Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:09 WIB | Jumat, 15 Februari 2019

Acara Akhir Pekan 16 – 17 Februari 2018

Festival Pulau Penyengat 2019 Tanjung Pinang yang diselenggarakan pada Kamis (14/2) – Senin (18/2) 2019. (Foto: paradiso.co.id)

SATUHARAPAN.COM –  Festival belanja, bazaar buku murah, bazaar dan pameran Toys Frontier 2019, Pameran Bali Architecture Week 2019, dan reuni akbar Trisakti Connect Festival 2019, akan  meramaikan acara akhir pekan di pertengahan bulan Februari ini. Selain itu nikmati kemeriahan Festival Pulau Penyengat 2019 di Tanjung Pinang Kepulauan Riau.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 16 Februari

Kota Kasablanka, Jakarta, Festival Belanja OVORIA

Acara berlangsung pada Selasa (12/2) – Minggu (17/2). 

Top-up pundi-pundi OVO, karena ada 6 hari non-stop cashback sebesar 30 persen (Selasa – Kamis) dan 50 persen (Jumat – Minggu) dari ujung ke ujung Kota Kasablanka mulai dari tanggal 12-17 Februari 2019. Datang dan nikmati jajan di ratusan merchant rekanan OVO di Kota Kasablanka, seperti: Yoshinoya, Shihlin, Pepper Lunch, Eatlah, Rejuve, dan banyak lagi!

Masih ada berbagai kejutan lain, karena yang seru di OVORIA bukan cuma cashback-nya! Simak akun Instagram @ovo_id untuk tahu bocoran OVORIA lainnya!

Sambil nunggu, top up dulu OVO Cash sebanyak-banyaknya, gratis lewat virtual account BCA atau Mandiri, Alfamart, atau langsung lewat driver Grab! Cek info lengkap di ovo.id/howtotopup

Info dan kontak: Instagram: @ovo_id, Website: ovo.id

Hall 09-10, ICE BSD City, Tangerang, CIMB Niaga Xtra Xpo 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (16/2) – Minggu (17/2).

Nikmati berbagai promo menarik mulai dari rumah, mobil, gadget, hingga tiket liburan dengan Xtra Poin! Poin Xtra yang biasa Anda pakai untuk belanja, makan dan nonton nilainya akan jadi 50x lipat senilai Rp 500.

Informasi selengkapnya silakan kunjungi tautan berikut

Info dan kontak: Facebook: CIMB Niaga, Twitter: @CIMBNiaga

Instagram: @cimb_niaga, Website: cimbniaga.com

Gedung Periplus Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta, Bazaar Buku Murah Periplus Bootopia 2019

Acara berlangsung pada Kamis (14/2) – Kamis (21/2), Senin - Jumat pukul 10.00 - 18.00, Sabtu - Minggu pukul 09.00 - 15.00.

Save the Date! Periplus Bootopia. Disc up to 90 persen  (Books & Magazines) + Extra 10 persen off for Imported Books and Magazine with BCA Credit Cards

Follow @bootopia2019 for more information

Info dan kontak: Instagram: @bootopia2019

Main Atrium Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta, Doraemon Blooming Prosperity

Acara berlangsung pada Jumat (31/2) – Minggu (17/2), Sesi I pukul 15.00 - 16.00, Sesi ke-2 pukul 18.30 - 19.30.

Live show Doraemon and friends,meet and greet, games and gift, dan tamu spesial.

Info dan kontak: Facebook: Plaza Ambarrukmo, Twitter & Instagram: @plazaambarrukmo

Ciputra Artpreneur Gallery, Perfection  by LPTB Susan Budihardjo

Acara berlangsung pada Jumat (15/2).  

Overview Watch Video “Perfection”, a fashion show by Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo. “Perfection”, sebuah fashion show yang diselenggarakan oleh LPTB Susan Budihardjo

Atrium Jogja City Mall, Yogyakarta Festival Toys Frontier 2019

Acara berlangsung pada Rabu (13/2) – Minggu (17/2), pukul 10.00 - 21.00.

