Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:30 WIB | Jumat, 31 Maret 2017

Aksi 313 Sepi dan Diguyur Hujan

lustrasi petugas kebersihan Masjid Istiqlal mendorong gerobak sampah di bagian dalam Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (11/2/2017). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Aksi 31 Maret 2017 (313) dengan agenda terkait penegakan hukum kasus dugaan penistaan yang rencananya dimulai dari Masjid Istiqlal menuju Istana Negara diwarnai hujan.

Berdasarkan pengamatan Antara pada Jumat, hujan mengguyur kawasan Istiqlal yang secara berangsur didatangi para peserta Aksi 313 dari berbagai daerah.

Sejumlah peserta aksi tersebut mencari tempat berteduh dari hujan yang melanda.

Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko lewat keterangannya mengatakan kawasan Jabodetabek berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 11.20 WIB.

Hujan tersebut, kata dia, berpotensi terjadi di Kosambi, Kalideres, Cengkareng, Teluk Naga, Pakuhaji, Sepatan, Sukadiri, Kota Tangerang, Poris, Duri Kosambi, Kedoya, Meruya, Kembangan, Penjaringan, Grogol- Petamburan dan sekitarnya.

Kondisi cuaca tersebut, kata dia, dapat meluas hingga Tambora, Taman sari, Pademangan, Sawah Besar, Gambir, Palmerah, Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Setia Budi, Menteng, Senen, Johar Baru, Cempaka Putih, Kemayoran, Tanjung Priok, Kelapa Gading, Pulo Gadung, Curug, Legok, Serpong, Pondok Aren, Pamulang, Ciputat, Cisauk dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 15.20 WIB," kata dia.

Sepi

Sementara itu jalan raya di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat, sepi peserta Aksi 31 Maret 2017 (313) jika dibandingkan aksi massa sebelumnya yang berupaya mendesak penegakan hukum terkait kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Berdasarkan pengamatan Antara, Jalan Banteng Barat yang dekat Istiqlal hanya diisi puluhan peserta aksi di sebagian badan jalan.

Pada aksi serupa sebelumnya, jalan tersebut biasanya padat oleh peserta demonstrasi berikut kendaraan yang diparkir di lokasi itu.

Kendaraan yang biasa mengangkut peserta aksi seperti bus dan kendaraan pribadi hanya diparkir di area parkir Istiqlal. Berbeda dengan aksi sebelumnya dengan parkir masjid yang membeludak sampai di sepanjang jalan sekitar Istiqlal.

Jalanan di sekitar Istiqlal sendiri biasanya digunakan peserta aksi untuk memarkir kendaraan mereka karena area parkir membeludak oleh kendaraan pendemo. Akan tetapi, hal tersebut tidak terjadi pada Aksi 313.

Hal tersebut juga terlihat di Jalan Pos yang pada aksi sebelumnya padat dengan kendaraan pendemo, kini justru lengang.

Sementara itu, arus kendaraan di sekitar Istiqlal cenderung ramai lancar. Nampak petugas keamanan berjaga di titik-titik strategis Aksi 313.

Sampai berita dibuat, Aksi 313 berlangsung damai di sekitar Istiqlal. Sesekali berlalu lalang mobil dengan pengeras suara yang biasa digunakan berorasi oleh orator aksi.

Nampak juga peserta Aksi 313 yang berangsur-angsur memasuki Istiqlal untuk melaksanakan shalat Jumat sebelum nanti melakukan "long march" ke Istana Merdeka untuk menyampaikan aspirasi terkait kasus dugaan penistaan agama.(Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home