Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:54 WIB | Jumat, 22 Maret 2019

Acara Akhir Pekan 23 – 24 Maret 2019

BaliSpirit Festival 2019 berlangsung pada Minggu (24/3) – Minggu (31/3) . (Foto: whatsnewindonesia.com)

SATUHARAPAN.COM – Pertunjukan teater dan seni, travel fair, pameran alat kesehatan, pameran kerajinan, dan pameran lukisan, akan digelar untuk meramaikan acara akhir pekan di bulan ini. Selain itu nikmati kemeriahan festival budaya yang akan digelar, yakni Bali Spirit Festival 2019 dan Exciting Banten on Seba Baduy 2019.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 23 Maret

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Mama di Tanah Sumba oleh Teater Pintu

Omi, perempuan Sumba yang memiliki status hamba. Ia memiliki anak perempuan bernama Eti. Omi menerima betul statusnya sebagai hamba, hanya ada banyak hal dimana Omi merasa hak hidup atas dirinya bahkan anaknya seperti diabaikan karena segala keputusan tentang hidup mereka bergantung pada tuannya. Salah satu yang kemudian menjadi perjuangan Omi, ia berjuang menyekolahkan Eti walau risiko besar menghadapinya, karena ia tahu bahwa seorang hamba tidak boleh bersekolah.

Perjuangan Omi menyekolahkan Eti dilakukan tanpa sepengetahuan Mesakh, suaminya dan Tamu Umbu Jaka, tuannya. Awalnya, semua hal yang dilakukan oleh Omi dan Eti berjalan baik tanpa kendala apa pun. Hingga suatu hari, Mesakh, hamba yang sangat taat terhadap adat, meminta uang kepada Omi untuk membeli hewan yang akan dipotong dalam upacara kematian keluarganya. Terjadi pertengkaran antara Omi dan Mesakh karena hal tersebut. Dalam pertengkaran itu akhirnya diketahuilah oleh Mesakh, bahwa Omi telah diam-diam menyekolahkan Eti. Mesakh marah besar, karena baginya itu sudah melanggar adat. Di tengah kemarahan Mesakh, ia pun mengalami ketakutan hebat yaitu bagaimana kalau sampai Tamu Umbu mengetahuinya, karena akan ada hukuman besar menanti dirinya.

Konsep pertunjukan Mama di Tanah Sumba adalah pertunjukan teater realis yang berkolaborasi dengan seni musik dan seni tari tradisional Sumba.

Puri Indah Mall, Jakarta, Puri Indah Mall Tour & Travel Fair – Summer Vacation

Acara  berlangsung pada Selasa (19/3) – Minggu (31/3).

Kunjungi Tour & Travel Fair "Summer Vacation" Puri Indah Mall dari 19 Maret - 31 Maret 2019 di Centre Court 1. Nikmati penawaran spesial dari 10 agen perjalanan: AntaVaya, Avia Tour, ATS Vacations, Bayu Buana, Cruise Center, Golden Rama, K.I.A Tours & Travel, My Tours, Obaja Tour & Travel, Panen Tour.

Habiskan Rp10 juta dan dapatkan Roaming Internet Chip Gratis dari Flexiroam X! * T & C Berlaku.

Informasi lebih lanjut (021) 5822582

Info dan kontak: Telp: 021-5822582, Facebook: Puri Indah Mall

JIExpo Kemayoran, Jakarta, Pameran Alat Kesehatan Indomedicare Expo 2019

Acara berlangsung pada Kamis (21/3) – Sabtu (23/3).

Indomedicare Expo 2019 adalah pameran internasional ke-11 tentang Peralatan Medis, Gigi dan Rumah Sakit, Kedokteran, Perawatan Kesehatan, Persediaan dan Layanan, yang diselenggarakan setiap tahun.

