Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:31 WIB | Jumat, 07 September 2018

Acara Akhir Pekan 8 – 9 September 2018

Ilustrasi. Malang Flower Carnival (MFC) 2018 . (Foto: mediacenter.malangkota.go.id)

SATUHARAPAN.COM – Beberapa acara meramaikan akhir pekan di Ibukota di penggal awal bulan September ini, di antaranya pertunjukan teater, pertunjukan musik, festival budaya Jepang, lomba eSports, travel fair, bazaar multiproduk, bazaar buku, dan Festival Street Fashion.

Selain itu ada festival budaya yang tak kalah menarik dan patut disimak, yang diselenggrakan di beberapa daerah, antara lain Solo International Performing Arts 2018, Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF), dan Malang Flower Carnival (MFC) 2018.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 8 September

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Teater Nara oleh Teater Djarum

Nara merupakan simbolisasi atas sebuah semangat hidup yang tak pernah menyerah. Ia seorang perempuan desa (pesisir) yang kemudian dibawa ke tanah perkotaan, dimana perbedaan budaya dan cara berpikir menjadi masalah terbesarnya. Namun, keyakinan Nara akan nilai luhur dan hakikat kehidupan, menjadi daya yang ia selalu bawa dan perjuangkan. Seperti api yang bernyala, menerangi sekitarnya.

Menempuh perjuangan, tentu tidak semudah membayangkannya. Nara menemui banyak pengorbanan, terutama pengorbanan dari orang-orang tercinta yang mendukungnya selama ini. Bagaimana ia melihat semua itu? Akan ia berhenti? Atau bagaimana ia akan melanjutkan perjuangan?

Teater Djarum merupakan kelompok seni pertunjukan yang menjadi wadah ekspresi dan berbagai gagasan estetika para karyawan PT Djarum, yang terdiri atas seluruh lapisan dan berbagai departemen/bagian. Kelahirannya ditandai dengan pentas perdana, 21 April 2003 di GOR Djarum Kaliputu – Kudus, dengan mengangkat lakon Klenting Kuning Gugat.

Saat ini anggota Teater Djarum tidak kurang dari 35 orang. Menjalankan proses berteater, dan juga melakukan agenda-agenda pembelajaran untuk dunia teater di lingkungannya. Selain memproduksi karya-karya seni pertunjukan, Teater Djarum juga mengembangkan kegiatan kunjungan ke teater-teater sekolah, mengadakan festival teater pelajar setiap tahun, dan melakukan kegiatan sosial.

Hall Atrium GF, Mall Tamini Square, Jakarta, Hobbies Week Fest 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (8/9) – Minggu (9/9).

Tamini Square mengadakan event seru, “Hobbies Week Fest 2018”, pameran berbagai macam barang yang kekinian banget.

Acara: Dance Competition, Artist Performance, G-Shock Watch, Diecast, Sneakers, dan lain-lain.

Info dan kontak: Telp: 021-87785888, Facebook: Mall Tamini Square, Twitter: @taminisquare, Instagram: @malltaminisquare

Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Kratingdaeng Indonesia  

Acara berlangsung pada Sabtu (8/9) – Minggu (9/9).

Kejuaraan eSports Kratingdaeng Indonesia 2018 (Kratingdaeng Indonesia eSports Championship 2018 – Kratingdaeng IEC 2018) hadir untuk menjadi kompetisi eSports terbesar di Indonesia dengan menargetkan 20,000 peserta yang berasal dari seluruh kota di Indonesia untuk berkompetisi dalam berbagai jenis permainan.

Kompetisi ini terbagi dalam dua babak, babak pertama adalah babak kualifikasi (online dan offline) untuk Mobile Legends dan PUBG. Kemudian babak kedua adalah grand final yang akan diadakan pada 8-9 September 2018 di ICE BSD. Total hadiah yang diperebutkan dalam kejuaraan IEC ini adalah lebih dari 1 miliar rupiah.

Selain menonton pertandingan grand final dari kompetisi PUBG dan Mobile Legends, temukan juga keseruan lain yang bisa didapatkan di Kejuaran eSports Kartingdaeng Indonesia 2018. Yang ngefans dengan para pemain pro Mobile Legends dan PUBG, juga bisa bertemu dan berbagi pengalaman dengan mereka di ajang ini. 

Bagi pencinta eSports dan arcade game, bisa menikmati serunya main bareng dengan pengunjung lain di booth mini games dan mendapatkan banyak hadiah! Ada PES, Fortnite, Ayo Dance, CS Go, PUBG Mobile, ROS, dan masih banyak lagi.