Harga tiket masuk: gratis

Untuk pertama kalinya di Jogja, JTOKU Indonesia, menggelar Toys Frontier 2019, yang dijamin akan memanjakan kalian para penggemar budaya pop dan kolektor toys/action figure.

Multi Toys sebagai pengisi booth terbesar di event ini, akan menampilkan koleksi-koleksi terkeren, termasuk item langka Tommy Mighty, Morphin Power Rangers, dan promo heboh yang bisa kalian dapatkan hanya di acara ini. Dapatkan diskon hingga 50 persen untuk toys favoritmu.

Acara ini akan diramaikan dengan lomba dan kegiatan seru lain yang dijamin bakal bikin pengunjung betah berada di acara ini!

Program acara: Toys Exhibition, Comic Showdown, Comic Jamstrip, Retjeh Wars, Community Talkshow, Beauty & Cosplay Makeup Workshop, Dance Performance, Spicy Noodles Eating Competition, Cosplay Competition (berhadiah uang tunai dan Special Fiber Helmet by JTOKU COSTUME)

Akan ada juga KHILAF AWARDS, penghargaan untuk “sultan” yang berbelanja dengan nominal sadis.

Jadi, jangan ketinggalan untuk daftar kompetisi yang ada di event ini, tentunya selama 5 hari event ini kalian bisa masuk GRATIS.

Kalian juga bisa bertemu dengan maskot event ini lho, TINA FRONTIA!

Ayo, ajak keluarga, teman, pacar atau sahabat supaya lebih seru.

Info dan kontak: Telp: 0274-5305855, Instagram: @jogjacitymall

Bentara Budaya Bali, Pukul 10.00 – selesai, Professional Development for Young Generation

Pameran Bali Architecture Week 2019 mengingatkan kita pada kehangatan keguyuban yang masih bersifat komunal –merupakan “warisan nilai“ (local wisdom). Nilai-nilai komunal yang guyub dan hangat itu menjadi penting maknanya di tengah derasnya budaya modern kontemporer yang serba individual; ini adalah sebuah laku dialektika antara yang lokal dan global.

Pada Kelas Kreatif Bentara kali ini, Popo Danes akan berbagi kepada generasi muda perihal kemungkinan-kemungkinan dan pencapaian yang bisa didapatkan dalam bekerja di dunia yang sekarang banyak pilihan.

Nyoman Popo Danes lahir di Denpasar, 6 Februari 1964. Lulusan Universitas Udayana yang terkenal supel dan terbuka ini menciptakan karya arsitekturnya yang pertama sedini usia 17 tahun. Karya-karyanya tidak hanya bisa disaksikan di tanah air, akan tetapi juga terdapat di berbagai kota penting di penjuru dunia. Popo memperoleh berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri, antara lain Nominasi The Aga Khan Award for Architecture 2004, Pemenang Pertama ASEAN Energy Award untuk Kategori Bangunan Tropis pada 2004 dan 2008, Pemenang Indonesia’s Construction Design  pada 2003 dan 2009, serta tahun 2018 meraih IAI Awards Kategori Pelestarian. Popo juga membuka ruang publik kesenian dan kebudayaan di Denpasar, yakni Danes Art Veranda.

Bentara Budaya Bali, Pukul 18.30 WITA, Pameran Film Tutur Figur Arssitektur

Acara berlangsung pada Sabtu (16/2) – Minggu (17/2).

Sebagaimana program Sinema Bentara bulan lalu, tayang film berkala kali ini tertaut acara pameran, yakni Bali Architecture Week 2019. Yang dihadirkan bukan hanya film dokumenter yang merangkum proses kreatif para arsitek Bali yang berpartisipasi dalam ekshibisi ini, melainkan juga film cerita yang menggambarkan pergumulan nasib figur-figur tertentu yang hidup dalam jalinan probelematik sebuah kota.