Indomedicare Expo 2019 menampilkan: Pharmaceutical Products, Medicine/Herbal Medicine, Medical Equipment, Medical Home Healthcare, Medical Disposables, Electronic Medical Equipment, Hospital Medical Equipment, Rehabilitation Equipment, Miscellaneous Medical Items, Chemicals Relative, Materials for Medical Equipment, Technologies, Dental Equipment & Instruments, Dental Materials & Medicaments, Dental State-of-the-art, Dental Furniture, Equipment for Infection Control, X-ray Equipment & Materials, Plastic Surgery, Implantation Products, Oral Hygiene, Physical Fitness Equipments, etc

Info dan kontak: Telp: 021-6345861, Email: info@kristamedia.com

Lower Ground Terra Atrium, Central Park Mall, Jakarta, World Travel Expo 2019

Acara berlangsung pada Rabu (20/3) – Minggu (24/3).

Seiring dengan semakin beratnya tuntutan pekerjaan di kantor dan rumah serta padatnya jadwal kegiatan, sudah sewajarnya setiap orang membutuhkan rekreasi. Salah satu rekreasi yang diimpikan banyak orang terutama di kota besar seperti Jakarta adalah travelling atau berwisata di dalam maupun ke luar negeri.

World Travel Expo 2019 merupakan salah satu pameran travel yang rutin diselenggarakan di berbagai mall-mall besar di wilayah Jabodetabek selama 7 tahun belakangan ini. Kami juga menghadirkan banyak kemudahan bagi setiap orang dalam berwisata, mulai dari agen perjalanan, airline, hingga bag/luggage, dan perlengkapan lainnya.

Info dan kontak: Telp: 021-29030769, Email: info@mcimanagement.com, Instagram: @mcimanagement

Hall A & B, Jakarta Convention Centre (JCC), Pameran Kerajinan Adiwastra Nusantara 2019

Acara berlangsung pada Rabu (20/3) – Minggu (24/3).

Adiwastra Nusantara tidak hanya diikuti oleh para perajin wastra adati, tetapi juga para perancang busana dan produk kriya lainnya, yang menggunakan dan memanfaatkan wastra adati sebagai bagian dari rancangannya. Popularitas kain adati yang meningkat pesat sejak beberapa tahun terakhir telah mendorong berkembangnya trend fesyen serta gaya hidup yang bernuansa etnik dalam kehidupan masyarakat modern hari ini.

Profile Exhibitor: Para perancang dan perajin kain unggulan terpilih dari seluruh Indonesia, para perancang dan perajin yang inovatif dan potensial untuk berkembang, para produsen dan perajin wastra adati binaan kementerian dan lembaga terkaIt, para perajin dan UKM wastra mitra binaan BUMN, para perajin dan UKM wastra binaan pemerintah daerah dari seluruh Indonesia, produk yang dipamerkan

Produk-produk kain unggulan Nusantara: batik, jumputan, tenun, songket, lurik, sasirangan, sulam. Produk-produk fashion: fesyen dan garment berbasis wastra/etnik, gaun pengantin, aksesoris/alas kaki, produk wastra untuk interior.

Profile Pengunjung: masyarakat/komunitas pencinta dan penikmat kain adati Nusantara, masyarakat/komunitas pencinta fesyen berbasis kain adati/etnik, akademisi, pengamat dan pemerhati kain adati Nusantara dari dalam dan luar negeri, para kolektor kain adati Nusantara dari dalam dan luar negeri, kementerian dan lembaga pembina industri kecil dan menengah dan industri kreatif di bidang wastra adati dan fesyen, expatriate dan wisatawan mancanegara yang mengagumi dan menggemari kain adati Indonesia, para buyer/seller untuk produk wastra adati dan fesyen dari dalam dan luar negeri, dan media

Info dan kontak: Instagram: @adiwastra_nusantara, Website: adiwastra.id

Jakarta Convention Center (JCC), International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) 2019

Acara berlangsung pada Kamis (21/3) – Sabtu (23/3).

Berbagai masalah kesehatan di negeri ini tampaknya akan mendapatkan jawabannya jika seluruh elemen yang relevan dengan kesehatan bergerak bersama untuk mengatasinya. Hal inilah yang akan diwujudkan Mukisi dalam menggelar IHEX 2019 (International Islamic Healthcare Conference and Expo),

Bertempat di Jakarta Convention Center, 2nd IHEX 2019 ini,  berharap menjadi solusi permasalahan kesehatan nasional. Berbeda dengan tahun lalu yang mengangkat tema konsolidasi, tahun ini Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi), selaku penyelenggara mengangkat tema kolaborasi.