Meet up dengan berbagai komunitas, dan lihat betapa lengkap dan kerennya koleksi yang mereka miliki! Pengunjung juga bisa melihat uniknya mobil dan track Tamiya serta HotWheels sambil ditemani Cosplayers dari game-game besar.

Selain menikmati beragam keseruan yang dihadirkan di acara ini, pengunjung juga berkesempatan untuk memenangi doorprize, Motor Custom Kratingdaeng Yamaha Xabre, dan ribuan voucher game.

For more information please visit: iec.kratingdaeng.co.id

Info dan kontak: Facebook: Kratingdaeng Indonesia, Website: iec.kratingdaeng.co.id

Jakarta Convention Center, Pakuwon Mall Surabaya, Center Point Medan, Phinisi Point Makassar, Kompas Travel Fair 2018 Serentak di 4 Kota

Acara berlangsung pada Jumat (7/9) – Minggu (9/9).

Diselenggarakan sejak tahun 2012, Kompas Travel Fair 2018 kembali menyambut siapa pun yang ingin berburu banyak promo tiket, paket liburan, sampai perlengkapan traveling.

Kompas Travel Fair 2018 berlangsung tanggal 7-9 September 2018 di empat kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta Convention Center Jakarta, Pakuwon Mall Surabaya, Center Point Medan, dan Phinisi Point Makassar!

Travel Fair tidak akan lengkap tanpa stand maskapai penerbangan! Selain berburu paket liburan dan perlengkapan traveling, promo tiket pesawat pasti juga menjadi incaran! Nah, berikut ini adalah maskapai penerbangan rekanan yang akan hadir di Kompas Travel Fair 2018!

Jakarta: Garuda Indonesia, Citilink, ANA, Cathay Pacific, China Airlines, Ethiopian Airlines, EVA Air, Malaysia Airlines, Oman Air, Qatar Airways, Singapore Airlines

Surabaya: Garuda Indonesia, Citilink, ANA, Cathay Pacific, China Airlines, Ethiopian Airlines, EVA Air, Malaysia Airlines, Oman Air, Qatar Airways, Silk Air

Makassar: Garuda Indonesia, Citilink, ANA, Cathay Pacific, China Airlines, Ethiopian Airlines, EVA Air, Malaysia Airlines, Oman Air, Qatar Airways, Silk Air

Medan: Garuda Indonesia, Citilink, ANA, Cathay Dragon, China Airlines, Ethiopian Airlines, EVA Air, Malaysia Airlines, Oman Air, Qatar Airways, Silk Air

Persiapkan diri untuk mendapatkan lebih banyak penawaran menarik di Kompas Travel Fair 2018! Segera wujudkan bucket list impian, because it’s time to #TravelMoreExploreMore!

Info dan kontak: Twitter: @KTravelFair, Website: travel.kompas.com

Kuningan City GF, Festival Street Fashion FarFest Origin of Street Fashion

Acara berlangsung pada Jumat (7/9) - Minggu (9/9).

FarFest adalah festival street fashion yang mengaburkan batas antara merek lokal dan asing. Tema untuk tahun ini adalah "Origins of Street Fashion", yang mengeksplorasi bagaimana streetwear pertama kali hadir di akhir 1980-an. Sampai jumpa di Kuningan City GF pada 7 - 9 September 2018! Psst… Masuk gratis.

Konten Event : Fashion, F & B, Talkshow, Beats By

Information: Instagram: farfestid

Plaza Tenggara Senayan GBK, Jakarta - Japan Matsuri 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (8/9) – Minggu (9/9).

Jak-Japan Matsuri 2018 diadakan dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomasi antara Indonesia dan Jepang. Sejak pertama kali Jak-Japan Matsuri (JJM) digelar pada tahun 2009, tahun ini merupakan kegiatan menyambut 10 tahun penyelenggaraan JJM.

Beberapa tahun belakangan ini, kegiatan pertukaran antara masyarakat Jepang dan Indonesia semakin aktif terjadi di berbagai bidang. Salah satu tujuan dari penyelenggaraan JJM adalah agar dapat memberikan kontribusi bagi terjadinya pertukaran tersebut secara lebih aktif. Tema JJM tahun ini “Indonesia & Japan Always Together”, dengan harapan Indonesia dan Jepang selalu bersama menyatukan tenaga dalam menghadapi berbagai peristiwa dan tantangan yang ada.

Yang spesial tahun ini tentunya bintang tamu yang akan memeriahkan festival musik Indonesia Japan 2018. Acara ini akan mendatangkan salah satu grup idola terpopuler Jepang, AKB48, Mereka tentunya akan tampil bersama dengan sang sister group JKT48.

