Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:10 WIB | Jumat, 15 Maret 2019

Acara Akhir Pekan 16 – 17 Maret 2019

HNNOH: Sinema Bunyi oleh Balaan Tumaan Ensemble di galeri Indonesia Kaya pada Sabtu (16/3). (Foto: .indonesiakaya.com)

SATUHARAPAN.COM –  Pertunjukan musik, teater, Festival Kemang Fresh Market, Construction Fun Day 2019, Keramika Indonesia, lomba menyusun lego, mewarnai akhir pekan pada pertengahan bulan Maret ini.

Selain itu beberapa acara digelar di beberapa daerah yakni: Surabaya Property Expo 2019, Jogja Islamic Fair 2019, Indonesia Baloon Art Festival (IBAF) 2019, akan turut memeriahkan acara akhir pekan Anda.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 23 Maret

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik dan Vokal HNNOH: Sinema Bunyi oleh Balaan Tumaan Ensemble

"HNNOH" merupakan karya kolektif berbasis pada arsip audio-visual tradisi musik vokal dalam ritual pada masyarakat Melayu dan Dayak Kalimantan Barat. Musik vokal dalam ritual-terkhusus di masyarakat tradisional Kalimantan tidak dapat dipisahkan.

Sebagai pelopor ansambel musik baru di Kalimantan Barat, Balaan Tumaan yang dibentuk sejak 3 Maret 2014 terus mencoba memberi pembaharuan pada tatanan artistik, saintifik, hingga ekosistem seni dan masyarakat di Kalimantan Barat. Selain sebagai sebuah ansambel musik, Balaan Tumaan berfokus menjadi laboratorium penciptaan musik baru berbasis tradisi di Kalimantan, dengan riset sebagai landasan penciptaan.

Debut Ansambel dimulai pada Oktober 2014 lewat program muhibah seni yang membawa Balaan Tumaan untuk menampilkan karya-karya seninya di Prancis, Belgia dan Jerman. Beberapa kolaborasi juga dilakukan, antara lain bersama Arum Sih Gamelan Orkester (Bremen, 2014), kolaborasi bersama Kevin Lock dan Wayne Silas (Musisi Natif Amerika), 2015. Pada tahun 2016, juga bekerja sama dengan komponis dan sound designer dari Jepang. Yasuhiro Morinaga dalam riset dan proyek pementasan interdisiplin berjudul "Marginal Gong" di Spiral Hall, Tokyo. Selain proyek kolaborasi, Balaan Tumaan juga aktif menghadirkan karya-karya musik baru lewat pementasan, juga forum diskusi musik.

Dalam bahasa Dayak Kayaan, “Balaan” berarti tepi/tepian, batas. Sedangkan “Tumaan” berarti pertemuan. Berdasarkan mitologi Dayak Kayaan, Bumi seperti mangkuk yang tertelungkup dengan langit sebagai selimutnya. istilah Balaan Tumaan memiliki makna sebagai titik pertemuan atau batas pertemuan antara bumi dan langit di tiap ujung pandangan. secara paradoks, bisa juga diinterpretasikan sebagai sebuah ujung tempat bertemu yang belum tentu mempertemukan, karena menemukan berarti merelakan.

@america Pacific Place, Pukul 18.30 WIB - 20.30 WIB, Dangdut USA

Band asal Pittsburgh, Dangdut Cowboys akan datang ke Kota Jakarta! Rayakan 70 tahun kemitraan Indonesia-AS, dan berbagi melalui musik yang menular dan tarian Amerika Dangdut yang menggembirakan dengan bintang tamu spesial Indonesia Fitri Carlina!

 #IndonesiaUSA70th

Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang, Jakarta, Festival Kemang Fresh Market 2019

Acara berlangsung pada Jumat (15/3) – Minggu (17/3).

Kamu akan dapatkan: Local Fruits & Vegetables, Flowers, Bonsai & Seeds, Pojok Herbal, Pojok Organik: All Microgreens & Organic Vegetables, Pojok Rempah

Info dan kontak: Facebook: Lippo Mall Kemang, Twitter & Instagram: @lippomallkemang

Main Atrium Palembang Indah Mall, Festival PIM Sneakers Week

Acara berlangsung pada Rabu (13/3) – Minggu (17/3).