Sejumlah film dari berbagai negara (Indonesia, Prancis, Italia, dan Jerman), serta telah ditayangkan di sejumlah festival film internasional serta meraih berbagai penghargaan, akan diputar selama dua hari berturut-turut dan dirangkaikan dengan dialog terkait pencapaian para sineasnya.

Misalnya saja film dokumenter Haus Tugendhat (Jerman, 2013) karya sutradara Dieter Reifarth, mengisahkan cerita tentang sebuah rumah yang selesai dibangun tahun 1930.

Di samping itu, kita juga akan menjelajahi bangunan-bangunan pemerintahan bersejarah kota Paris berikut pemandangan tata kota yang menawan lewat film Quai d'Orsay (2013) buah cipta sutradara Bertrand Tavernier. Film ini meraih penghargaan pada César Awards, Prancis 2014, Lumiere Awards, Prancis 2014, dan San Sebastián International Film Festival 2013.

Tidak kalah menarik, film asal Italia karya sutradara Federico Fellini berjudul Roma (1972) yang mempertautkan Roma masa kini dan masa lampau dengan memperlihatkan dinamika sosial-kultural sang tokoh utama, keindahan arsitektur dari masa ke masa, dari jalanan ke tempat-tempat bersejarah hingga katedral. Film tersebut dinominasikan pada Golden Globes, Amerika 1973,  BAFTA Awards 1974, Film Asing Terbaik pada French Syndicate of Cinema Critics 1973, Desain Produksi Terbaik dan Kostum Terbaik pada Italian National Syndicate of Film Journalists 1973.

Selain itu akan diputar juga sejumlah film dokumenter dari Ikatan Arsitek Indonesia-Bali serta film produksi Popo Danes Architect yang menggambarkan tata arsitektur masa kini di Bali, dan Indonesia.

Minggu, 17 Februari

Istora Senayan, Jakarta, Trisakti Connect Festival 2019

Tanggal: 17 Februari 2019

Harga tiket masuk: Rp150.000

Reuni Akbar Universitas Trisakti & BNI present:

Saatnya merayakan kenangan dengan keluarga Trisakti! Datang dan jadilah bagian untuk membuat cerita baru bersama kami. Akan ditampilkan music performance, nazaar, talkshow, booth health, kids area exhibition, job fair, sunmori.

Info dan kontak: Facebook: Trisakti Connect Fest, Twitter & Instagram: @trisakticonnect

Tanjung Pinang, Festival Pulau Penyengat 2019

Acara berlagsung pada Kamis (14/2) – Senin (18/2).

Pulau Penyengat di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, sedang bersiap untuk mengadakan Festival Pulau Penyengat 2019 yang diadakan pada 14-18 Februari. Acara ini dipusatkan di Balai Adat Melayu Pulau Penyengat.

Banyak kegembiraan dapat ditemukan di Festival kali ini. Wisatawan yang datang dapat menikmati lebih dari 20 kegiatan seni budaya di sana, seperti lomba dayung, lomba dayung bantal di laut, lomba tangkap bebek di laut, lomba gurindam 12, dan kompetisi becak bermotor dekoratif. Tiga acara teratas adalah Malay Fashion Penyengat Serantau, Short Film Netizen Stinger Halal Competition, dan the Halal Competition Stinger Pattern Tour.

Secara historis, pulau ini adalah situs pertahanan Raja Kecil terhadap serangan Tengku Sulaiman dari Hulu Riau pada 1719. Belakangan, sejumlah benteng pertahanan dibangun pada 1782-1784 untuk menghadapi perang melawan Belanda.

Masjid Sultan Riau didirikan pada tahun 1832 di Pulau Penyengat. Konon, masjid itu dibangun dengan campuran putih telur.

Tidak jauh dari masjid ini, ada kompleks makam Yang Dipertuan Muda Riau VII, Raja Abdurrahman, Gedung Mesiu, dan Kantor Istana, yang merupakan bangunan tempat Sultan tinggal pada tahun 1844-1857.

 

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home