Kemampuan berkolaborasi, salah satu wujud dari keberkahan (abundance), bagaimana bentuk konkretnya dalam industri pelayanan kesehatan yang sarat dengan tantangan dan kompetisi?

Registrasi melalui: ihex.co.id/pendaftaran

Info dan kontak: Telp: 0812-9696-029, Email: info@ihex.co.id, Facebook: IHEX Mukisi

Balai Kartini, Jakarta, Info Franchise & Business Concept Expo (IFBC) 2019

Acara berlangsung pada Jumat (22/3) – Sabtu (24/3), pukul 10.00 - 21.00 WIB.

Pameran Franchise IFBC 2019, Bangkitkan Gelora Wirausaha Nasional dan Tawarkan Cara Mudah Berbisnis Kekinian di Balai Kartini Jakarta

Memasuki awal tahun tentunya dengan resolusi baru. Memulai bisnis sendiri bisa jadi merupakan resolusi banyak orang di tahun ini. Hadirkan setidaknya 120 usaha franchise dan peluang usaha terkini, Pameran Rangkaian Nasional Info Franchise & Business Concept 2019 akan hadir pada 22-24 Maret 2019.

Mengusung tema “Gelora Wirausaha Nasional”, rangkaian pameran nasional yang ke-149 di Jakarta ini menawarkan ragam cara mudah memulai bisnis dan dijadwalkan akan dibuka oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Tidak hanya referensi usaha unik ‘zaman now’ yang bisa dikunjungi, pengunjung juga bisa ikuti National Conference “IMPACT Franchisepreneur” yang mampu membakar semangat berwirausaha dengan sub bahasan berbagai aspek dalam bisnis. Selama pameran, pengunjung disuguhkan dengan diskon besar-besaran untuk beli bisnis hanya selama pameran. Terlebih, pada area panggung acara terdapat acara bincang bisnis, presentasi produk, hingga motivasi bisnis selama pameran berlangsung.

Asosiasi Franchise Indonesia bersama dengan Majalah Franchise Indonesia pada tahun ini hendak mengawali rangkaian Road Show Nasional Info Franchise dan Business Concept 2019 (IFBC), yang menghadirkan kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi pengusaha dengan memilih ragam referensi peluang bisnis (franchise, peluang usaha, distributor, keagenan atau kemitraan), melalui sarana pameran di 5 kota besar di Indonesia.

Memasuki tahun rangkaian ke-13, road show pameran ini akan hadir di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan kembali ke Jakarta. Pameran Franchise kami diawali di tahun 2005 dengan kegiatan Info Franchise Expo, dan pada tahun 2007 inagurasi Pameran Road Show Nasional kami diawali. Seiring berjalannya waktu kegiatan pameran franchise kami bertransformasi menjadi Info Franchise & Business Concept Expo untuk menjangkau peluang bisnis pada umumnya yang memiliki pertumbuhan yang signifikan.

Pameran IFBC 2019 yang berlangsung 3 hari (Jumat – Minggu) ini akan menghadirkan lebih kurang 120 merek baik waralaba maupun peluang usaha. Franchise dan business opportunity di kegiatan pameran IFBC ini juga menawarkan berbagai peluang usaha bagi masyarakat umum, mulai dari Rp 5 Juta hingga ratusan juta rupiah.

Ragam usaha yang akan hadir antara lain: retail, kuliner, pendidikan, binatu/laundry, otomotif, jasa pengiriman barang, business support, business applications dan masih banyak usaha menarik lainnya.

Info dan kontak: Telp 1: 0811-8898-981, Telp 2: 08111-7474-84, Instagram: @infofrachiseexpo, Website: infofranchiseexpo.com

Bentara Budaya Yogyakarta, Pameran Lukisan Memedi Sawah

Acara berlangsung pada  Minggu (24/3) – Sabtu (30/3).