Ada kabar gembira penggemar koleksi Sneaker! Dateng langsung ke event PIM Sneakers Week.

Temukan Sneaker dengan brand favoritmu, seperti Adidas, Skechers, Puma, Converse, Reebok, New Balance, Airwalk, dan Diadora. Discount up to 50%*  *t&c apply

Info dan kontak: Whatsapp: 0811557555, Twitter: @pimpalembang, Instagram: @palembangindahmall

Exhibition Hall Grand City Convex Surabaya, Surabaya Property Expo 2019

Acara berlangsung pada Selasa (12/3) – Minggu (17/3).

Pameran property yang menampilkan hunian dan commercial property berkualitas dari Citraland, PP property, Puncak Group, Capital Square, Taman Dhika, Pondok Tjandra dan developer ternama lain. Dilengkapi juga dengan vendor Interior dan Furniture seperti Vivere, Cellini dan vendor terpercaya lain yang siap membantu melengkapi hunian Anda sekalian dengan produk terbaiknya.

Diramaikan oleh kompetisi dari Robokidz tanggal 16 maret yang siap mengasah kemampuan putra putri Anda.

Info dan kontak: Facebook: Grand City Surabaya, Twitter: @grandcitysby, Instagram: @grandcitymall

GOR UNY, Jl Colombo No1 Sleman, Yogyakarta, Jogja Islamic Fair 2019

Acara berlangsung pada Kamis (14/3) – Senin (18/3).

Info dan kontak: Info stand / tenant, 082135243770 / 081215855000

JEC Yogyakarta, Jogja International Furniture & Craft Fair Indonesia (JIFFINA 2019)

Acara berlangsung pada Rabu (13/3) – Sabtu (16/3), masuk gratis

Info dan kontak: JIFFINA Jln Sorogenen No 9, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta Indonesia, Phone Number : +62 274 2820676, Email : officialjiffina@gmail.com

Plaza Medan Fair, Sumut Heritage

Acara berlangsung pada Kamis  (7/3) – Minggu (31/3)

Untuk pertama kalinya dalam 30 tahun, @lippomallsindonesia akan merayakan ulang tahunnya secara serentak di seluruh Nusantara.

Di dekadenya yang ketiga, Lippo Malls Indonesia mengangkat tema Nusantara untuk perayaan ulang tahun “3 Dekade” Lippo Malls Indonesia. Plaza Medan Fair dan Lippo Malls Regional Sumatera Utara, mengangkat Tema Sumut Heritage yang bertujuan untuk mengangkat kearifan lokal dan melestarikan budaya bangsa.

Rundown acara: Vintage Festival Kamis (7/3) – Minggu (10/3) , Donor Darah bersama YOAM  Sabtu (16/3) , Beauty Class with Natasha Minggu (17/3), Wedding Nusantara Senin (25/3) – Minggu (31/3)  Carnaval Lippo Malls SUMUT Minggu (31/3)  Info dan kontak: Facebook: Plaza Medan Fair, Twitter &, Instagram: @plazamedanfair

Bentara Budaya Bali, pukul 17.00 WITA, Gores Garis, Figur Bertutur

Kelas Kreatif kali ini merupakan kelanjutan dari lokakarya seputar Ikonik Dunia Kartun Indonesia, yang digelar terdahulu bersama kartunis Jango Pramartha (Ketua Indonesian Cartoonist Association 2005-2010). Bila sebelumnya telah dibincangkan perihal sosok-sosok ikonik dunia kartun Indonesia, berikut proses cipta dan latar sosial kultural kelahirannya, kini lebih difokuskan pada seluk beluk karikatur editorial yang muncul berkala di media massa.

Karikatur sebagaimana dikenal sekarang ini bermula pertama kali di Italia pada abad ke-16, dari kata caricare, berarti kecenderungan melebih-lebihkan. Karikatur menggambarkan sosok-sosok yang populer atau dikenal publik, dihadirkan guna memicu kelucuan tertentu seraya menyiratkan pesan tersendiri.

