Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:26 WIB | Jumat, 11 Agustus 2017

Acara Akhir Pekan 12 – 13 Agustus 2017

Ilustrasi: Gunawan menunjukkan karya Democracy Is My Li(f)e. (Foto: krjogja.com/Harminanto)

SATUHARAPAN.COM – Berbagai acara di bulan Agustus akan meramaikan akhir pekan Anda, mulai dari konser musik, monolog, pameran seni grafis, hingga  festival kuliner.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 12 Agustus

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB: Pertunjukan Musik Instrumental Melodi untuk Indonesia oleh Tohpati Bertiga

Cinta akan Indonesia akan dituangkan lewat melodi-melodi indah dan unik ala Tohpati Bertiga untuk merayakan hari ulang tahun Indonesia yang ke-72 tahun.

Tohpati, Indro Hardjodikoro, dan Aditya Wibowo atau yang biasa disapa Bowie, berkolaborasi dengan nama Tohpati Bertiga untuk Indonesia. Membawakan musik instrumental bertemakan perjuangan dan karya-karya TB dengan aransemen jazz rock, Tohpati Bertiga akan menyuguhkan hiburan yang nasionalis dan unik khusus untuk penikmat seni Galeri Indonesia Kaya.

LEAP SchoolHouse Jakarta (Jalan Blora No 10), pukul 09.30-13.00 WIB: Bazaar dan Aktivitas Bermain Leap Open House and Free Activity

Leap Open House memiliki beragam aktivitas untuk si kecil, mulai dari arts n craft, playdough, mandarin corner, fishing fun dan masih banyak lagi. Selain aktivitas untuk si kecil juga ada mini bazaar dengan rangkaian produk anak.

Selain acaranya tidak dipungut bayaran, setiap pengunjung akan dapat merchandise lucu dan undian gratis.

Info dan kontak: 021-31500 atau Whatsapp 0822 1184 9130

Bentara Budaya Yogyakarta, pukul 09.00 – 21.00 WIB: Pameran Tunggal Seni Grafis Bonaventura Gunawan Re-Public: Reminding of Exsistence

Seniman grafis Bonaventura Gunawan yang lama beristirahat dari dunia seni kembali berkarya. Kali ini, seniman lulusan ISI ini menggelar pameran bertajuk  yang dilangsungkan 12-20 Agustus 2017 di Bentara Budaya Yogyakarta.

Salah satu karya yang menarik adalah karya berjudul Democracy Is My Li(f)e yang berukuran cukup besar 2,5 x 5 meter. Dengan menggunakan teknik grafis hardboard card cetak tinggi, Gunawan mencoba menceritakan bagaimana kehidupan perpolitikan Indonesia belakangan ini. 

Gunawan atau lengkapnya Bonaventura Gunawan, lulus dari Jurusan Seni Murni, Minat Utama Seni Grafis, FSR ISI Yogyakarta (tahun 1992), Mulai berkarya seni grafis, dengan menjamah medium yang paling ia kuasai yakni cukil hardboard (hardboard cut) untuk memenuhi hasrat berekspresi yang sudah lama tertahan.

Dengan keterbatasan mata kirinya yang sudah tak berfungsi (akibat kecelakaan saat bulu tangkis, terpukul raket pasangan bermain, sehingga tak lagi dapat melihat), Gunawan tetap mampu menaklukkan medium dan teknik – dari mencukil hingga mencetak – dengan hasil yang tidak mengecewakan. Tema di sekitar persoalan politik-kekuasaan yang berhasil diwujudkan dengan ‘utuh’, menjadi daya pesona karya-karya Gunawan. Pameran tunggal Gunawan kali ini merupakan upaya yang demikian serius untuk meraih tempat dalam seni rupa Indonesia.

Bentara Budaya Bali, pukul 18.30 WITA: Pemutaran Film Barong Kunti Sraya  

Selain tersohor dengan karya seni topengnya, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, tak bisa dipisahkan dari keberadaan seni pertunjukan Bali, yakni dramatari Barong Ket dan dramatari Topeng yang hingga kini masih dipertahankan dan bahkan dikembangkan oleh warga desa tersebut.

Barong Kunti Seraya diciptakan di Banjar Sengguan, Singapadu, dalam pertunjukannya memadukan unsur-unsur bebarongan (Calonarang), Palegongan dan Pagambuhan. Hingga awal tahun 1960an, Desa Singapadu adalah satu-satunya daerah di Bali yang memiliki pertunjukan Barong secara rutin untuk para wisatawan.

Timbang pandang kali ini secara khusus akan mendialogkan perihal “Barong Kunti Sraya“, berangkat dari buku berjudul serupa, karya Dr Ni Luh Swasti Wijaya Bandem, SST. Tampil sebagai narasumber yakni  Prof Dr I Wayan Dibia, SST, MA,  I Ketut Kodi, SSP, MSi, dan Dr Ni Luh Swasti  Wijaya Bandem, SST. Selain itu, agenda ini turut dimaknai pemutaran dokumenter “Barong Kunti Sraya“ yang bersumber dari film Bali 1928, hasil repatriasi atas kerja sama STMIK STIKOM Bali dan Arbiter Cultural and Traditions New York.

Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Jakarta: Pertunjukan Teater "JRENG" oleh Teater Mandiri karya/sutradara Putu Wijaya

Berlangsung pada Jumat (11/8) – Sabtu (12/8).