Perupa Hari Budiono akan memamerkan sepilihan karya terbarunya dalam pameran bertajuk “Memedi Sawah“ di Bentara Budaya Yogyakarta pada 23 – 30 Maret 2019. Sejumlah 10 karya lukis berikut sebuah instalasi dihadirkan dan masing-masing mencoba merespons situasi terkini di negeri ini.

Lebih khusus, Hari Budiono menambahkan bahwa Memedi Sawah dimaknai sebagai simbol teror dalam kondisi kontemporer negeri ini. Memedi atau orang-orangan sawah mulanya berfungsi sebagai penghalau hewan hama yang mengganggu tanaman. Tapi, melalui pameran ini Hari Budiono ingin mengetengahkan perumpamaan bahwa kini justru sang penjagalah yang menjadi pengganggu dalam suatu lingkungan. “Memedi Sawah menjadikan kita saling curiga, saling membenci, saling tak menghargai, selalu merasa menang dan benar sendiri, sehingga kita menjadi manusia intoleran,“ katanya.

Simak saja misalnya karya instalasi bertajuk “Jangan Takut Memedi Sawah“, terdiri atas 115 orang-orangan sawah yang memegang lukisan wajah tokoh yang sedang tertawa dan syair lagu Ibu Pertiwi. Ini dimaknai sebagai perlawanan terhadap teror yang dilakukan para memedi sawah.

“Memedi Sawah itu jadi tidak menakutkan lagi, mereka telah tertawa dengan tawa manusia Indonesia, mulai dari presiden sampai rakyat biasa. Memang, ketakutan sosial hanya bisa dikalahkan dengan tertawa bersama-sama. Ketakutan itu memecah-belah, sedangkan tertawa itu menyatukan,“ kata GP Sindhunata, kurator Bentara Budaya, dalam tulisan tentang pameran ini.

Hari Budiono merupakan lulusan Sekolah Tinggi Seni Rupa “ASRI“ Yogyakarta tahun 1985. Ketika tahun 1982 Jakob Oetama mendirikan Bentara Budaya di Yogyakarta, bersama Sindhunata, GM Sudarta, JB Kristanto, Hajar Satoto, dan Ardus M Sawega, dia menjadi pelaksana angkatan pertama.

Hartono Mall – Yogyakarta, Organic Fest 2019 Pameran Produk Organic dan Industri Pendukungnya

Acara berlangsung pada Sabtu  (23/3) – Senin (25/3), masuk gratis.

Dalam rangka memperkenalkan Produk Organik Kepada Masyarakat dan Memperluas Akses Pasar Produk Organic, PT Yuka Mitra Promo (Yukapro) dengan dukungan instansi terkait menyelenggarakan Pameran “Organic Fest 2019“.

Pameran yang mengusung tema “Selamatkan Generasi Sekarang dan Akan Datang Dengan Mengkonsumsi Produk Organic“ bertujuan untuk mempromosikan Produk Organic itu sehat dan ramah lingkungan.

Info dan kontak: PT. Yuka Mitra Promo (YUKAPRO), Email : info.yukapro@gmail.com, Twitter : @27yukamp, Facebook : Yukapro, Instagram : Yukapro

Bandung Indah Plaza, Art & Fashion Festival

Acara berlangsung pada Kamis (7/3) – Minggu (31/3).

Lippo Malls Indonesia memasuki 3 dekade. Dalam rangka perayaan ulang tahun Lippo Malls Indonesia, Bandung Indah Plaza berbagi kebahagiaan, dengan beragam event dan acara yang seru serta promo yang sangat menarik di “Art & Fashion Festival!”. 

Jangan lupa ajak temen, keluarga, sahabat, pacar dan semuanya untuk main ke Bandung Indah Plaza. Info dan kontak: Facebook: Bandung Indah Plaza, Twitter: @BIP_BDG, Instagram: @bandungindahplaza

Minggu, 24 Maret

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Teater Chanda oleh Teater Kuncup Mekar

Chanda adalah kisah yang mengangkat tentang kegelisahan anak-anak era sekarang. Cuek, antisosial dan mudah marah, menjadi bahan yang menarik dalam pertunjukan Chanda. Melalui pengamatan dan melihat fenomena sekitar perkembangan teknologi berperan kuat di dalam dinamika masalah anak-anak sekarang.

