Loading...
INDONESIA
Penulis: Sotyati 22:03 WIB | Selasa, 10 Maret 2015

AMAN Undang Presiden Hadiri Rakernas Masyarakat Adat

Sekjen AMAN Abdon Nababan. (Foto: Dok satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) mengundang Presiden Joko Widodo untuk hadir dalam Rapat Kerja Nasional IV AMAN di Sorong, Papua Barat, 15--19 Maret 2015.

"Dalam Rakernas di Sorong ingin kami tindak lanjuti ini (soal wilayah adat dan hak kewarganegaraan). Harapannya Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo, Red) datang, supaya rencana aksi berjalan," kata Sekjen AMAN Abdon Nababan dalam keterangan pers Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara dan Peluncuran Roadshow Film Siapa Lagi Kalau Bukan Kita di Jakarta, Selasa (10/3).

Pada dasarnya, menurut dia, masyarakat adat ingin membantu agar Nawacita terutama yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat adat dapat berjalan, karena dengan demikian rencana aksi masyarakat adat juga akan berjalan.

AMAN, Abdon melanjutkan, ingin merancang kembali kemitraan dengan Pemerintah yang sebelumnya telah terjalin, mengingat ada beberapa perubahan nomenklatur di sejumlah Kementerian/Lembaga.

"Ada perubahan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, begitu pula di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, sehingga harus ada penyesuaian MoU. Lalu ajakan Kementerian Pariwisata dan UMKM untuk bekerja sama juga perlu ditindaklanjuti," ujar dia.

Dalam Rakernas, menurut Abdon, akan dibahas rencana aksi dua tahun mendatang. Selain itu, AMAN akan menyikapi perkembangan yang terjadi dalam dua tahun terakhir, termasuk yang berkaitan dengan pemilihan presiden (pilpres), perekonomian, dan wilayah masyarakat adat.

Ia menyebut 75 persen wilayah adat di Indonesia sudah berikan perizinannya oleh Pemerintah untuk berbagai sektor. Dari 70 juta hektare (ha) wilayah adat 47 juta ha merupakan hutan primer dan sekunder.

Karena itu, ia mengatakan persoalan perizinan yang mayoritas tumpang tindih dan ilegal karena tidak sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang ada menjadi tantangan bagi AMAN, yang harus diselesaikan bersama-sama dengan Pemerintah.

Sebanyak 21 Pengurus Wilayah Pengurus Besar AMAN dan 121 Pengurus Daerah akan ikut hadir dalam Rakernas ke-4 di Sorong, Papua Barat. Kegiatan tersebut juga akan dihadiri pihak pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi masyarakat (ormas), dan perwakilan masyarakat adat beberapa negara.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home