Penampilan para performers bakal diadakan di 3 area, yaitu Panggung Utama, Panggung Kecil dan Arena Persahabatan.

Selain acara musik, di panggung-panggung JJM tahun ini akan dimeriahkan dengan penampilan parade Mikoshi, Taiko, Yosakoi (tarian rakyat Jepang) dan ekshibisi badminton (dari Indonesia) dan cheerleading (dari Jepang). Pada hari Sabtu, jangan sampai ketinggalan penampilan spesial dari RAN. Sederet artis-artis yang akan memeriahkan panggung Japan-Indonesia Music Festival adalah Andien, Raisa, Isyana Saraswati, JKT48, AKB48, Sukima Switch dan Kiroro.

Tiket harian dan terusan sudah dibuka penjualan perdananya di: Jakarta Japan Club (JJC), Wisma Keiai Lt 16(Jl Jendral Sudirman Kav 3, Jakarta Pusat)Telp:(021) 572.4321. Buka :10:00-16:00(hari Sabtu), 08:30-16:00(hari kerja)hari Minggu tutup.

Benteng Vastenberg, Kota Solo, Jawa Tengah, Solo International Performing Arts 2018

Acara berlangsung pada Kamis (6/9) – Sabtu (8/9).

Pergelaran mahakarya seni pertunjukan internasional hadir kembali tahun ini dalam Solo International Performing Art (SIPA), Seperti biasanya, hajatan tahunan ini menampilkan beragam seni pertunjukan yang dipersembahkan oleh artis-artis dari dalam dan luar negeri.

Selama tiga hari, pengunjung dan juga pencinta seni akan disuguhi tontonan yang menakjubkan di panggung yang spektakuler. Yang menarik, untuk menyaksikan pergelaran ini, penonton tidak dipungut biaya alias gratis.

Menginjak tahun penyelenggaraan yang kesepuluh, SIPA 2018 mengusung tema “We Are The World – We Are The Nations” (Kita Adalah Satu Bangsa Satu Dunia). Tema tersebut menjadi pesan moral yang akan disuarakan di panggung pertunjukan: “Biarlah perbedaan bahasa, warna kulit, adat dan tradisi dan bangsa itu menjadi satu dalam kekuatan kebersamaan.”

Pada tahun-tahun sebelumnya, acara-acara utama ditampilkan pada malam hari. Namun, SIPA biasanya sudah buka mulai sore hari untuk bazar yang menyuguhkan aneka produk dari distro batik, barang-barang hasil kerajinan sampai kuliner yang berupa makanan dan minuman khas Solo dan sekitarnya.

SIPA merupakan festival seni pertunjukan dunia yang digagas oleh Joko Widodo, yang sekarang Presiden RI, semasa menjabat Wali Kota Solo. Ia memimpikan SIPA menjadi festival yang bergengsi di industri kreatif seni pertunjukan. SIPA Community kiranya berkomitmen tinggi untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Narahubung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Telepon: +62 24 3546001, +62 24 3557647. Email: budpar@jatengprov.go.id, Situs web: www.central-java-tourism.com, www.visitjawatengah.com, sipafestival.com

Showroom UGM Press, Jalan Grafika no 1 Kampus UGM, Bulaksumur Yogyakarta (Fakultas Teknik UGM),  Bazaar buku 2018 “Welcome to Campus”

Acara berlangsung pada Selasa (28/8) - September 2018, HTM: gratis dan terbuka untuk umum.

Discount up to 70 persen, dan ada buku yang harganya Rp5.000 sampai Rp10.000!

Ajak teman-teman untuk datang dan beli buku di UGM Press. Selain dapat buku berkualitas kamu juga dapat souvenir menarik.

Info dan kontak: Irwan R – 081 228 47 8888

Anjungan Pantai Losari, Makassar, Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF)

Acara berlangsung pada Kamis (6/9) – Senin (10/9).

Perhelatan tahunan ini lebih kerap dijuluki sebagai Eight Festival atawa F8. Disebut F8 karena festival ini memadukan seluruh potensi kreatif dari Fashion, Food, Fiction Writers & Fonts, Fine Art, Folks, Fusion Music, Flora & Fauna, dan Film. Dan, kesemuanya itu berakar pada tradisi serta budaya lokal.

MIEFF 2018 tentunya tak bakal kalah meriah dari tahun-tahun sebelumnya, diselenggarakan pada 6-10 September 2018 di Makassar. Festival seni-budaya berskala internasional ini disajikan secara kreatif dan atraktif pada suatu panggung berlatar alam.

Selain serangkaian acara utama, ada pula acara-acara lain yang menyertai F8, seperti Flying Kite, Flying Board, Jetski, Indonesia Creative Cities Conference, dan lainnya.