Karena teknologi semua jadi mudah, hingga untuk bermain saja bisa dengan duduk di dalam kamar menggunakan gadget. Dengan begitu orang tua tak perlu khawatir anaknya akan keluar rumah. Orang tua akan menjadi lebih enak untuk bekerja mencari uang dan mengumpulkan materi. Anak akan keasyikan dengan gadgetnya dan jarang berkomunikasi dengan orang tuanya begitupun sebaliknya. Teknologi yang bertujuan mendekatkan yang jauh akhirnya menjauhkan yang dekat.

Chanda ingin menumbuhkan kembali spirit reconnect relationship, atau menghubungkan kembali hubungan salah satunya melalui tatap muka dan saling berbicara, dengan harapan proses komunikasi tatap muka yang sudah diajarkan dari kebiasaan di rumah dan diajarkan sejak dini dari orang tua terhadap anak dapat menjadi bekal untuk anak bersosialisasi dan menjadikannya pribadi yang baik terhadap masyarakat dan lingkungannya.

Teater Kuncup Mekar berdiri pada 15 Januari 1991, tepatnya di Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Teater Kuncup Mekar banyak melakukan aktivitas pentas di kecamatan, mengadakan kemah bakti teater, dan latihan rutin, workshop, pentas keliling kota serta membangun jaringan kerja seni dengan berbagai komunitas seni lain di Kudus maupun di luar kota. Teater Kuncup Mekar menjadi wadah bagi generasi muda berbakat, kreatif, dedikatif dan inovatif yang ingin mengembangkan potensi dan melakukan kegiatan-kegiatan kreatif.

Bentara Budaya Bali, pukul 18.00 WITA, Kisah Sutradara dan Film Anti-Korupsi

Acara berlangsung pada Minggu (24/3) – Senin (25/3).

Sinema Bentara kali ini terbilang khusus karena memaknai Hari Film Indonesia yang diperingati setiap tanggal 30 Maret. Film yang dipilih sebagaian besar tertaut pada memoar atau kisah seseorang yang tumbuh menjadi sutradara, termasuk juga film-film yang merupakan buah cipta dari para pelopor sinema di Indonesia, antara lain Asrul Sani melalui film Pagar Kawat Berduri (1961, 123 menit), dan Teguh Karya lewat Di Balik Kelambu (1983, 94 menit). Serta tidak ketinggalan Cinema Paradiso (Italia, 1988, 124 menit) yang merupakan refleksi perjalanan hidup sang sutradaranya sendiri, Giuseppe Tornatore.

Sejalan itu, ditayangkan pula film-film yang menyoal antikorupsi, antara lain: Sekeping Tanggung Jawab (Indonesia, 2018, Durasi: 7 menit 5 detik, Sutradara: Fitto E Arunfieldo) dan Jimpitan (Indonesia, 2018, Durasi: 12 menit 49 detik, Sutradara: Wiwid Septiyardi), bekerja sama dengan KPK RI. Hal ini mengingat film-film bertema antikorupsi sudah menjadi gagasan dan perhatian para founding fathers perfilman Indonesia, semisal lewat film Si Mamad (Sumandjaja, 1973), Lewat Djam Malam (Usmar Ismail, 1954) –keduanya  sempat ditayangkan pada program Sinema Bentara terdahulu, juga film Daerah Hilang (Bachtiar Siagian, 1956) dan Tahu Sama Tahu (1953).

Pemutaran film kali ini masih diselenggarakan dalam konsep Misbar, mengedepankan suasana nonton film bersama yang guyub, hangat, dan akrab dengan layar lebar di halaman Bentara Budaya Bali serta dimaknai diskusi sinema bersama narasumber terpilih.

Grand City Exhibition Hall, Surabaya, Horeca Surabaya 2019

Acara berlangsung pada Kamis (21/3) – Minggu (24/3), masuk gratis.

