Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 08:54 WIB | Minggu, 28 April 2024

Pendeta Ortodoks Rusia Dipecat dari Jabatan Karena Terlibat Pelayanan untuk Alexei Navalny

Dari kiri, Lyudmila Navalnaya dan Anatoly Navalny, orang tua pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny, dan ibu mertua Navalny, Alla Abrosimova, mengunjungi makam putra mendiang pemimpin oposisi Rusia pada hari keempat puluh setelah kematiannya sesuai tradisi Ortodoks di Pemakaman Borisovskoe, di Moskow, Rusia, hari Selasa, 26 Maret 2024. (Foto: dok. AP/Vitaly Smolnikov)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Patriark Gereja Ortodoks Rusia telah memberhentikan seorang pendeta yang berpartisipasi dalam kebaktian mendiang pemimpin oposisi Alexei Navalny.

Dmitry Safronov mengambil bagian dalam pemakaman Navalny serta memimpin peringatan pada tanggal 26 Maret, hari ke-40 setelah kematiannya – sebuah tradisi penting Ortodoks Rusia.

Perintah yang diterbitkan Selasa (23/4) di situs Keuskupan Moskow menurunkan jabatan Safronov dari jabatannya sebagai imam menjadi pembaca mazmur dan mencabut haknya untuk memberikan berkat atau mengenakan jubah selama tiga tahun. Dia juga dipindahkan ke gereja lain di ibu kota.

Tidak ada alasan yang diberikan atas keputusan yang ditandatangani oleh Patriark Kirill, sekutu penting Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Janda Navalny, Yulia, mengatakan di platform sosial X pada hari Rabu (24/4) bahwa dia “sangat berterima kasih” kepada Safronov karena datang ke makam mendiang suaminya dan mendesak para pendukungnya untuk membantu dia dan keluarganya dengan menyumbangkan uang.

Navalny, 47 tahun, meninggal pada 16 Februari di koloni hukuman terpencil di Arktik, tempat ia menjalani hukuman 19 tahun penjara atas tuduhan ekstremisme yang secara luas dianggap bermotif politik. Penyebab kematiannya masih belum dapat dijelaskan, meskipun sekutu politisi tersebut menyalahkan Kremlin atas kematian tersebut.

Pihak berwenang Rusia awalnya menolak untuk melepaskan jenazah Navalny, dengan alasan perlunya penyelidikan lebih lanjut. Safronov termasuk di antara pendeta yang menandatangani surat publik yang menyerukan agar jenazah dikembalikan kepada keluarganya.

Selama lebih dari dua dekade berkuasa, Putin telah meningkatkan kedudukan Gereja Ortodoks Rusia, meningkatkan prestise, kekayaan, dan kekuasaannya setelah puluhan tahun mengalami penindasan atau ketidakpedulian di bawah kepemimpinan Uni Soviet.

Pada gilirannya, para pemimpinnya, seperti Kirill, mendukung inisiatifnya. Gereja telah mendukung perang di Ukraina dan sudah menjadi hal yang lumrah melihat para pendeta memberkati pasukan dan peralatan untuk serangan tersebut.

Pada saat yang sama, banyak pendeta yang menolak mengikuti aturan resmi menghadapi tekanan dari otoritas gereja. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home