Bersama narasumber I Wayan Nuriarta SPd MSn (Kartunis, Dosen Desain Komunikasi Visual ISI Denpasar), akan ditelaah lebih jauh perihal perkembangan seni karikatur dan kartun editorial di Indonesia, berikut peran kehadirannya di media massa dalam mengkritisi situasi sosial yang berkembang di masyarakat. Termasuk hal-hal apa saja yang patut diperhatikan oleh seorang kartunis sewaktu membuat karikatur yang kritis, namun tidak kehilangan kesan humor serta tidak menyinggung penguasa.

Di Indonesia sendiri, dunia kartun memiliki sejarah yang terbilang panjang, terutama sosok – sosok ikoniknya yang sohor dan diterbitkan di media massa, semisal: Oom Pasikom (karya GM Sudarta), Wayang Mbeling (Gunawan Pranyoto), Panji Koming (Dwi Kundoro), dan Si Keong (Pramono R Pramoedjo). Termasuk pula sosok ikonik buah karya kartunis Bali, semisal: Si Gug (Jango Pramartha), Sangut Delem (Gus Martin), Bang Nus (Cece Riberu), Brewok (Gun Gun), Mr. Bali (Surya Dharma), dan Si Sompret (Wayan Sadha).

Kelas Kreatif ini juga tertaut program Pameran Kartun Ber(b)isik yang akan berlangsung di Bentara Budaya Bali pada 29 Maret-9 April 2019, menampilkan kartunis Beng Rahadian, Didie SW, Ika W. Burhan, Mice Cartoon, Rahardi Handining dan Thomdean.

Minggu, 17 Maret

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Teater Utan oleh Institute Tingang Borneo Teater

Pertunjukan "Utan" merupakan sebuah pertunjukan teater, tari, dan musik yang mengangkat tentang keadaan orangutan Kalimantan dipadukan dengan kebudayaan suku Dayak Kalimantan Tengah

Tidak hanya berisikan fakta menyedihkan orangutan Kalimantan, tetapi juga mengangkat perjuangan dalam penyelamatan orangutan Kalimantan.

Institute Tingang Borneo Teater (ITBT) adalah komunitas penggerak seni pertunjukan di Kota Palangka Raya yang aktif melakukan pentas produksi sejak tahun 2013. Dalam mewujudkan pengkaryaan ‘Kahiu Manangis’ ITBT berkolaborasi dengan prodi Sendratasik Univ. Palangka Raya dan sanggar Riak Renteng Tingang.

Plaza Tenggara dan Selatan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Construction Fun Day 2019

Harga tiket masuk: Online: Rp20.000, Onsite: Rp25.000

Halo Generasi Muda Pembangun Bangsa! Buat kamu yang tertarik dengan industri konstruksi di Indonesia, kita ada acara pada tanggal 17 Maret 2019, Construction Fun Day 2019 di Parkir Tenggara GBK Senayan. Ini ajangnya buat kamu tahu lebih banyak soal dunia konstruksi. Saatnya kamu bisa ketemu pengusahanya, belajar dari expertnya dan paham mengenai kebijakannya.

Acara ini akan diselenggarakan selama satu hari penuh dengan berbagai rangkaian kegiatan dan kompetisi hingga hiburan menarik lainnya.

Bagi peserta yang mengikuti Construction FunRun5K akan mendapatkan RacePack dan berkesempatan memenangkan Doorprize dengan total hadiah puluhan juta rupiah. Raih medali dengan desain unik di garis finish. Yukk, daftar sekarang juga! Di Construction Fun Day 2019 kita semua bisa main Lego! Ikuti Lego Building Competition untuk teman-teman pelajar, mahasiswa dan kontraktor dengan total hadiah 15 juta + sertifikat.

Construction Warrior, setiap peserta yang mengikuti kompetisi ini akan mendapatkan helm & rompi safety, dan bagi tim yang memenangkan kompetisi ini akan mendapatkan hadiah puluhan juta Rupiah serta piala bergilir yang bergengsi, yaitu piala Kementerian PUPR, Gapensi & LPJK Nasional.

