Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 14:38 WIB | Kamis, 01 Januari 2015

Ada Akar Kekristenan dalam Resolusi Tahun Baru

Ilustrasi. (Sumber: madartist)

SATUHARAPAN.COM – Sekitar waktu antara Natal dan Tahun Baru, orang-orang di seluruh dunia merenungkan peristiwa dalam kehidupan mereka sepanjang tahun. Bagaimana mereka telah berkembang dan mencari tahu rencana untuk tahun depan. Namun, ide membuat resolusi Tahun Baru mungkin adalah tradisi unik dari Amerika Serikat.

Menurut Anna Almendrala dari Huffington Post, praktik membuat resolusi baru pada awal setiap tahun dapat ditarik kembali ke warisan kolonial Amerika yang ditinggalkan oleh Inggris bersama dengan salah satu tradisi keagamaan awal negara, Protestan. Sosiolog Isidor Thorner berpendapat bahwa resolusi Tahun Baru di Amerika Serikat modern berfungsi lebih lemah dan lebih sekuler dibandingkan dengan “disiplin emosional seumur hidup sikap keberagamaan mula-mula.”

“Protestanisme asketik, denominasi Kristen yang menekankan kerja keras dan penolakan kesenangan duniawi, telah dikreditkan dengan segala sesuatu: dari keberhasilan Kapitalisme Amerika sampai dengan nilai-nilai seksual di Amerika yang sopan,” tulis Almendrala. “Namun, mereka tidak pernah ingin tampil terikat kesenangan duniawi. Para pendatang awal Amerika tersebut percaya bahwa kekayaan materi dan kesuksesan duniawi adalah tanda kejujuran spiritual dan perkenan Allah.”

Almendrala menambahkan bahwa pandangan dunia mereka tercermin pada kebiasaan tahun baru mereka. Menurut Thorner, tradisi membuat resolusi mungkin telah dipopulerkan oleh gereja Methodist di abad ke-18 Inggris dengan menggunakan jasa jaga malam, yang berdering di Tahun Baru. Mereka kemudian merayakan dengan  cara spiritual, kontemplatif sebagai lawan dari berpesta gaduh.

“Praktik ini juga menyebar ke denominasi lain,” tulis Almendrala. “Resolusi cenderung mencerminkan cita-cita Protestan seperti menahan emosi dan fisik dalam menghadapi kesenangan hidup.” Berdasarkan penelitiannya, Thorner menyimpulkan bahwa tradisi membuat resolusi Tahun Baru yang paling kuat di negara berbahasa Inggris dengan latar belakang Protestan seperti Australia, Inggris, Wales, Skotlandia, Irlandia Utara dan Afrika Selatan. Menurut Almendrala, negara-negara tanpa latar belakang itu, seperti di Amerika Selatan dan bekas Uni Soviet, tidak terlibat dalam perilaku tersebut.

“Meskipun punya kesamaan psikologis yang jelas, Thorner tidak dapat menentukan kapan tepatnya Resolusi Tahun Baru sekuler datang ke mode, atau apakah mereka berasal dari Inggris atau Amerika Serikat,” tulis Almendrala.

Almendrala kemudian membuat perbandingan antara resolusi Amerika dibuat pada 1940-an dan sekarang. Dia mendaftarkan resolusi teratas tahun 1947, seperti yang dikumpulkan dari Gallup Poll: 1. Meningkatkan disposisi saya, lebih memahami, mengendalikan emosi saya 2. Meningkatkan karakter saya, hidup lebih baik 3. Berhenti merokok, mengurangi merokok 4. Menabung lebih banyak uang 5. Berhenti minum, mengurangi minuman keras  6. Jadi lebih religius, pergi ke gereja lebih sering 7. Jadi lebih efisien, melakukan pekerjaan yang lebih baik 8. Jaga baik kesehatan 9. Ambil bagian yang lebih besar dalam kehidupan rumah 10. Menurunkan (atau menaikkan) berat badan.