Surabaya, Horeca kembali! Ini adalah Pameran Internasional produk makanan dan minuman, teknologi, bahan-bahan, bahan tambahan, bahan baku, layanan, peralatan, persediaan, dan banyak lagi lainnya.

Begitu banyak kegiatan di di ajang ini, diantaranya seminar, kompetisi, talkshow.

Menampilkan: Bakery & Confectionery, Food & Hospitality, Food Ingredients, Healthy Food & Herbal, Retail & Franchising, Packaging.  

Kegiatan lain:  Seminar about business opportunity in Horeca field, Talkshow cafe & resto opportunity, Cooking competition, Making bed competition, Fruit carving competition, Fruit carving workshop.

Follow twitter @grandcitysby , instagram @grandcitymall and FanPage Grand City Surabaya for more info about Discount, Promo, Event and many more!

Info dan kontak: Facebook: Grand City Surabaya, Twitter: @grandcitysby, Instagram: @grandcitymall

Purnati Centre for the Arts Ubud, Bali, BaliSpirit Festival 2019

Acara berlangsung pada Minggu (24/3) – Minggu (31/3).

BaliSpirit Festival lebih dari sekadar festival. Ini adalah pengalaman untuk semua indera! Dari yoga hingga meditasi, tarian, latihan pernapasan, penyembuhan, dan hubungan otentik, festival ini membuka ruang transformasi melalui eksplorasi, koneksi, dan komunitas luar dan dalam. Ini adalah tempat kreativitas dan relaksasi, aktivitas dan ketenangan, refleksi diri dan kebersamaan di alam!

Diselenggarakan di pulau suci Bali, yang dikenal dengan 1000 kuil dan 1 juta persembahan yang dibuat setiap hari, festival ini berlangsung di pusat penyembuhan holistik Ubud, yang diterjemahkan sebagai 'obat' dari Bali. Dua belas tahun yang lalu, ide untuk BaliSpirit Festival lahir untuk melayani kebaikan yang lebih besar dari semuanya melalui perayaan, kegembiraan dan koneksi pikiran-tubuh-jiwa. Didukung oleh tim visioner yang kuat dan semangat pulau suci Bali, festival ini telah berkembang dengan mantap dan sekarang telah menjadi salah satu festival yoga terbesar dan terbaik di Asia.

Ubud sendiri adalah tujuan bagi para seniman, guru, dan musisi yang kembali yang berbagi kecintaan terhadap spiritualitas dan kedokteran gerakan melalui ajaran dan pertunjukan unik mereka. Setiap tahun, BaliSpirit Festival menyelenggarakan talenta dari seluruh dunia untuk menghadirkan alkimia suara, penyembuhan, dan gerakan yang hidup! Para pemain menawarkan lebih dari sekadar tarian atau lagu, mereka berbagi sepotong budaya mereka, pesan mereka yang tulus dan kontribusi unik kepada dunia.

Festival ini akan berlangsung pada 24-31 Maret 2019 di Ubud, Bali. Dikelilingi oleh sawah-sawah hijau subur dan pepohonan rimbun yang luar biasa di Bali, tempat festival akan berada di Purnati Centre for the Arts, 15 menit berkendara dari Ubud dan 45 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Apakah Anda datang ke Bali untuk mengalami hanya beberapa hari festival atau selama seminggu penuh, ada banyak pilihan dari wisma, hostel, dan hotel untuk dipilih di daerah sekitarnya.

Nantikan konsep musik dan tarian baru dan berbagai tambahan dalam program ini, tempat yang bahkan lebih ajaib dan banyak kejutan! Susunan untuk BaliSpirit Festival yang akan datang telah hati-hati dikuratori dengan lebih dari 150 presenter dari seluruh dunia, untuk menjamin perpaduan sempurna dari lokakarya dan kelas, konser dan malam DJ, penyembuhan holistik dan yoga. Edisi ke-12 menjadi tuan rumah line-up yang luar biasa dari semua pemain, guru dan waktu favorit

Nikmati BaliSpirit Festival yang akan datang ini dengan hati terbuka!