Bagi setiap pengunjung yang mengikuti CFD’19 berkesempatan mendapatkan Doorprize senilai puluhan juta Rupiah, dengan hadiah utama Sepeda Motor Matic.

Bekerja sama dengan LPJK Nasional, CFD’19 akan mengadakan lomba foto via Online (1 bulan sebelum acara) dan Onsite (selama acara ini berlangsung). Semua pengunjung acara dapat mengambil bagian dalam kompetisi ini, berhadiah total puluhan juta Rupiah lho!

Pameran & Bazaar, kegiatan yang pastinya berbeda dengan pameran lainnya, dimana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan melihat & mencoba langsung produk-produk peserta pameran. Nikmati pula bazaar kuliner ala food truck & multi-product.

Pembelian tiket dan pendaftaran lomba melalui: constructionfunday.com/pendaftaran

Info dan kontak: Facebook: Construction Fun Day 2019, Instagram: @constructionfunday, Website: constructionfunday.com

Jakarta Convention Center (JCC), Keramika Indonesia 2019

Acara berlangsung pada Kamis (14/3) – Minggu (17/3).

Keramika bertujuan untuk menjadi pasar khusus bagi industri keramik ASEAN untuk berkumpul di negara penghasil keramik terbesar di ASEAN dan salah satu konsumen keramik terbesar di dunia, Indonesia. Acara ini mempertemukan produsen keramik Indonesia dan akan menampilkan desain dan teknologi terbaru dari produsen keramik Indonesia.

BizMatch adalah alat pencocokan bisnis online unik yang membantu peserta pameran untuk mulai menjalin kontak dengan calon pembeli mereka dan memungkinkan pembeli untuk dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan.

BizMatch unik, karena bukan hanya sistem online tetapi online, offline yang didedikasikan (dikelola oleh tim manajer hubungan) dan layanan di tempat yang menjalankan sistem pencocokan cerdas yang membantu setiap peserta pameran dan pembeli dengan memahami kebutuhan mereka, 1 bulan sebelumnya acara yang sebenarnya.

Pembuatan kecocokan yang cerdas, kunjungan pembeli, permintaan pertemuan yang dipimpin peserta pameran, klub pembeli VIP adalah beberapa hal yang merupakan bagian dari BizMatch, menjadikannya salah satu alat paling kuat untuk menghubungkan ke kelompok sasaran yang tepat sebelum pertemuan tatap muka yang sebenarnya selama acara.

Info dan kontak: Facebook: Keramika Indonesia, Instagram: @KeramikaID, Website: keramika.co.id

Oval Atrium, Ciputra World Surabaya, Indonesia Baloon Art Festival (IBAF) 2019

Acara berlangsung pada Jumat (8/3) – Minggu (17/3).

IBAF 2019 adalah Balloon Art Exhibition pertama di Surabaya yang diselenggarakan oleh Adalima bersama Mynicorner dan Ciputra World Surabaya, menyuguhkan rangkaian instalasi yang terbuat dari +/- 180.000 balon rancangan komunitas #indoballoonartistclub bertema “Enchanted Forest” yang terbagi menjadi 5 zona, yaitu Fantasy Land, War Zone, Fairy Village, Dragon Dungeon dan Children Fantasy Activities.

Info dan kontak: Facebook: Ciputra World Surabaya, Instagram: @ciputraworldsby, Website: ciputraworldsurabaya.com

Gym Center Puri Mansion Apartment Lomba Menyusun Lego

Puri Mansion Apartment kembali lagi menghadirkan lomba menyusun lego.

Ayo daftarkan segera anak-anak Anda ini saatnya untuk mengikuti lomba yang menguji keberanian dan kreatifitas anak Anda untuk menyusun lego yang dipacu dengan waktu. Jangan sampai ketinggalan lagi untuk mendaftarkan anak Anda, pendaftaran free dan ada hadiah menarik juga.

Hadiah juara: Trophy Lego + Rp 500.000, Trophy Lego + Rp 300.000, Trophy Lego + Rp 200.000, Harapan 1 set lego, 1 set lego, 1 set lego

Info & kontak : WA : 0821 1014 2339

Editor : Sotyati

Back to Home