besar Shenzhen termasuk di antara daerah yang mengalami “hujan lebat hingga sangat lebat”, kata observatorium meteorologi kota tersebut, seraya menambahkan bahwa risiko banjir bandang “sangat tinggi”.

Hujan deras telah mengguyur provinsi Guangdong di wilayah selatan dalam beberapa hari terakhir, meluapkan sungai dan meningkatkan kekhawatiran akan banjir besar yang menurut media pemerintah hanya terjadi sekali dalam satu abad.

Kantor berita negara Xinhua mengatakan 110.000 warga Guangdong telah direlokasi sejak hujan mulai turun pada akhir pekan. Empat orang tewas dan 10 orang hilang, lapor Xinhua.

China tidak asing dengan cuaca ekstrem, namun dalam beberapa tahun terakhir negara ini dilanda banjir besar, kekeringan parah, dan suhu panas yang tinggi.

Perubahan iklim yang disebabkan oleh gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktivitas manusia membuat kejadian cuaca ekstrem menjadi lebih sering dan intens, dan China merupakan penghasil emisi terbesar di dunia. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home