Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:39 WIB | Jumat, 26 April 2024

Presiden Ukraina Berterima Kasih pada Joe Biden Atas Kesepakatan Pengiriman ATACMS

Presiden Ukraina Berterima Kasih pada Joe Biden Atas Kesepakatan Pengiriman ATACMS
US President Joe Biden and Ukrainian President Volodymyr Zelenskyy. (Foto: dok. via Reuters)
Presiden Ukraina Berterima Kasih pada Joe Biden Atas Kesepakatan Pengiriman ATACMS
Pemandangan menunjukkan bangunan tempat tinggal hancur selama invasi Rusia ke Ukraina di desa Novomykhailivka, di wilayah Donetsk, Ukraina 29 Mei 2022. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan pada hari Senin  (22/4) bahwa dia mengucapkan terima kasih kepada Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, atas dukungan dan kepemimpinannya dalam percakapan telepon.

Zelenskyy, yang menulis di aplikasi perpesanan Telegram, mengatakan dalam percakapan tersebut dia mencatat peran Ketua DPR (Kongres), Mike Johnson, dan pemimpin Minoritas DPR, Hakeem Jeffries, dalam mengamankan pengesahan rancangan undang-undang bantuan militer besar ke Ukraina.

Kemudian, dalam pidato video malamnya, Zelenskyy mengatakan undang-undang tersebut, yang masih harus disetujui oleh Senat AS dan ditandatangani oleh Biden, mengklarifikasi bahwa Ukraina akan menerima ATACMS (Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat) jarak jauh yang telah lama mereka cari.

“Dalam perjanjian ATACMS untuk Ukraina, semua rinciannya sudah ada,” katanya. “Terima kasih, Tuan Presiden, terima kasih Kongres, terima kasih Amerika.”

Ketua Komite Intelijen Senat AS, Mark Warner, mengatakan kepada CBS “Face the Nation” pada hari Minggu bahwa ATACMS termasuk di antara peralatan yang harus dikirim ke Ukraina pekan ini.

ATACMS adalah peluru kendali jarak jauh. Gedung Putih pada bulan Oktober lalu mengkonfirmasi bahwa mereka telah memberi Kiev jenis ATACMS yang mampu mencapai target hingga jarak 165 kilometer (102 mil).

Zelensky juga memberi tahu Biden tentang “teror udara Rusia melalui ribuan rudal, drone, dan bom” dan mencatat serangan terhadap menara televisi di kota Kharkiv terbesar kedua di Ukraina, yang terjadi beberapa menit sebelum percakapan mereka.

Presiden Ukraina juga melaporkan, dalam sebuah postingan di aplikasi perpesanan Telegram, bahwa ia telah menjelaskan kepada delegasi anggota Kongres Amerika Serikat mengenai kebutuhan pertahanan paling mendesak di Kiev, khususnya peningkatan pertahanan udara.

Amerika Serikat akan bertindak cepat untuk memberikan bantuan militer baru guna membantu Kiev dalam pertempuran melawan invasi Rusia, kata Presiden Joe Biden kepada Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, melalui sambungan telepon pada hari Senin.

Dewan Perwakilan Rakyat AS pekan lalu menyetujui paket bantuan luar negeri yang sangat besar dan telah lama tertunda, yang mencakup US$61 miliar untuk Ukraina yang dilanda perang, dan Senat diperkirakan akan mengikuti jejaknya.

Menurut pernyataan Gedung Putih, Biden menggarisbawahi “komitmen abadi” Amerika terhadap Ukraina “selagi negara itu mempertahankan kebebasannya melawan agresi Rusia.”

Biden mengatakan kepada Zelenskyy bahwa AS akan “segera memberikan paket bantuan keamanan baru yang signifikan untuk memenuhi kebutuhan mendesak di medan perang dan pertahanan udara Ukraina” segera setelah Senat mengesahkan paket bantuan tersebut dan Biden menandatanganinya menjadi undang-undang.

Senat diperkirakan akan mengambil tindakan tersebut, yang mendapat dukungan bipartisan, pada hari Selasa (23/4).

“Presiden Biden juga menggarisbawahi bahwa bantuan ekonomi AS akan membantu menjaga stabilitas keuangan, membangun kembali infrastruktur penting setelah serangan Rusia, dan mendukung reformasi seiring Ukraina bergerak maju menuju jalur integrasi Euro-Atlantik,” kata pembacaan tersebut.

Zelenskyy mengunggah di media sosial bahwa dia mengucapkan terima kasih kepada Biden selama seruan tersebut atas “dukungannya yang tak tergoyahkan” untuk Kiev.

Biden “meyakinkan saya bahwa dia akan menandatangani RUU tersebut segera setelah disetujui oleh Senat,” kata presiden Ukraina.

Zelensky mengatakan Biden memberitahunya bahwa persenjataan dan perangkat keras lainnya yang disediakan dalam paket bantuan militer mendatang “akan kuat, memperkuat pertahanan udara serta kemampuan jarak jauh dan artileri.”

Zelensky juga mengatakan para pemimpin membahas serangan terbaru dalam “teror udara Rusia,” termasuk pemboman oleh pasukan Moskow yang merobohkan menara televisi besar di kota Kharkiv, Ukraina, beberapa menit sebelum kedua pemimpin tersebut berbicara.

Rusia mengatakan pada hari Senin bahwa pasukannya telah menguasai Novomykhailivka di Ukraina timur – kemajuan kedua yang diumumkan Moskow dalam dua hari – namun militer Ukraina yang bertempur di sana mengatakan bahwa mereka masih menguasai desa tersebut.

Reuters tidak dapat memverifikasi secara independen apakah Novomykhailivka, sekitar 40 km (25 mil) barat daya kota Donetsk di Ukraina, berada di tangan Ukraina atau Rusia. Pertempuran sengit di wilayah tersebut telah berlangsung selama berminggu-minggu.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kelompok pasukan Selatan telah sepenuhnya menguasai Novomykhailivka “dan memperbaiki situasi taktis di sepanjang garis depan”.

Namun Yevhen Shmataliuk, komandan brigade serangan amfibi ke-79 Ukraina, yang bertempur di garis depan Donetsk, mengatakan pasukannya menguasai 15% hingga 20% desa tersebut, sementara sisanya berada di bawah “pengendalian tembakan” Ukraina.

“Kami tidak akan bergerak ke mana pun kecuali maju,” kata Shmataliuk dalam sebuah wawancara dengan lembaga penyiaran publik Ukraina dan dipublikasikan di halaman Facebook brigade tersebut.

Pada hari Minggu, Rusia mengatakan telah mengambil kendali atas pemukiman Bohdanivka, lebih jauh ke utara. Bohdanivka terletak di timur laut Chasiv Yar, sebuah kota strategis yang terletak di dataran tinggi yang, jika direbut, dapat membuka jalan bagi Rusia untuk menyerang beberapa “kota benteng” di Ukraina timur. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home