Serang Banten, Exciting Banten on Seba Baduy 2019

Acara berlangsung pada Minggu (24/3) - Minggu (31/3).

Seba Baduy, sebuah ritual tahunan Baduy yang terisolasi (kadang-kadang dieja Badui), sebuah sub-etnis di Provinsi Banten-akan terjadi ketika komunitas yang biasanya terisolasi ini akan muncul dan akhirnya menunjukkan diri mereka kepada dunia, sehingga memungkinkan publik untuk melihat sekilas komunitas misterius ini yang telah berpegang teguh pada cara hidup mereka yang kuno.

Baduy di Provinsi Banten, sebelah barat kota Jakarta, adalah kelompok sub-etnis yang dipercayai menjaga desa mereka sepenuhnya dan tertutup bagi orang luar. Mereka juga tidak berani keluar dari daerah mereka sendiri, dan selama berabad-abad telah menjaga diri mereka sendiri hingga cara hidup mereka sendiri. Belakangan, dua komunitas muncul, yang dikenal sebagai Baduy Dalam dan Luar. Sementara Badui Dalam tidak diizinkan untuk melangkah keluar dari pinggirannya sendiri, Badui luar dapat melakukannya, tetapi harus tetap berpegang teguh pada tradisi lama mereka.

Exciting Banten on Seba Baduy telah berlangsung ratusan tahun. Dan, menjadi atraksi unggulan pariwisata Banten.

Pada kesempatan khusus ini, ribuan Baduy Luar dan Dalam akan melakukan ziarah 115 kilometer dengan berjalan kaki, turun dari Pegunungan Kendeng di mana desa-desa terpencil mereka berada untuk memasuki Kota Serang, ibu kota Provinsi Banten. Mereka akan membawa serta berbagai buah-buahan, sayuran, dan tanaman lainnya untuk disajikan sebagai hadiah kepada pejabat provinsi yang melambangkan penguasa Banten. Tradisi ini dikatakan merentang dari awal abad ke-15 yang diturunkan dari Kesultanan Banten, melalui era kolonial Belanda, hingga Republik Indonesia saat ini.

Untuk Badui, Seba bertindak sebagai penutup dari serangkaian ritual yang dikenal sebagai 'Kawalu', yang merupakan ritual puasa 3 bulan. Selama periode ini, semua orang luar dilarang memasuki Desa Baduy.

Setibanya di Serang, para penjaga tradisi kuno ini akan diterima secara seremonial dan disambut dengan perayaan besar. Akan ada pertunjukan seni dan budaya termasuk tarian tradisional, Teater Wayang Golek Kayu, Marching Band, dan banyak lagi lainnya. Seperti yang dilakukan secara turun-temurun, dalam upacara khusus ini, para pemimpin Baduy akan mengungkapkan harapan dan harapan penduduk desa dan mendesak Penguasa Banten pada beberapa penerapan pemerintahan yang baik atas rakyatnya.

MaxxBox Lippo Village, Batik Coloring Competition at MaxxBox Lippo Village

Hello Superkids, sudah ada kegiatan belum di akhir Maret ini? Yuk ikutan lomba mewarnai dengan tema Batik bersama Superkids Indonesia di MaxxBox Lippo Karawaci berhadiah jutaan rupiah.

Ketentuan: Kategori A (usia 5-9 tahun), Kategori B (usia 10-12 tahun), Biaya Pendaftaran Rp. 50.000 (termasuk voucher snack dan kertas mewarnai), Khusus Kategori B mewarnai dan menggunakan teknik pop up Kolase, Teknik (material pop up akan disediakan oleh SuperTeam, informasi detail bisa ditanyakan via WA), Membawa perlengkapan mewarnai dan meja lipat, Melakukan pendaftaran via WA sebelum 22 Maret 2019. 30 Pendaftar pertama akan mendapatkan free goodiebag

Hadiah: Total hadiah 5 juta untuk 8 pemenang (Cash & Voucher), Star Kids Profile di www.superkidsindonesia.com, Piala, Sertifikat, Goodie Bag

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home