Kalau berdasarkan daftar Universitas Scranton ini adalah resolusi tersering yang dibuat warga Amerika di tahun 2014 dan mungkin akan dibuat lagi untuk tahun 2015, menurut Almendrala: 1. Menurunkan berat badan 2. Lebih terorganisir 3. Mengurangi belanja, lebih banyak menabung 4. Nikmati hidup sepenuhnya 5. Tetap fit dan sehat 6. Pelajari sesuatu yang menarik 7. Berhenti merokok 8. Membantu orang lain dalam mimpi mereka 9. Jatuh cinta 10. Luangkan lebih banyak waktu dengan keluarga

Walaupun kedua daftar secara inheren sekuler secara alamiah dan berbagi tujuan yang sangat mirip pada titik-titik tertentu dulu dan sekarang, “menurunkan berat badan” tampaknya menjadi tujuan utama pada banyak daftar orang Amerika modern. Abigail Saguy, guru besar sosiologi dan gender di University of California, Los Angeles, berpikir bahwa ada biaya sosial dan keuangan yang terkait dengan massa tubuh seseorang di Amerika Serikat.

“Di AS dan negara-negara kaya lainnya, Anda akan menemukan hubungan terbalik antara status dan berat, sehingga status yang lebih tinggi orang adalah orang-orang yang mampu membayar koki pribadi, pelatih pribadi, dan keanggotaan gym,” kata Saguy. “Dan, sekarang tubuh ramping dan kencang membutuhkan investasi sumber daya dan sinyal status.”

Saguy menambahkan bahwa prioritas Amerika, menurut daftar resolusi, yang “menyedihkan” dan egois, mencatat bahwa kelangsingan tubuh telah dikaitkan dengan status dan strata sosial.

“Bukankah lebih baik jika orang memiliki resolusi Tahun Baru seperti membantu orang yang membutuhkan, memberikan lebih banyak uang untuk amal, lebih terlibat dalam kegiatan sosial, atau menjadi teman baik atau orang tua atau tetangga?” Saguy bertanya. “Saya menyukai hal-hal itu menjadi fokus di tahun baru, daripada 'Bagaimana saya bisa lebih langsing dan lebih baik sesuai dengan harapan sosial dengan harapan masuk ke strata yang lebih istimewa?'”

Apa pun resolusi yang dalam daftar seseorang, Cass R. Sunstein dari Bloomberg View berpendapat bahwa orang-orang membuat itu di tempat pertama karena aspirasi yang lebih tinggi bertentangan dengan keinginan sehari-hari.

“Resolusi dirancang untuk memberi aspirasi kita tampak,” kata Sunstein. “Dalam hal ilmu sosial modern, manusia terdorong berpikir cepat, otomatis, jangka pendek. Padahal perlu juga berpikir lebih lambat, lebih deliberatif, dan jangka panjang. Ketika kita membuat resolusi Tahun Baru, kita mengambil keuntungan dari ‘tanda temporal’ yang membantu kita untuk memperkuat niat terbaik.”

Sunstein menguraikan mengapa tanda temporal sangat penting. “Mereka memberikan kesempatan yang jelas untuk mundur dari kehidupan sehari-hari dan mencerminkan—untuk merenungkan apakah tindakan Anda, dan kehidupan Anda, mencerminkan tujuan tertinggi Anda untuk diri sendiri,” tulis Sunstein dalam hal landmark temporal. “Ketika Anda merayakan ulang tahun atau tahun baru, Anda mempertanyakan tentang gambaran besar kehidupan Anda.”

Faktor lain yang memainkan pentingnya tanda temporal adalah rasa identitas seseorang, menurut Sunstein. “Perilaku Orang sering berasal dari rasa identitas mereka sendiri, dan perubahan besar terjadi lebih mudah ketika mereka dapat meyakinkan diri bahwa 2.015 diri mereka berada pada jalur baru,” tulis Sunstein.

Sunstein menemukan beberapa solusi dari “perilaku ekonomis” yang dapat membantu orang tetap terikat dengan resolusi Tahun Baru mereka untuk jangka panjang.

“Buat resolusi Anda mudah dan otomatis, buatlah itu menjadi kebiasaan, dan buatlah resolusi Anda menyenangkan,” tulis Sunstein. “Sebuah resolusi lebih mungkin untuk bekerja jika konkret dan dapat diterjemahkan ke dalam rutinitas sederhana.” (gospelherald.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home