F8 bisa dikatakan sebagai panggung akbar bagi penulis, sineas, fotografer, desainer, komunitas dan seniman-seniman lainnya, untuk menyuguhkan karya yang bisa dinikmati banyak orang. Semuanya diolah dari potensi-potensi lokal Makassar dan sekitarnya.

Seperti diketahui, Makassar memiliki daya tarik wisata yang beragam, dari wisata alam, budaya hingga wisata buatan. Sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, kota yang dulu berjuluk Ujungpandang ini sangat mudah dicapai dari kota-kota lain di Indonesia, bahkan dari luar negeri, karena memiliki bandara internasional.

Narahubung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Telepon: +62 411 878912, +62 411 872336, Email: disbudparsulsel@telkom.net, Situs web: http://sulselprov.go.id

Minggu 9 September

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Mai Ita Soka Toja Hama-Hama oleh Orkes Kampoeng Wangak

Sesuai dengan judul pertunjukan yang akan dibawakan Mai Ita Soka Toja Hama-hama (mari kita menari bersama), Orkes Kampoeng Wangak ingin menampilkan sebuah pertunjukan musik, dengan membawakan beberapa repertoar lagu yang dikemas dalam balutan nuansa musik tradisional yang berasal dari daerah Maumere.

Dilandasi semangat dan rasa cinta terhadap seni musik etnik serta kekaguman terhadap kekayaan budaya daerah yang dimiliki, Wangak selaku generasi penerus budaya bertekad memperkenalkan kekayaan musik etnik dan budaya daerah tercinta dari Tanah Maumere Manise, kepada segenap kalangan pecinta musik dan budaya, semua masyarakat serta siapa saja yang dapat menikmati karya Wangak melalui konsep Orkes Kampoeng “Wangak”.

Orkes Kampoeng Wangak dibentuk pada 4 April 2014. Inisiatif pembentukan orkes ini datang dari seorang mahasiswa asal Maumere, Erik Bagus dan juga Pater Antoine SVD sebagai bentuk dari keinginan mereka membawa budaya tradisional musik asli dari kampung halaman ke tanah Jawa, untuk bisa lebih dikenal masyarakat luas, sekaligus mengobati rasa rindu orang NTT akan kampung halaman.

Sepanjang Jl Ijen Malang Jawa Timur, Malang Flower Carnival (MFC) 2018

Kota Malang yang indah di Provinsi Jawa Timur akan kembali menyelenggarakan Malang Flower Carnival (MFC) 2018. Malang Flower Carnival (MFC) atau Karnaval Bunga Malang merupakan acara tahunan dan tahun 2018 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-10 kali digelar sejak pertama kali digelar pada tahun 2012.

Malang Flower Carnival (MFC) 2018 dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, serta didukung sepenuhnya Kementerian Pariwisata, dengan tujuan untuk semakin mempopulerkan pariwisata Kota Malang sehingga berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan.

Peserta Malang Flower Carnival (MFC) 2018 dibagi ke dalam 2 kategori yaitu kategori anak dan dewasa. Para peserta karnaval akan mengenakan busana berukuran besar dan berlenggang di sepanjang Jalan Ijen, yang juga berfungsi sebagai catwalk. Untuk acara tahun ini, karakter busana peserta harus 75 persen berornamen bunga, dan terbuat dari bahan daur ulang sebagai wujud kepedulian dalam pelestarian ligkungan.

Peserta berasal dari berbagai kota dan provinsi di Jawa Timur, seperti Banyuwangi, Jember, Blitar, Pasuruan, Malang, Batu, Surabaya, Probolinggo, Bondowoso, Kediri, dan Nganjuk. Selain itu, acara tahun lalu menarik lebih dari 5.000 pengunjung.

Pemenang dari tahun-tahun sebelumnya tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi lagi namun mereka diizinkan untuk mengikuti parade grand show.

Deputi direktur Kementerian Pariwisata untuk pengembangan dan pemasaran pariwisata, Esti Reko Astuti, mengatakan bahwa Malang Flower Carnival (MFC) dapat menjadi cara yang berharga untuk mengembangkan kreativitas para desainer lokal dan juga potensi wisata kota.

Plaza Festival Lt 1 (Depan Food Colony) Jl HR Rasuna Said No C22 Jakarta, Bazaar Multiproduct (Jakarta)

Acara berlangsung pada Senin (3/9) – Minggu (9/9).

Podjok Production kembali menyelenggarakan acara bazaar, dengan kualifikasi tenant :aksesoris, tas, sepatu, kosmetik. 

CP: 0858 9166 9585, 0812 8253 3867

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home