Loading...
INDONESIA
Penulis: Sotyati 12:30 WIB | Sabtu, 03 Januari 2015

AirAsia, Dua Serpihan Besar Pesawat Ditemukan

Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo. (Foto: Dok satuharapan.com/Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Tim pencari gabungan telah menemukan dua serpihan besar dari pesawat AirAsia bernomor penerbangan QZ8501, yang jatuh ke laut Minggu (28/12) lalu dengan 162 orang di dalamnya, seperti dikemukakan Kepala Basarnas Bambang Soelistyo pada Sabtu (3/1).

Kepada wartawan, Kepala  Basarnas yang bertanggung jawab atas pencarian tersebut mengemukakan operasi bantuan besar menemukan beberapa benda di Laut Jawa pulau Kalimantan pada Jumat (2/1) malam.

“Dengan ditemukannya tumpahan minyak dan dua serpihan besar dari pesawat tersebut, saya dapat meyakinkan Anda, ini adalah bagian dari pesawat AirAsia yang kami cari,” ujar Soelistyo kepada wartawan di Ibukota.

Dia mengatakan, yang lebih besar dari benda-benda itu berukuran sekitar 10x5 lima meter. “Kami menurunkan sebuah ROV (kendaraan bawah laut yang dioperasikan jarak jauh, Red) untuk mendapatkan gambaran sebenarnya dari objek yang terdeteksi di dasar laut. Semua berada di kedalaman 30 meter,” kata Soelistyo.

Dia menambahkan, arus yang kuat menyulitkan untuk mengoperasikan ROV.

Cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir telah menghambat pencarian jasad dan badan pesawat Airbus A320-200, yang menghilang dari radar dan jatuh ke laut.

Sejauh ini 30 jasad telah ditemukan dalam pencarian tersebut, yang pada Jumat (2/1) telah menyempit ke wilayah bahari 2.534 km persegi - sepersepuluh dari ukuran pencarian pada Kamis - dengan 29 kapal dan 17 pesawat terlibat dalam operasi itu.

Menemukan kotak hitam pesawat sangat penting untuk menentukan penyebab kecelakaan itu. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home