Memperingati HUT ke-72 Negara Kesatuan Republik Indonesia, Teater Mandiri pimpinan Putu Wijaya, didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan Galeri Indonesia Kaya akan mengadakan pertunjukan teater berjudul ”JRENG” karya Putu Wijaya

Pertunjukan teater menceritakan tentang sebuah samurai yang membuat Pak Amat jadi berita karena mampu mengusir perampok. Ternyata di balik samurai itu ada misteri perebutan warisan, narkoba, intoleransi, diskriminasi, kesetaraan gender, damai dalam perbedaan, masalah yang juga sedang menghangat di negeri kita yang akan merayakan HUT ke-72 Proklamasi.

Informasi kegiatan: Cahya 0812 8038 8438, Rukoyah 0857 1105 2022, Anindya 0857 71673936

Pendaftaran lomba puisi dan monolog: Ari Sumitro 0857 4274 2235, Rukoyah 0857 1105 2022

The Downtown Walk Stage Summarecon Mal Bekasi, pukul 20.00: Konser Ihsan Tarore 

Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati persembahan penyanyi Ihsan Tarore di The Downtown Walk stage Summarecon Mal Bekasi, pertunjukan ini gratis bagi semua pengunjung. Selain itu, Anda bisa makan malam bersama Ihsan Tarore hanya untuk 3 Kartu Persahabatan Anggota SMB yang beruntung.

Info lebih lanjut: kunjungi counter SMB Friendship Card di lantai 1 & 2 #summareconmalbekasi #smbwow, Ihsantaroresee MaulitsaputriyonoWhoaaaaa

Minggu 13 Agustus

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Monolog Bung Karno: Besok Atau Tidak Sama Sekali oleh Wawan Sofwan

Pada 1994 Wawan Sofwan mendirikan kelompok teaternya sendiri Mainteater untuk melatih dirinya sebagai seorang sutradara dan mengakomodasi monolog pertamanya, "Oknum". Pada 2002, Wawan membawakan monolog Bung Karno untuk pertama kalinya di Moskow, Rusia, saat mendapatkan beasiswa dari Yayasan Bung Karno. Dari Moskow itulah Wawan membawa monolog Bung Karno ke Jerman dan Belanda. Selain Bung Karno, Wawan kerap mengangkat tokoh lain seperti Raden Ajeng Kartini, Tan Malaka, dan Inggit Garnasih dalam garapan-garapan monolognya.

Area Parkir Selatan Summarecon Mal Serpong:  Festival Kuliner Serpong 2017

Berlangsung pada  Kamis (10/8) – Minggu (10/9), Festival Kuliner Serpong hadir kembali dengan menyajikan berbagai warisan kuliner khas tanah Pasundan, Jawa Barat. Beragam penampilan apik khas Jawa Barat serta kejutan seru dan menarik lainnya akan hadir di FKS 2017.

Ikuti juga VLOG Competition Festival Kuliner Serpong 2017. Para Vlogger diajak mengikuti Vlog Competition Festival Kuliner Serpong 2017 dan memenangkan hadiah utama iPhone 7 128 GB dan voucher belanja SMS senilai jutaan rupiah.

Rekam dan ceritakan pengalaman menarik kalian saat berkunjung ke Festival Kuliner Serpong 2017.

Cara ikutannya gampang:  Wajib subscribe akun Youtube Summarecon Mal Serpong dan follow instagram @sms_serpong, Upload video kalian ke Youtube dengan durasi maksimal 60 menit. Beri deskripsi dan judul Festival Kuliner Serpong 2017, Upload juga cuplikan vlog kalian ke instagram dengan mention @sms_serpong dan menggunakan hastag #VlogCompetition_FKS2017. Periode kompetisi yaitu selama FKS 2017 berlangsung (10 Agustus - 10 September 2017). Dua Pemenang akan diumumkan di instagram @sms_serpong pasca FKS 2017.

Media juga diajak mengikuti Journalist Competition Festival Kuliner Serpong 2017, memenangkan total hadiah sampai dengan 10 juta rupiah, khusus bagi para pewarta media baik nasional dan lokal (media cetak, online, dan elektronik).

Masjid Al-Fadhla Kepuh Kulon, Wirokerten, Banguntapan, Bantul: Lomba Mewarnai Semarak HUT RI Kepuh Kulon – Yogyakarta

Ikuti Lomba Mewarnai Semarak HUT ke-72 RI Kepuh Kulon Tingkat PAUD dan TK se-Banguntapan dan sekitarnya. Biaya pendaftaran Rp5.000.

Konfirmasi Pendaftaran dengan cara, ketik: NamaLengkap_Asal Sekolah_Usia_No.HP Kirim ke 0858-0009-3934 (WA)

Info dan kontak: 0858-0009-3934 (WA)

Teras Berlian Blok M Square, Jakarta: Bazaar Durian, Aneka Tanaman Hias & Buah  

Buat kamu yang hobi banget sama durian, masih berlangsung Bazaar Durian dan Aneka Tanaman Hias & Buah di Teras Berlian @blokmsquare, yang digelar Selasa (8/8) hingga Kamis (17/8).

Hadir berbagai macam buah durian dari berbagai daerah seluruh Indonesia, dan hadir pula berbagai macam jenis tanaman hias dan bibit-bibit pohon buah berkualitas. Macam durian yang dapat Anda jumpai: durian Rancamaya, durian Sukabumi, durian Kalimantan, durian Gunung Pati, durian Medan, durian Bengkulu, durian Palopo, durian Monthong, durian Kanyao, durian Juan R1 & R2

Info dan kontak: Facebook: Blok M Square Twitter & Instagram: @blokmsquare, Website: blokm-square.co.id.

Editor : Sotyati

Back to Home